Antara Sontoloyo dan Sontoloyi

sontoloyo arti kata sontoloyo contoh sontoloyo
image : google search image emot senyum

Mungkin beberapa dari Anda sekalian pernah mendengar istilah Sontoloyo di atas. Atau malah Anda sendiri yang menjadi subjek pelaku dari mengungkapkan kata sontoloyo?

Setiap orang terkadang memang memiliki suatu masalah yang berbeda-beda, atau terkadang juga memiliki masalah yang sama, bahkan mirip ataupun setipe. Masalah-masalah yang timbul juga memiliki tingkatan tersendiri, ada yang rendah, sedang dan juga tinggi. Meskipun cukup berat untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah tersebut, tentu ada baiknya diusahakan terlebih dahulu agar bisa selesai hingga clear. Bersih dan kinclong. Baca : ini dia tempat sharing blog yang oke

Yang jadi “masalah”, yaitu ketika kendala dan masalah itu tidak bisa terselesaikan dengan baik, atau bahkan terjadi lost connections dan traffic jam walaupun sudah dicoba berulang kali. Misalnya nih, kamu mau menyeberang jalan dengan kendaraanmu, posisi sudah sangat lengang dan posisi moncong kendaraan sudah lebih separuh jalan, eh tiba-tiba dari arah belawanan ada motor nyelonong tidak mau berhenti ngerem, tapi malah mengklaskson-klakson sambil ngebut. Sontoloyo tenan iki, kayane SIMe nembak.hehe.

Contoh lain lagi, mungkin ketua dalam grup Anda memberikan perintah buat menyelesaikan membuat laporan dengan jadwal yang bagus, pokoknya terserah caranya bagaimana agar hasilnya bagus. Giliran sudah diotak-atik gotak gathuk sampai fix, lalu dilaporkanlah ke senior. Tiba-tiba ketua bilang, kok gak begini, kok gak begitu, harusnya kalau seperti ini itu ya ini, kalau seperti itu ya begitu, jangan disamakan smuanya dong. Lalu Anda bilang, oke pak, nanti saya perbaiki. Lalu diambilah berkas, balik badan, tumpuk semua berkas, sambil mbatin, sontoloyo, jarene terserah, kok gak dikasih tau yang ini yang itu, gak tau apa kalau sudah dilembur laporannya. Baca juga : Cara mencari kata kunci yang jadi trending topik terupdate untuk artikel

Ada lagi nih, saking kebangeten gookiil dan sepertinya bisa jadi sontoloyo super. Anda jalan di suatu gang kecil yang mungkin hanya bisa buat berpapasan untuk 2 (dua) kendaran bermotor roda 2 (dua). Lalu saat Anda melewati gang tersebut, ada motor sedang parkir di pinggir jalan. Anda lewat begitu saja. Dari jauh terlihat lampu motor menuju arah Anda dan seharunya Anda bisa lewat lebih dahulu untuk melewati motor yang sedang parkir. Tak taunya, motor yang dari jauh itu nyelonong jalan saja mepet Anda pas di tengah-tengah motor yang sedang parkir. Lak yo gak pas to pak de pak de. Sontoloyo, koyone iki uwong ora duwe rem, opo malah ora biso ngerem motor.  Yah begitulah kondisi masyarakat kita, termasuk saya yang mungkin belum bisa taan aturan. Kalau sudah seperti itu, mungkin perlu mempraktikan semboyan, SING WARAS NGALAH. Sambil kemudian terus memperbaiki untuk memberi contoh yang baik dan menjadi baik.

Oh iya, hampir saja lupa, judulnya kok sontolyo dan sontoloyi? Kalau Anda pernah mendengarkan lagunya Koes Plus Bunder-Bunder, maka akan paham arti dari Sontoloyi. Coba cari sendiri.

#opini, #update blog post

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestDigg this