Cara Tetap Bugar dan Sehat Tanpa Mengeluarkan Biaya

menjaga-badan-sehat-bugar-dan-fit-dengan-biaya-murah

Perkembangan zaman dan teknologi sekarang ini sudah semakin pesat. Saking pesatnya sehingga hampir sebagian besar aktifitas seseorang dapat dilakukan tanpa harus berpindah tempat dan hanya dengan memencet tombol. Itulah mengapa orang sekarang ini agak malas melakukan pergi keluar untuk berolah raga (tidak semuanya). Dengan kondisi yang seperti itu, maka bisa dimungkinkan kondisi tubuh menjadi kurang sehat dan kurang fit karena kurang bergerak dan kurang berolah raga. Badan bisa menjadi lebih gemuk, tapi kurang bersemangat. Hal-hal berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi agar tubuh tetap bugar dan sehat tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak :

1. Lakukan pergangan pagi hari.

Anda bisa melakukan peregangan sebentar untuk melemaskan otot-otot tubuh. Ini bisa dilakukan tiap pagi hari sebelum Anda mandi pagi untuk persiapan berangkat bekerja ataupun aktifitas lainnya. Dalam kegiatan ini, tidak perlu dilakukan setiap hari, tapi bisa dilakukan tiap 2 hari sekali atau sesuka Anda. Yang penting adalah rutin dan teratur. Dengan melakukan kegiatan ini, semoga bisa membuat badan menjadi lebih fresh dan fit. (sepertinya mudah bukan, tapi coba deh dilaksanakan teratur, bisa-bisa terasa berat, karena mendorong untuk disiplin).

2. Jalan santai atau lari pagi.

Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang sibuk hingga untuk jalan santai ataupun berlari pun menjadi terasa berat. Oke, kegiatan ini bisa Anda lakukan selama di kantor tempat Anda bekerja. Kalau ada tangga yang menghubungkan antar lantai, bisa Anda gunakan juga untuk melatih kekuatan dan kebugaran dengan cara lari naik turun tangga 5 kali atau 10 kali sehari. Tidak perlu banyak-banyak. Yang penting teratur dilakukan.

3. Push up dan sit up (dimana saja).

Siapa yang tidak tahu dengan kegiatan ini. Hal mudah dan ternyata jarang sekali dilakukan. Hampir sama dengan tips sebelumnya. Anda tidak perlu langsung melakukan sit up dan push up dalam jumlah banyak sekaligus, tetapi Anda bisa melakukan program dimulai 6 kali situp dan push up tiap 2 hari. Lalu hari ketiga dan ke empat, ditambah menjadi 8 kali push up dan situp. Begitu seterusnya. Ringan bukan, tapi tidak seringan yang dibayangkan. Coba nanti kalau sudah sampai 20 an ke atas, rasin tuh.

4. Kurangi main game.

Sadar tidak sadar, ternyata main game itu menghabiskan waktu tanpa sadar badan berada di posisi yang sama dalam waktu lama. Ini akan membuat badan menjadi kurang sehat. Terlebih lagi kalau main gamenya itu online, akan membuat semakin tidak sehat badan dan juga tidak sehat keuangan. Mulailah kurangi main game dan ganti dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Misalnya menulis artikel, belajar fotografi, belajar audio visual desain, dll.

5. Jaga konsumsi makanan dan istirahat yang cukup.

Makanan yang kita konsumsi sebaiknya memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh sehari-hari. Hindari makanan cepat saji, junk food, dan makanan lainnya yang kurang menyehatkan. Apabila Anda kurang percaya dengan makanan yang akan dibeli, Anda bisa mencari solusi dengan memasak sendiri yang simple dan ringkas, tetapi juga menyehatkan. Misal : memasak nasi dengan magic com, sekalian memasak telur rebus. Siapkan juga lauk yang tahan lama dan Anda sukai, misal kering tempe, abon, daging kering. Jangan lupa sayur-sayuran juga tidak boleh ketinggalan.

Sekian, semoga bermanfaat.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestDigg this