Duduk Manis, Utak Atik Internet, dan Dapat Duit

cara memperoleh penghasilan dari online internet
cara memperoleh penghasilan dari online internet
image : www.dreamstime.com

Zaman sekarang ini, perkembangan teknologi sudah berkembang sangat pesat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut hampir merata di semua lini bidang. Khusus dalam bidang teknologi, sekarang ini perkembangan teknologi internet dan paket data internet sudah kian besar dan maju. Ya, meskipun bila dibandingkan dengan negara lain, kita masih kalah jauh, akan tetapi setidaknya kita masih bisa mengikuti dan memanfaatkan perkembangan dari teknologi tersebut.

Nah, dengan perkembangan internet online yang begitu pesatnya dan kalau tidak dikelola dengan baik dan bijaksana, kiranya akan menjadi amat sayang kalau tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan perekonomian (private). Sekarang ini dengan majunya teknologi informasi, orang menjadi lebih mudah untuk melakukan pekerjaannya, sebagi contoh, dia bisa membeli sesuatu tanpa harus datang ke toko, tapi tinggal dibuka di laptop yang terhubung ke internet, lalu penjual akan mengirimkan barang yang di beli ke alamat yang dimaksud. Begitu mudah bukan.

Tetapi sayang bukan kalau cuma dimanfaatkan hanya untuk urusan konsumsi saja. Apakah tidak terfikirkan menggunakannya untuk mencari dan mendapatkan penghasilan? Masak iya sih, tidak bisa memperoleh penghasilan dari intenet online? Mungkin artikel sederhana berikut ini dapat berguna dan bisa menjadi sumber inspirasi untuk memanfaatkannya sebagai salah satu cara memperoleh penghasilan dari internet online :

1. Membuat video kreatif. Kegiatan ini bisa jadi menjadi salah satu aktifitas yang bisa menghasilkan uang di internet. Namun video di sini bukan sembarangan video dan asal bikin. Video yang bisa memberikan penghasilan bagi pemiliknya yaitu video kreatif, informatif, menghibur dan memberikan manfaat bagi sesama. Nah, video tersebut kemudian diupload di website media berbagi video seperti youtube. Kalau ratingnya tinggi dan bagus, kalau beruntung bisa memperoleh penghasilan lho.

2. Membuat Artikel Lepas. Di internet tersedia banyak sekali website yang menyediakan informasi dalam berbagai bidang. Beberapa memberikan kesempatan bagi end user (pengguna/pengujung website) untuk berkontribusi dalam memberikan artikel. Apabila artikelnya bagus dan memenuhi syarat dari penyedia website lalu dipublish, maka bisa memperoleh imbalan. Baca ini juga : Hobi-hobi yang bisa menjadi sumber penghasilan

3. Membuat Game dan Aplikasi Android/iOS, dll. Sekarang ini sistem operasi gadget elektronik seperti handphone (hp) dan tab, kebanyakan menggunakan Android, jadi alangkah bagusnya kalau bisa membuat aplikasi yang unik, kreatif dan bermanfaat kemudian diuploda di pasar (google playstore). Nah, kalau beruntuk, siapa tahu ada yang tertarik untuk membelinya. Atau kalau tidak, bisa juga disematkan iklan dalam aplikasi android tersebut, dan kalau ada yang melakukan klik, maka akan dapat komisi.

4. Membuat Website/Blog. Barangkali Anda slah satu orang yang memiliki kegemaran hobi menulis, entah itu tentang perjalanan, cerita pendek, tentang tips trik sederhana dunia blog, elektronik, tanaman, tata boga, resep makanan, otomotif dan lain sebagainya, maka Anda bisa tuangkan dalam blog pribadi. Setelah memiliki blog (website) langkah berikutnya yaitu coba lakukan sharing informasi dan menaikkan visitor (pengujung) blog. Apabila traffiknya tinggi dengan artikel yang bagus dan berkualitas, maka bisa Anda berikan slot untuk pasang iklan dengan tarif tertentu. Ini juga tidak kalah seru : Menggali rupiah dari hobi fotografi

5. Membuat Startup. Awal-awal dulu, saya masih belum tahu apa itu startup? Mungkin juga sampai sekarang ini, saya juga belum paham betul apa arti startup tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, sedikit-demi sedikit bisa memahami tentang startup. Mungkin salah satu contoh startup yaitu website traveloka dimana seseorang dapat dengan mudah mencari penginapan, penerbangan, dll dan kemudian langsung melakukan booking pada halaman traveloka. Ada lagi yaitu website tokopedia dimana seseorang bisa membeli barang tertentu dari penjual tertentu dan barang akan dikirimkan sampai rumah dan semua transaksi dijamin oleh tokopedia. Nah, kalau Anda bisa membuat startup yang kreatif dan unik, siapa tahu ada yang mau memberikan modal dan ikut mengembangkannya. Lumayan. (tapi sepertinya tidak mudah).hehe

Itu tadi beberpa contoh yang semoga bisa menjadi inspirasi untuk memanfaatkan teknologi untuk memperoleh penghasilan dari internet online. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi semuanya dan sukses selalu. Amin.