Ayana Moon, Gadis Cantik Korea Yang Masuk Islam Setelah Mendengar Konflik Irak

ayana jihye moon muallaf gadis korea masuk islam 2

ilmudes.com – Saat ini mungkin budaya Korea sudah sangat banyak dikenal di seluruh dunia. Korea Selatan dikenal dengan dunia fashion mode dan film drama dengan kualitas bagus. Dulu waktu muncul lagu tentang Gangnam Styel, lagu tersebut dengan cepat menyebar. Bahkan di tempat-tempat wisata pun banyak orang yang berjoget bersama-sama sambil mendengarkan lagu tersebut.

Tapi kali ini, mari kita tinggalkan tentang berita tersebut sejenak. Kali ini mari kita coba untuk mengenal sedikit tentang Ayana Moon, seorang gadis korea yang muallaf dan masuk Islam setelah mendengar berita konflik perang di Irak.

Ayana Moon memiliki nama lengkap Ayana Jihye Moon, tempat asal Seoul, Korea Selatan. Ayana lahir pada tanggal 28 Desember 1995 dan sekarang berprofesi sebagai mahasiswa di salah satu universitas di Malaysia.

ayana jihye moon muallaf gadis korea masuk islam 2

Berdasarkan tayangan wawancara di acara televisi Hitam Putih Deddy Corbuzier, Ayana sebenarnya mulai tertarik sejak kecil mungkin sekitar masih umur sekolah dasar. Berikut ini sedikit cuplikan wawancara dengan Ayana Jihye Moon di televisi :

Lalu apa yang menyebabka Ayana Moon suka dengan Islam dan kemudia masuk Islam?

Awalnya suka melihat orang-orang memakai pakaian hijab, melihat wanita memakai hijab jilbab. Mereka terlihat anggun dan cantik. Pokoknya bagus banget (katanya). Kemudian suatu waktu ada konflik perang di Irak, ini membuat Ayana semakin penasaran dengan Islam, lalau mencoba belajar dari internet dan membaca-baca tentang Islam. Kemudian Ayana mulai mengikuti perkumpulan Islam di Korea untuk mempelajari lebih dalam, hingga akhirnya mantap masuk Islam.

Apa tantangan berat ketika masuk Islam di Korea?

Ketika Ayana masuk Islam, maka Ayana harus siap dengan segala konsekuensinya. Harus siap untuk tidak mendapatkan pekerjaan, harus siap untuk tidak dikenal di politik, dan sebagainya. Hal itu karena menurut Ayana, Korea belum siap menerima Islam, belum siap menerima pakaian yang serba tertutup seperti memakai Hijab.

Bagimana tanggapan orang tua Ayana ketika Ayana memutuskan untuk masuk Islam?

Orang tua sangat khawatir dan kaget. Bagimana nanti nasib anaknya di kemudian hari. Ya itu karena di Korea belum siap dengan busana dan budaya seperti apa yang dilakukan oleh Ayana. Ayana harus siap untuk tidak mendapatkan pekerjaan dan apapun di Korea.

Apa yang dilakukan Ayana kemudian?

Ayana Moon memutuskan untuk belajar di Malaysia. Kenapa? Karena menurut Ayana, di Malaysia pendidikan agamanya cukup bagus hingga dia bisa belajar lebih banyak tentang Islam.

Apa tanggapan Ayana ketika ada yang mengajaknya menikah?

Ketika ditanya tentang menikah, Ayana selalu menjawab “no, no, I’m not ready”, intinya dia belum siap karena belum terpikirkan olehnya. Sekarang umur dia baru 22 tahun dan konsent utamanya baru menyelesaikan pendidikannya. Jadi ketika ada yang komentar tentang mengajaknya menikah, maka Ayana kadang menjawabnya langsung, dan kadang cuma memberi like.

Berikut ini cuplikan dari wawancara dengan Ayana Moon di acara Dahsyat.

Apakah Ayana melakukan operasi plastik, karena memiliki wajah yang cantik? Begitu pertanyaan oleh Raffi Ahmad sambil mengucapkan kata maaf, maaf.

Ayana menjawab, “its oke, dont worry”, dia tidak melakukan operasi plastik.

ayana jihye moon muallaf gadis korea masuk islam 2

ayana jihye moon muallaf gadis korea masuk islam 2
image : Akun instagram @xolovelyayana