Ingin Mengelola Keuangan Dengan Baik, Yuk Ikuti Tipsnya

cara-mengelola-keuangan-yang-baik
Sumber Gambar : www.futuready.com
cara-mengelola-keuangan-yang-baik
Sumber Gambar : www.futuready.com

Pengelolaan keuangan yang baik sangat penting demi keharmonisan kelangsungan hidup baik pribadi maupun kelompok. Salah dalam penggunaan keuangan, akan berakibat hancurnya stabilitas ekonomi yang bersangkutan. Oleh karena itu, perlu kiranya mempelajari bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik. Semakin dini Anda dapat mengelola keuangan dengan baik, maka semakin baik pula kecakapan dan kemapanan ekonomi Anda. Berikut ini beberapa tips yang dapat untuk coba dilakukan agar dapat mengelola keuangan dengan baik :

1. Kenali tingkat penghasilan dan sumbernya

Sangat penting untuk mengenali tingkat penghasilan dan sumber-sumbernya. Jangan sampai seperti pepatah “Besar pasak daripada tiang” yang berarti pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan. Kalau seperti ini, bisa dipastikan hidup Anda tidak bahagia. Maka dari itu perlu diketahui sumber penghasilan Anda dari mana saja, apakah dari satu tempat/sumber, atau lebih dari satu sumber. Kemudian dijumlah total dari semua penghasilan tersebut. Nah jumlah penghasilan tersebut akan menujukan tingkat penghasilan Anda.

2. Identifikasi kebutuhan pokok

Setelah Anda mengetahui tingkat penghasilan, maka langkah selanjutnya yaitu mengidentifikasi semua kebutuhan pokok Anda. Ini penting untuk mengetahui apakah Anda memiliki dana lebih atau cukupan atau minus sehingga nanti bisa dilakukan penyesuaian agar menjadi seimbang. Beberapa contoh kebutuhan pokok adalah biaya makan, biaya transportasi, biaya untuk pendidikan anak, biaya untuk keluarga, biaya angsuran bulanan, biaya asuransi, dll. Apabilan sudah teridentifikasi semuanya, lalu dijumlahkan, maka akan diketahui total biaya untuk kebutuhan pokok. Kemudian coba bandingkan dengan total penghasilan, apakah masih ada sisa dana, atau minus.  Apabila ada sisa dana, maka Anda memiliki dana lebih yang bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Sedangkan apabila ketemunya minus, maka perlu untuk dilakukan penyesuaian kebutuhan pokok sehingga bisa diketahui keuangan yang seimbang.

3. Alokasi untuk tabungan dan cadangan

Setelah mengetahui tingkat penghasilan dan kebutuhan pokok, hal yang tidak kalah pentingnya yaitu Anda perlu mengalokasikan dana untuk tabungan dan cadangan. Ini penting agar Anda memiliki kekuatan finansial yang tinggi dan dapat mengantisipasi kebutuhan yang mendesak. Sesuai dengan rumus ekonomi yaitu Y = C + I, dimana Y adalah pendapatan, C adalah konsumsi, dan I adalah investasi, maka tiga hal ini merupakan kunci pengelolaan keuangan yang baik.

4. Siapkan dana lain-lain dan insidental

Sebenarnya kalau ditelusuri lebih lanjut, ini juga merupakan bagian dari uraian nomor 3 diatas, yaitu tentang tabungan dan cadangan. Anda bisa menambahkan rinciannya pada tabungan untuk dana lain-lain dan insidental, jadi Anda selalu siap untuk kebutuhan yang terjadi sewaktu-waktu dan tidak terduga. Anda dapat juga mengikuti asuransi untuk membackup kebutuhan yang kemungkinan bisa terjadi sewaktu-waktu, misal asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan. Dengan mengikuti program asuransi, maka Anda akan dapat merasa sedikti lega karena ada pihak lain yang menanggung atas kejadian ataupun peristiwa yang tersebut dalam asuransi. Admin sendiri juga menggunakan asuransi untuk kendaraan yang dipunyai dengan mengambil pada asuransi sinarmas dengan harapan semoga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, setidaknya bisa meminimalkan resiko yang mungkin bisa admin alami.

5. Dana manasuka

Bagian ini sepertinya menjadi bagian yang baling menarik dan enak untuk dilakukan, karena berpangkal pada asumsi bahwa dana Anda berlebih sehingga Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan. Tapi hal ini juga bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa berpangkal Anda memiliki dana lebih, yang penting Anda mampu mengelola keuangan dengan baik, maka kemungkinan besar Anda juga kan memiliki dana manasuka. Contoh dana manasuka yaitu dana untuk liburan, dana untuk mencoba memulai usaha wiraswasta kecil-kecilan, dana untuk menggeluti hobi, dll

Demikianlah beberapa tips cara mengelola keuangan dengan baik. Sekian ya, semoga bermanfaat.