Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Premium

Jenis kelas kereta api di Indonesia ada bermacam-macam, ada kelas bisnis eksekutif, kelas ekonomi biasa, dan ekonomi premium. Nah, kelas ekonomi premium ini yang menjadi pilihan pas kalau kamu ingin naik kereta yang fasilitasnya lebih lengkap dan nyaman daripada kelas ekonomi biasa, tapi dengan harga yang masih terjangkau.

Pertanyaannya, seperti apa pengalaman naik kereta ekonomi premium itu? Berapa harga tiketnya dan apa saja fasilitas yang dimilikinya? Mari kita kulik jawabannya di sini!

pengalaman naik kereta ekonomi premium

Sekilas Tentang Kereta Api Ekonomi Premium

Kereta api ekonomi premium merupakan fasilitas kelas ekonomi generasi terbaru PT KAI yang diproduksi oleh PT Industri Kereta Api (PT INKA) sejak 2016 untuk menggantikan rangkaian kereta bisnis yang sudah tidak layak pakai. KA ekonomi premium saat ini digabungkan dengan 32 KA di Indonesia.

Kereta api ini memiliki beberapa ciri seperti kursi yang didesain dengan konfigurasi 2-2 dengan dua arah menghadap ke tengah rangkaian. Berikut ini daftar beberapa KA ekonomi premium yang saat ini beroperasi di Indonesia:

  • KA Fajar dan Senja Utama (Yogyakarta – Pasar Senen)
  • KA Kuala Stabas (Tanjungkarang – Baturaja)
  • KA Jayakarta Premium (Jakarta Kota – Surabaya Subeng)
  • KA Argo Parahyangan (Jakarta Gambir – Bandung)

Jumlah penumpang kereta api ekonomi premium saat ini terus meningkat setiap tahunnya. Kenaikan ini disertai dengan lonjakan kereta api ekonomi premium yang dioperasikan oleh PT KAI, sehingga penting untuk dipertahankan bahkan ditingkatkan kualitas pelayanan dan fasilitasnya.

Fasilitas Kereta Api Ekonomi Premium

kereta ekonomi premium

Kesan dan kenyamanan saat menjajal pengalaman naik kereta ekonomi premium bisa diukur dari aspek fasilitasnya. Kira-kira, fasilitas apa saja yang bisa didapatkan penumpang dengan menaiki KA ekonomi premium?

1. Tersedia 80 Kursi Setiap Gerbongnya

Berbeda dengan kelas bisnis yang semua kursinya menghadap searah dengan jalur kereta, kursi di kelas ekonomi premium sebagian menghadap depan (searah dengan jalur) dan sebagian lainnya menghadap belakang (melawan arah jalur kereta).

Setiap kursi dilengkapi dengan jack untuk headset dan tempat charging untuk mengisi daya ponsel.

2. Toilet

Fasilitas lain yang bikin pengalaman naik kereta api ekonomi premium jadi lebih nyaman adalah toiletnya. Toilet di KA ekonomi premium memiliki pilihan 2 jenis toilet, yaitu toilet duduk dan toilet jongkok. Jadi, kamu tinggal pilih saja mana yang lebih bisa bikin kamu nyaman.

3. CCTV

KA ekonomi premium juga memiliki fasilitas keamanan yang memadai berupa kamera CCTV yang ditempatkan di atas pintu tiap gerbongnya. Jadi, kalau naik KA ini kemungkinan terjadinya tindakan kejahatan seperti pencurian, pelecehan, dll lebih minim karena segala aktivitas di gerbong kereta akan terpantau dan terekam kamera CCTV.

4. AC

Satu lagi fasilitas yang bikin pengalaman naik kereta ekonomi premium jadi lebih nyaman dan berkesan adalah tersedianya Air Conditioner (AC) layaknya kelas bisnis eksekutif. Jadi, kesan ‘panas dan gerah naik kereta ekonomi’ nggak perlu kamu rasakan lagi kalau naik KA ekonomi premium.

5. Layar LCD

Fasilitas lain yang nggak kalah oke dari KA ekonomi premium adalah tersedianya beberapa layar LCD sebagai sarana hiburan penumpang. Layar LCD biasanya ditempatkan di langit-langit lorong gerbong.

6. Gorden

Tak seperti kelas ekonomi biasa, bagian jendela KA ekonomi premium dilengkapi dengan gorden slider di setiap baris kursi. Meskipun pemberian gorden terlihat sepele, tapi ternyata dampaknya cukup besar sebagai dekorasi interior kereta serta meningkatkan kenyamanan penumpang selama naik kereta, misalnya untuk menghindari silau.

Tiket Kereta Api Ekonomi Premium

Tarif tiket KA ekonomi premium dibanderol mulai dari Rp110.000 – Rp450.000 tergantung pada subkelas dan tanggal keberangkatannya. Tarif khusus pembelian tiket dua jam sebelum keberangkatan juga berbeda, biasanya lebih mahal dan hanya bisa dilakukan di stasiun-stasiun tertentu saja.

Itulah penjelasan tentang fasilitas dan pengalaman naik kereta api ekonomi premium yang bisa kamu jadikan referensi kalau tertarik mencobanya. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan komentar