Review Toyota Calya G 2016

review-sepesifikasi-toyota-calya
image : www.szaktudas.com
review-sepesifikasi-toyota-calya
image : www.szaktudas.com

Alhamdulillah akhirnya bulan September 2016 ini keluarga saya bisa membeli mobil LCGC Toyota Calya Seri G 2016. Kami sangat bersyukur karena sepertinya sedang bermimpi kalau bisa membeli mobil baru, bukan second lho ya, setelah sebelumnya menjual mobil bekas Suzuki Karimun kotak tahun 2000 dan diganti dengan yang baru ini. Sepintas, mobil ini tampilannya bagus, bentuknya panjang dan bisa muat banyak penumpang, sangat cukup untuk jalan-jalan keluarga saya beserta mbah-mbahnya. Tapi biarpun begitu kalau dilihat dan dirasakan, memang ada kelibihan dan kekuarangan dari mobil Toyota Calya. Berikut review singkat berdasarkan pengalaman pribadi atas mobil Toyota Calya seri G yang alhamdulillah juga sudah menjadi milik pribadi (keluarga) :

1. Tampilan

Tampilan mobil Toyota Calaya menurut saya pribadi sudah bagus. Sepintas bisa terlihat seperti grand livina, sepintas juga bisa terlihat innova terbaru 2016 kalau dari belakang, tapi bisa juga mirip honda mobilio karena bentuknya yang panjang dan gepeng. Ya begitulah, bagus. Mau bukti? tinggal datang saja ke dealer terdekat dan lihat dengan seksama.

2. Mesin

Jujur saya kurang paham dengan dunia permesianan otomotif/mobil. Menurut saya, mesinya oke dengan 1.200cc, dual VVTI. Menurut saya sendiri, mobilnya juga sangat irit. Mungkin anda pernah mencoba avanza yang dual VVTI dan merasakan betapa ngiritnya? nah mobil Toyota Calya juga menggunakan teknologi yang sama dengan CC yang lebih kecil, gak kebayang bukan. Apabila dibandingkan dengan Toyota avanza dual VVTI, menurut saya avanza lebih responsif dan galak daripada Calya. Tetapi biarpun begitu, mobil ini juga kuat dan cukupan bagi keluarga.

3. Body dan kekedapan kabin

Sewaktu pertama kali saya ambil mobil calya dari dealer dan langsung saya ajak jalan sekitar 200 m dengan plat putih, selama perjalanan saya merasakan bahwa mobil ini cukup bising dari ruang kabin penumpang, jadi jalanan lurus dan halus saja, saya bisa mendengar deruman yang lumayan mengganggu, entah itu suara putaran roda ban yang bersentuhan dengan aspal, ataupun suara mesin. Akhirnya saya putuskan coba menambah peredam suara. Untuk awal, saya coba menambah pada bagian pintu-pintunya. Yang lainnya menyusul karena dana terbatas. Selain itu saya juga menambah karpet mobil agar kalau kotor bisa mudah dibersihkan pada bagian lantainya. Lalu si pemasang peredam suara bilang kalau bodi mobil calya ini tipis, kalau mau pasang peredam biar kabin mobil senyap, nanti bisa menyusul mas, begitu bilangnya. Saya berpikir “o jadi memang karena itu sehingga kabim mobil Calya cukup berisik, tidak senyap dan kurang nyaman”. Jadi kalau anda hendak membeli mobil ini, mesti siap dengan ruang kabin yang kurang senyap. Kalau anda memiliki dana, anda bisa menambahkan peredam suara untuk semua bagian mobil ini, jadi ruangan penumpang bisa senyap dan nyaman untuk dikendarai.

4. Fasilitas dan accessories

Menurut saya fasilitas mobil Toyota Calya seri G ini sudah cukup lengkap termasuk keselaman dan lain-lain, cuma agak disayangkan saja karena pada tipe tertingginya, ternyata belum ada talang airnya, belum ada end mufler knalpot dan accessories lainnya biar kelihatan lebih sporty. Sementara pada saudara kembarnya (daihatsu sigra), pada seri tertingginya semua fasilitas itu sudah ada.

Sepertinya itu saja yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

 

2 Comments

Comments are closed.