Cara Lapor SPT Tahunan Online 2019

cara lapor spt tahuan orang pribadi dan badan online (2)

 

ilmudes.com- Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sekarang ini sudah bulan Maret 2019. Sebagai warga negara yang baik, tentu tidak lupa untuk melaporkan Surat Pemberitahunan Tahunan (SPT Tahunan) setiap tahunnya. SPT Tahuan untuk orang pribadi ini paling lambat lapor adalah akhir Maret 2019 dan apabila tidak lapor ataupun terlambat lapor, maka akan dikenai denda 100.000,- (seratus ribu rupiah). Sementara untuk lapor SPT Tahuan badan, paling lambat adalah akhir April 2019 dan apabila tidak lapor ataupun terlambat, maka akan dikenai denda 1.000.000,- (satu juta rupiah). Sungguh besar bukan? Makanya ayok segera lapor SPT Tahunan.

 

Untuk lapor SPT Tahunan, tahun 2019 ini sebisa mungkin dengan cara olnine melalui efilling, jadi tidak perlu datang ke kantor pajak. Bagaimana caranya agar bisa lapor SPT Tahunan online? Berikut ini caranya :

  1. Untuk bisa lapor SPT secara online, maka harus mempunyai EFIN terlebih dahulu. EFIN yaitu suatu nomor identifikasi yang melekat pada nomor NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Cara mendapatkan efin yaitu bisa datang ke kantor pajak terdekat dengan membawa fotocopy ktp dan fotocopy npwp, kemudian mengisi formulir EFIN, lalu serahkan ke petugas. Nanti kalau sudah punya EFIN, nomor EFIN tersebut disimpan baik-baik. Mungkin disimpan dalam contact HP akan lebih aman, karena setiap apa-apa yang berkaitan dengan lapor online pajak NPWP apabila menemui masalah, akan ditanya nomor EFIN.
  2. Setelah punya EFIN, kita bisa pulang dulu atau main-main dulu jalan-jalan, karena kita pada dasarnya sudah bisa untuk daftar dan lapor online dimana saja, kapan saja, sewaktu-waktu.
  3. Untuk bisa lapor SPT secara online, bisa membuka halaman internet di djponline.pajak.com. Langkah berikutnya adalah klik daftar untuk yang pertama kali. Lalu ikuti langkah-demi langkah seperti daftar FB ataupun Twitter. Tinggal ikuti saja langkahnya.
  4. Apabila sudah berhasil, maka langkah selanjutnya adalah masuk login di halaman djponline.pajak.com, maka akan terlihat dashboard anda. Akan ada menu efilling, eform, ebilling. Untuk lapor online bisa klik salah satu dari efilling atau eform, nanti tinggal ikuti saja petunjuk yang harus diisi. Isi semua formulir langkah demi langkah sampai selesai.
  5. Apabila sudah selesai mengisi, kemudian kirim. Untuk mengirim, akan dimintai kode token. Bisa klik pada tombol/tulisan klik kirim token. Nanti akan menerima token. Nah kode token tersebut, dimasukkan pada kolom saat mau kirim.
  6. Nanti akan ada notifikasi apakah berhasil atau tidak mengirimkan laporan SPT nya. Apabila berhasil lapor, maka akan ada tanda terima SPT elktronik di email kita.

Begitulah cara lapor SPT Tahuan OP dan Badan secara online, semoga artikel ini bermanfaat buat siapa saja yang membaca. Salam.