Cara Mudah Ikut Amnesti Pajak-Tax Amnesty dan Formulirnya

amnesti pajak tax amnesti 2016

Seperti yang kita ketahui, saya dan Anda sekalian, bahwa tahun ini pemerintah mencanangkan program AMNESTI PAJAK (TAX AMNESTY). Apa itu Amnesti Pajak?

Amnesti pajak adalah program pengampunan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Wajib Pajak meliputi penghapusan pajak yang seharusnya terutang, penghapusan sanksi administrasi perpajakan, serta penghapusan sanksi pidana di bidang perpajakan atas harta yang diperoleh pada tahun 2015 dan sebelumnya yang belum dilaporkan dalam SPT, dengan cara melunasi seluruh tunggakan pajak yang dimiliki dan membayar uang tebusan. Sumber : www.pajak.go.id

Trus intinya Amnesti Pajak itu apa?

Intinya adalah dengan mengikuti Amnesti Pajak ini, berarti Anda turut membantu pemerintah untuk pembangunan dan restrukturisasi ekonomi. (Secara gampangnya adalah membantu membangun bangsa kita, Indonesia).

Manfaatnya ikut Amnesti Pajak apa saja?

  1. penghapusan pajak yang seharusnya terutang (PPh dan PPN dan/atau PPn BM), sanksi administrasi, dan sanksi pidana, yang belum diterbitkan ketetapan pajaknya;
  2. penghapusan sanksi administrasi atas ketetapan pajak yang telah diterbitkan;
  3. tidak dilakukan pemeriksaan pajak, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan Tindak Pidana di Bidang Perpajakan;
  4. penghentian pemeriksaan pajak, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan Tindak Pidana di Bidang Perpajakan, dalam hal Wajib Pajak sedang dilakukan pemeriksaan pajak, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan Tindak Pidana di Bidang Perpajakan; dan
  5. Penghapusan PPh Final atas pengalihan Harta berupa tanah dan/atau bangunan serta saham.

Ini secara gampangnya manfaat Amnesti Pajak : 1. Hapus pajak yang seharusnya terutang dan sanksinya yang belum terbit. 2. Hapus sanksi pajak dari ketetapan pajaknya. 3. Tidak akan dilakukan pemeriksaan untuk tahun 2015 ke bawah. 4. Semua pemeriksaan (perpajakan) akan berhenti. 5. Hapus PPh Final pengalihan harta.

Kenapa ikut Amnesti Pajak (Tax Amnesty)? Tarifnya relatif kecil. Simak tabel berikut.

tabel tarif amnesti pajak-tax amnesty

tabel tarif amnesti pajak-tax amnesty umkm

Cara mudah mengajukan/mengikuti Amnesti pajak :

Anda bisa minta formulir Amnesti Pajak di kantor pajak setempat, atau Anda bisa download formulirnya di sini Formulir Lengkap TA F4 Pokok

Setelah Anda download, Anda Cetak semua sheet yang diwarnai. Lalu isikan datanya dengan benar.

Contoh menghitung uang tebusan Amnesti Pajak :

Kalau Anda termasuk UMKM dan total hartanya kurang dari 10 M, uang tebusannya adalah 0,5 X (total harta yang belum dilaporkan dikurangi total hutang yang belum dilaporkan)

Hutang yang boleh digunakan untuk mengurangi harta, untuk Orang Pribadi maksimal 50% dari total harta yang belum dilaporkan. Untuk Badan, maksimal 75% dari total harta yang belum dilaporkan.

Selain UMKM, tinggal mengikuti tabel di atas. Sekian semoga artikel singkat ini bisa membantu dan bermanfaat bagi sesama. Amin. Apabila ada yang kurang pas, bisa Anda beri masukan pada kolom komentar, untuk kemudian saya update artikelnya. Terima kasih.

Sumber artikel : www.pajak.go.id

#cara ikut tax amnesty, #cara ikut amnesti pajak, #apa itu amnesti pajak, #download formulir amnesti pajak tax amensty, #cara menghitung uang tebusan amnesti pajak, #contoh menghitung uang tebusan amnesti pajak, #tarif amnesti pajak umkm, #tarif amnesti pajak repatriasi, #manfaat ikut tax amnesti pajak, #kenapa ikut amnesti pajak.