8 Teknik Cara Pengambilan Video Bagi Pemula

Teknik Cara Pengambilan Video Bagi Pemula
Bagaimana teknik cara pengambilan video layaknya videografer andal? Hampir sama dengan teknik fotografi, Anda juga harus mengetahui/mengerti teknik dasar membuat video yang bagus. Berikut ini adalah 8 teknik cara pengambilan video seperti seorang profesional.

 

1. Ambil gambar tiap adegan
Ketika melakukan syuting usahakan untuk menggunakan lebih dari satu kamera. Hal ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin mengambil dari arah yang berbeda terutama jika Anda mengambil gambar di acara interview. Ketika mengambil gambar di ruangan terbuka dan ramai pun, Anda harus perhatikan untuk menjaga kestabilan gambar Anda. Ingatlah kalau Anda berkewajiban menyampaikan pesan kepada penonton jadi cobalah mengambil gambar dari sudut yang yang fokus dan tidak membuat jenuh penonton.

 

2. Hindari untuk menggunakan zoom
Menggunakan zoom terlalu sering adalah masalah yang seringkali terjadi bagi pemula. Akibat dari terlalu banyak zoom dalam pengambilan gambar adalah video akan terlihat amatir dan bahkan bisa membuat penonton pusing. Jika sangat terpaksa Anda ingin melakukan zoom, lakukan dengan perlahan dan tetap stabil. Teknik zoom juga sangat tidak disarankan karena baik digital ataupun optical zoom akan merusak kualitas video yang sudah Anda rekam.

 

3. Isilah frame rekaman dengan subjek gambar
Ambillah gambar Anda dengan baik, dan jangan takut untuk menempatkan subyek tidak di tengah gambar. Sebagai contoh, jika Anda mengambil gambar anak-anak sedang berenang, akan lebih menarik jika Anda mengambil gambar dengan subyek tidak hanya di kolam renang. Namun, mulai dari perjalanannya hingga ke kolam renang. Dari situ Anda bisa mengambil gambar anak-anak sedang berbicara, tertawa atau saat menyelam.

 

4. Usahakan mengambil gambar secara mendetail
Anda mungkin ingin mengambil latar belakang dengan wide shot untuk memberikan petunjuk lokasi, namun Anda juga harus lebih spesifik. Mencoba fokus pada hal-hal mendetail, seperti lentera di jalanan atau perahu di di laut. Dengan begitu, Anda bisa menyampaikan pesan yang pas kepada penonton dan penekanan terhadap suatu subyek.

 

5. Gunakan angle ataupun sudut pengambilan video yang berbeda
Anda bisa menggunakan footage dengan mengambil gambar dari beberapa kamera dan memasukkan gambar yang tidak biasa ke dalam hasil final. Dengan begitu, hasil rekaman Anda akan menjadi menarik dan tidak didapat di rekaman video manapun. Agar lebih maksimal, Anda bisa mengambil video dari jarak dekat dengan jarak pandang ke atas ke bawah jika dimungkinkan.

 

6. Hindari backlight.
Backlight yaitu cahaya matahari yang membelakangi subyek ketika mengambil gambar sehingga membuat subyek tidak terlihat dengan jelas. Anda bisa memperbaiki situasi tersebut dengan berpindah ke sudut yang lain. Namun, beberapa kamera sekarang bisa mengurangi efek backlight.

 

7. Jangan terlalu sering menggunakan special effects
Mungkin terlihat keren jika Anda menemukan video dengan efek sephia namun percayalah special effects hanya akan membuat video yang dihasilkan tidak sesuai dengan kenyataan. Cobalah untuk merekam video tidak dengan special effects agar penonton bisa merasakan empati dari video tersebut. Apabila harus dilakukan pengeditan, pilihlah software edit film dengan efek yang ringan.

 

8. Gunakan penerangan yang maksimal dan mencukupi
Bukan suatu rahasia lagi jika saat mengambil gambar untuk video memiliki kemampuan penerangan yang lebih rendah daripada hanya sekedar mengambil foto. Oleh karena itu, Anda diwajibkan memiliki penerangan yang maksimal jika merekam video di dalam ruangan dari berbagai sisi. Bukan hanya di dalam ruangan, Anda juga bisa menggunakan kertas putih agar cahaya bisa terpantulkan dengan jelas pada subjek yang akan direkam.

Sumber : https://idseducation.com/articles/8-teknik-pengambilan-video-bagi-pemula/

image : kompasiana.com