Mari Mengenal 3 Bentuk Hubungan Ekonomi Internasional Yuk

Kerjasama-ekonomi-internasional

ilmudes.com – Sekarang ini, perkembangan ekonomi dunia sudah sangat maju dan berkembang pesat. Dengan perkembangan ekonomi tersebut bisa membuat suatu negara menjadi kuat dalam bidang ekonomi dan kemakmuran. Perkembangan ekonomi dari beberapa negara di dunia itu tentunya tidak terlepas dari adanya hubungan ekonomi antar negara yang dikenal dengan hubungan ekonomi internasional. Nah apa itu ekonomi internasional?

 

Ekonomi Internasional mempelajari masalah-masalah yang berkaitan dengan “hubungan ekonomi” antar satu negara dengan negara lain. Hubungan ini paling tidak mencakup 3 bentuk hubungan yang berbeda meskipun satu dengan yang lainnya saling berkaitan.

 

1. Hubungan Ekonomi bentuk pertukaran hasil/output negara satu dengan negara lain.

Hubungan seperti ini dikenal dengan hubungan perdagangan. Yang dimaksud “output” yaitu didalamnya termasuk output barang dan jasa. Contonya : Indonesia mengekspor minyak, kayu, karet, dll. Indonesia juga mengimpor gandum, beras, dll.

 

2. Hubungan Ekonomi bentuk pertukaran/aliran sarana produksi (faktor produksi).

Termasuk dalam sarana produksi yaitu :

a. Tanah

Merupakan satu-satunya sarana produksi yang tidak bisa mengalir ke negara lain karena sifatnya yang terkait pada lokasi. Definisi sarana produksi tanah mencakup kekayaan alam yang terkandung di dalamnya sehingga tanah bisa masuk faktor produksi ataupun output.

b. Tenaga Kerja

Bersifat mobile dan tidak terikat lokasi, tidak mudah mengalir dari suatu negara ke negara lain karena adanya perturan pembatasan imigrasi.

c. Modal

Yang paling mobile atau mudah pindah melampaui perbatasan negara adalah faktor produksi modal (beserta teknologi dan kewiraswastaan yang mengikutinya). Misal : Modal berupa penanaman modal asing dari negara maju ke negara berkembang.

 

3. Hubungan Ekonomi dari segi hubungan kredit/posisi utang piutang

Ini timbul sebagai konsekuensi dari adanya dua bentuk hubungan ekonomi yaitu hubungan perdagangan dan hubungan faktor produksi. Contoh : Indonesia mengimpor kapal dari Jepang dengan cara kredit dari penjualnnya.

Itulah tadi 3 bentuk hubungan ekonomi internasional antar negara yang bisa kita ketahui, semoga bermanfaat.

 

Sumber : Modul Materi Perkuliahan Ekonomi Internasional Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga-Kusmanto, SE. MM

Image : blog.ruangguru.com

Tag : materi kuliah ekonomi internasional s1 manajemen, pengertian hubungan ekonomi internasional, pengertian ekonomi internasional, belajar ekonomi internasional, ekonomi internasional adalah, hubungan ekonomi internasional adalah, hubungan ekonomi internasional mencakup apa saja