Cara Menghemat Tagihan Listrik Pintar PLN

menurunkan pemakaian daya listrik pintar pln

Listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Tanpa listrik, maka peralatan listrik di rumah tidak dapat berfungsi sama sekali. Sekarang ini, tarif listrik sudah realtif tinggi, maka dari itu diperlukan manajemen yang baik agar tagihan listrik rumah bulanan tidak membengkak. Berikut ini beberapa tips cara menghemat tagihan listrik pintar PLN :

1. Nyalakan listrik seperlunya.

Hal simple untuk dapat menghemat listrik yaitu dengan menyalakan listrik seperlunya saja. Terkadang kita lupa untuk mematikan lampu ruangan yang tidak dipakai. Misal : Dalam ruang tamu dipasang 2 lampu dan menyala semua. Kamar mandi tidak digunakan lampunya lupa untuk dimatikan. Hari sudah siang dan lampu lupa untuk dimatikan. Itu semua dapat menambah beban listrik sehingga tagihan listrik meningkat.

2. Ganti peralatan rumah tangga dengan yang berdaya watt rendah.

Sekarang ini peralatan listrik sudah semakin canggih sehingga bisa dengan daya kecil tetapi hasilnya bagus. Misal lampu rumah, bisa diganti dengan lampu led. Kalau biasanya kita menggunakan lampu TL (hemat energi) dengan 10 watt, maka dengan lampu led bisa kita gunakan yang 5 watt dengan terang yang hampir sama. Sudah bisa berkurang 50 % bukan daya listriknya. Coba bandingkan, kalau misal dulu rumah kita ada 1 lampu ruang tamu, 3 lampu ruang tidur, 1 lampu teras rumah, 1 lampu dapur, 1 lampu kamar mandi, maka total ada 7 lampu. Kalau masing-masing kita gunakan 11 watt, maka total daya yang digunakan adalah 77 watt. Nah kalau kita ganti dengan lampu led misal 6 watt, maka total menjadi 42 watt. Sudah cukup lumayan untuk menghemat listrik. Tapi memang pada saat beli, lampu led memang lebih mahal.

3. Buat ventilasi udara yang cukup.

Apa hubungan ventilasi rumah yang cukup dengan menghemat tagihan daya listrik? Hubungannya adalah dengan ventilasi yang cukup, maka rumah tidak perlu menggunakan pendingin ruangan (AC) karena sudah cukup dingin. Nah untuk menghindari banyaknya nyamuk, maka bisa dipasang kelambu atau jaring anti nyamuk pada ventilasi tersebut.

4. Cabut peralatan listrik yang tidak dipergunakan.

Ini dia yang sering kita lupa lakukan. Peralatan yang sudah selesai kita cash, lalu alat chargernya lupa untuk dicabut dalam waktu yang lama. Bayangkan kalau ada 10 alat elektronik, kan jadinya cukup besar.

5. Gunakan pompa air watt rendah.

Sudah bukan rahasia umum bahwa pompa air itu memiliki daya listrik yang besar, apalagi kalau pada waktu awalan menyalakan pompa air, dayanya bisa 2 kali lipat dari pada daya watt listrik yang tertera pada alat pompa air listrik. Lalu bagaimana agar daya watt pompa air kecil? ya dengan mengganti dengan pompa air yang watt nya kecil. Untuk pemasangannya bisa di tengah-tengah kedalaman sumur apabila sumur cukup dalam (15-35 meter).

image : tribunnews.com

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestDigg this