Inspirasi Cara Mengoptimalkan Rumah Tinggal Kecil

cara-mengoptimalkan-tanah-rumah-yang-kecil-jadi-nyaman

Siapa yang tidak mau memiliki rumah tempat tinggal yang nyaman dan tenteram? Tentu setiap orang menginginkan rumah tinggal yang nyaman. Rumah yang nyaman itu mungkin identik dengan rumah yang memiliki luas tanah yang besar dengan desain yang lapang dan bagus. Nah, apakah rumah dengan luas tanah kecil tidak bisa mengoptimalkannya sehingga bisa menjadi nyaman? Berikut ini mungkin beberapa hal yang mungkin bisa menjadi inspirasi cara mengoptimalkan rumah kecil sehingga bisa menjadi teratur dan lebih nyaman:

1. Buang/simpan barang yang kurang diperlukan.

Ini sangat penting sekali untuk dilakukan mengingat tumpukan barang yang sudah tidak dipergunakan lagi, bisa menjadi sarang tikus dan kotor dimana-mana. Anda bisa mencoba untuk membakar barang yang sudah tidak terpakai, atau menjualnya ke pencari barang rosok, atapun bisa juga anda kasihkan dengan sukarela. Alternatif lain yaitu anda bisa juga menjual barang bekas tersebut yang dirasa masih memiliki nilai tinggi secara online.

2. Tata perabot secara ringkas dan optimal.

Apabila Anda memiliki kamar dengan ukuran 2,5 x2 meter, tentu akan sangat merepotkan apabila dipasang dipan ukuran 2 meter ke dalam kamar. Selain susah untuk menatanya, Anda juga kan merasakan bahwa ternyata kamar anda cukup sesak. Oleh karena itu perlu dipikirkan untuk menggunakan perabot kamar tidur yang sesuai ukuran kamar dengan tanpa menggunakan dipan sehingga kamar tidur menjadi lebih luas dan leluasa. Apabila anda memiliki kamar tidur yang tidak terlalu luas, kemungkina besar anda juga memiliki ruang tamu yang tidak begitu besar pula. Maka dari itu, pilihan ruang tamu tanpa menggukana meja mungkin bisa menjadi alternatif solusi. Anda bisa memasang karpet yang bisa dilipat dan dipasang kembali dengan cepat.

3. Manfaatkan baigan ruang kecil yang belum terpakai.

Ini berkaitan dengan halaman rumah yang mungkin belum bisa dimanfaatkan dengan baik. Untuk menambah kesan asri dan rapi, Anda bisa juga memanfaatkan halaman rumah untuk ditanami dengan tumbuhan yang hijau, misal tanaman bunga dan hiasan. Dibagian lainnya bisa juga Anda gunakan untuk menanam tanaman sayur-sayuran, seperti cabai, kangkung, bayam, pepaya, daun katuk yang tentu semuanya bisa dimanfaatkan untuk pengganti sayuran sehari-hari. Apabila masih ada ruang, bisa juga dibuat kolam ikan kecil dengan ukuran menyesuaikan kondisi halaman. Tentu tidak boleh sembarangn asal membangun kolam ikan. Maka dari itu perlu perencanaan yang cukup matang yang bisa dikerjakan secara bertahap mulai dari menanam tanaman hingga membangun kolam ikan.

Image source : google image search rumah tinggal kecil asri