Cara Memperbaiki Bad Sektor Hardisk

 

cara memperbaiki hard disk bad sektor sector error

Barang kali anda memiliki hard disk eksternal yang tidak berjalan dan berfungsi dengan baik, atau ada yang tidak beres dengan hard disk anda, atau hardisk anda lemot dan transfer ratenya pelan/lama sekali? Mungkin artikel berikut ini dapat berguna bagi anda. Berawal dari mempunyai hard disk eksternal yang sudah sekian lama, tidak terjatuh dan tidak kebanting, setelah diformat, ternyata kecepatan copy file ke hard disk sangat pelan. Dicoba format lagi, hasilnya tetap nihil, yaitu kecepatan copy file dokumen ke hardisk bisa sangat lama dan pelan. Setelah mencoba berbagai cara termasuk download program bad sector repair, tetap tidak kunjung sehat dan lancar pada hardisk, akhirnya hardisk bisa kembali sehat. Berikut ini cara memperbaiki bad sector hardisk/ hard disk eksternal (bad sektor bukan karena jatuh/benturan fisik) yang berhasil diterapkan pada hardisk ekternal WD Element :

  1. Barang kali anda pernah menyimpan file di hard disk, lalu anda hapus/delete sampai hilang dari recycle bin. Tapi kenyataannya anda bisa menyelamatkan file yang sudah di hapus tadi dengan menggunakan program undelete. Nah agar file yang dihapus tidak bisa dikembalikan/diselamatkan lagi, maka cara menghapusnya adalah dengan cara menghapus secara bertingkat. Pada program tune up utilities, ada program shreeder, jadi kalau mau menghapus file dan tidak bisa dikembalikan lagi, tinggal klik kanan, lalu pilih delete pakai shreeder, pilih 2 kali atau yang lainnya.
  2. Nah, berdasarkan pemahaman penulis, bad sector hardisk itu MUNGKIN letaknya di bagian yang kita bisa mengembalikan lagi file yang sudah dihapus. Jadi pada kasus di hardisk lemot, penulis mencoba membersihkan pada bagian tersebut dengan cara melakukan wipe partitions hard disk, baru setelah itu dilakukan format lagi.
  3. Cara melakukan wipe partitions hard disk yaitu penulis menggunakan program mini tool partitions wizard. Mungkin dapat juga menggunakan program partitions hardisk lainnya asalkan ada menu wipe hardisk.
  4. Langkah memperbaiki bad sector(sektor) hard disk yaitu buka program partitionsnya. Maka akan muncul semua hardisk yang tersambung ke komputer. Klik kanan pada hardisk yang error (bad sektor), lalu pilih wipe hardisk. Maka akan muncul pilihan WITH ZERO, ZERO AND ONE, dan pilihan lainnya. Dulu penulis memilih ZERO and One. Lalu jalankan perintahnya. Proses wipe hardisk ini membutuhkan waktu cukup lama. Tunggu sampai proses selesai.
  5. Setelah proses nomor 4 selesai, baru anda bisa melakukan format lagi pada hardisk anda seperti biasa dan taraaaa, semoga hard disk anda sudah normal kembali dengan kecepatan copy file yang besar dan cepat. Sekian, semoga bermanfaat.

Sumber gambar : macriot.com