Penyebab URL Link Artikel Tidak Terindek Google

penyebab artikel link tidak terindex mesin google 1

Ilmudes.com – Setelah lama sekali tidak menguprek-uprek dunia perbloggingan, website blog pribadi ini seolah semakin kehilangan jiwa bloggingnya. Mau membuat artikel lagi terasa semakin berat dan agak susah, hingga akhirnya meluncurlah peringkat alexa rank semakin besar dan tak terkendali. Kini semangat itu mulai tumbuh kembali, mencoba menyapa kawan maya blogger yang sudah cukup lama ditinggalkan.

Setelah vakum cukup lama, Admin mecoba membuat artikel kembali dan coba cek index mesin pencari google. Ternyata artikel blog website tidak segera terindex google, saya tunggu hari berikutnya, ternyata belum juga terindex google artikelnya. Baru ditunggu 1 hari lagi, artikel blog dimaksud sudah terindex search engine google. Ini sangat aneh, karena dulu setelah membuat artikel kemudian coba disubmit pada tombol add url, maka sekitar 5 menitan sudah langsung terindex. Apakah blog ini sudah tidak relevankah?

Kemudian saya coba posting lagi artikel blog dan coba submit url ke mesin pencari, ternyata tetap nunggu sekitar 1 hari hingga artikel tersebut benar-benar terindex google. Hadeh, kalau begini caranya, sangat menyusahkan bila ingin mengejar traffik audience. Mungkin beberapa hal berikut ini menjadi sebab url link artikel blogpost tidak segera terindex mesin pencari google.

A. Website tidak terurus

Dari artikel di atas yang sudah saya sebutkan tadi, sepertinya kualitas website mempengaruhi seberapa cepat artikel tersebut dapat terindex. Bayangkan, dulu sewaktu masih aktif blogging, setiap posting artikel blog, bisa langsung terindex google, sedangkan sekarang, setelah sekian lama vakuum, untuk dapat terindex google membutuhkan waktu setidaknya sekitar satu hari baru tahu artikelnya terindeks atau tidak. Jadi dapat disimpulkan, semakin tidak terurus suatu website blog, maka akan semakin susah artikel blog itu untuk dapat terindex mesin pencari google.

B. Kualitas artikel kurang bagus

Sekarang ini, cukup sering ditemukan artikel yang sama pada beberapa website blog yang berbeda. Ini mungkin disebabkan karena ada beberapa oknum blogger yang melakukan copypaste. Mungkin juga ada yang memakain aplikasi untuk otomatis posting dengan isi yang sama apabila website sumber artikel melakukan posting. Ini menyebabkan kualita artikel tersebut menjadi kurang bagus, karena indikasi copas dan tidak asli.

C. Belum mendaftarkan pada webmaster google

Google sepertinya sedang menguasai sebagian besar dunia maya, termasuk salah satunya adalah dunia blogging dan website. Nah, setiap blog ataupun website agar bisa terindeks dengan baik semua artikel yang sudah dibuatnya, maka perlu mendaftarkan websitenya pada webmaster google. Ini sangat bagus karena di dalamnya kita harus submit alamat sitemap website blog. Dengan adanya sitemap blog/website, maka akan memudahkan mesin pencari untuk merekam (index) artikel yang yang sudah dibuat.

D. Submit url link artikel blogpost ke mesin pencari

Walaupun website blog sudah terdaftar pada webmaster google, tidak ada salahnya juga apabila coba sumbit url link artikel post pada google. Caranya adalh search di google “google submit url link”, maka akan terbuka link arikel mana yang mau dikenakan.