Peralatan Dasar Fotografi Yang Penting

peralatan dasar fotografi yang penting

peralatan dasar fotografi yang penting

Artikel berikut ini bukanlah berarti menggurui dalam hal yang berkaitan dengan dunia fotografi, tetapi lebih kepada berbagi informasi tips triks belajar fotografi, karena penulis sendiri juga baru sekedar punya kamera DSLR, bukan seorang ahli fotografi. Berdasarkan pengalaman dan perasaan dari penulis sendiri, berikut ini peralatan dasar fotografi yang penting dan sepertinya wajib dimiliki bagi fotografer (baik yang baru belajar, sudah mahir, ataupun yang lainnya) :

  1. Body Kamera. Apabila menggeluti dunia fotografi, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya body kamera, yaitu tubuh kamera itu sendiri. Biasanya bentuknya agak besar dan agak kotak. Body kamera ini tidak bisa berfungsi untuk fotografi apabila tidak ada lensa yang terpasang, karena pengguna tidak dapat membidik objek yang diinginkan.
  2. Lensa Kamera. Nah ini merupakan bagian penting setelah body kamera. Pada kamera DSLR, lensa kamera ini bisa dibuka dan dipasang kembali, bahkan bisa dipasang dengan berbagai jenis lensa kamera agar bisa diperoleh gambar foto yang bagus. Baca : Cara setting kamera DSLR yang mudah
  3. Tripod. Komponen ketiga pada peralatan fotografi yang penting yaitu tripod, sebuah alat yang berfungsi untuk menyangga kamera agar waktu mengambil gambar objek, kamera tidak bergerak. Bentuk dari tripod ini ada bermacam-macam. Kebanyakan berbentuk kaki tiga yang bisa disetting ketinggian, kemiringan dan lain sebagainya.
  4. Remote Shutter/Release. Merupakan perangkat tambahan yang berfungsi untuk memotret dari jarak jauh. Bentuknya ada yang berbentuk kabel, dan ada pula yang berbentuk remote (kecil). Ini berfungsi agar waktu pengambilan gambar foto, kamera tidak bergerak dan bisa dioperasikan dari jarak jauh. Dengan kamera yang tidak bergerak, diharapkan dapat dihasilkan foto dengan kualitas yang sangat baik dan bagus.
  5. Filter lensa. Yaitu perangkat tambahan yang bisa dipasang pada ujung lensa. Filter lensa berguna untuk melindungi lensa kamera itu sendiri. Tetapi ada juga yang berfungsi untuk mengurangi pembiasan cahaya matahari sehingga tidak terlalu menyilaukan. Filter lensa kamera ini ada bermacam-macam, ada filter ultra violet, filter lensa CPL, dll.

Sementara itu dulu saja sharing artikel tentang fotografi DSLR. Dengan alat-alat tersebut, insyaallah kalau dimaksimalkan penggunaannya, bisa dihasilkan foto yang bagus, menarik dan ciamik. Apabila kurang puas dengan hasilnya, bisa dicoba dengan mengganti beberapa komponen fotografi, seperti mengganti lensa dengan yang lebih oke, dan terus belatih praktik sambil mencoba dan bereksperimen untuk menghasilkan foto yang bagus. Sekian, semoga bermanfaat.

Sumber gambar : twitter.com

Tag : Belajar dasar fotografi, belajar kamera DSLR, peralatan penting dalam fotografi, komponen penting kamera DSLR, mudah belajar fotografi dengan kamera DSLR.