Membuat Blog Menjadi Media Besar

cara memebesarkan dan mengembangkan blog website besar

Siapa yang tidak mau memiliki website media online yang besar? Bukan barang hal yang tidak mungkin untuk dicapai jika seorang blogger berusaha keras memperbaiki blognya hingga bisa menjadi suatu website yang besar. Untuk membuat website blog yang besar, agaknya tidak mudah. Mungkin itu juga yang menjadi resolusi 2016 dari admin sendiri. Berikut ini pandangan sepintas (Admin) agar blog bisa menjadi website yang handal dan besar :

  1. Hosting yang handal. Saat ini website ilmudes ini masih memakai hosting yang pada porsi menengah dan cukupan. Apabila terjadi load yang berlebih, maka akan down dan blog tidak dapat diakses. Salah satu harapannya adalah, bisa memiliki hosting yang bagus, handal dan syukur kalau bisa tidak mengeluarkan biaya dari kantong kocek sendiri. Apa bisa? Semoga.
  2. Visitor yang tinggi. Meskipun ilmudes.com blognya masih seumur jagung, tapi pengujungnya sudah lumayan tinggi (menurut admin), sekitar 500an page view tiap hari. Semoga di tahun 2016 ini bisa terus meningkat pengujung blognya, targetnya sih 1.000 page view tiap hari, syukur bisa lebih. Mak nyus.
  3. Multi user. Berawal dari belajar blog di blogspot, hingga sekarang menggunakan wordpress self hosted, ada harapan website ini berguna bagi sesama. Salah satunya adalah multi user, dimana bisa digunakan oleh banyak pengguna (end user) secara bersamaan. Contohnya adalah kompasiana, seseorang bisa mendaftar dan bisa menulis artikel di sana untuk dibagikan kepada sesama. Nah, untuk sementara, di ilmudes.com juga sudah bisa mendaftar sebagai user, sehingga bisa membuat artikel post dari halaman dashboard sendiri. Tapi untuk sementara, semua user member ilmudes yang terdaftar, akan disetting dengan role “subscriber”, karena tujuan awalnya adalah hanya untuk bisa sharing berita melalui submit link dan akan muncul di menu berita anda. Jadi semacam lintas.me, dll.
  4. User interaktir. Namanya juga harapan dan juga mimpi, admin berharap bisa membuat antar user bisa berinteraksi dalam website ilmudes.com. Dengan cms wordpress, ada kemungkinan bisa untuk dilakukan, tetapi membutuhkan sumber daya yang besar, dan untuk sementara hosting yang dipakai belum mampu menampungnya. Siapa tahu, nanti antar user bisa saling berbagi ilmu, wawasan, chatting ataupun cari jodoh.hehe. Saat ini yang tersedia adalah di kolom diskusi, jadi user yang terdaftar bisa menuliskan pertanyaan, dan user lain bisa memberikan jawaban secara online.
  5. Go Public. Di sini dalam artian untuk sekedar dikenal oleh banyak orang saja. Ya mungkin sesuai dengan yang ditulis dalam nomor 2, visitor blog website meningkat. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa menjadi website yang besar.

Untuk dapat mewujudkan membuat blog menjadi website yang “besar”, dibutuhkan sumber daya yang besar pula. Perkiraan biaya membuat website yang besar dapat dirinci sebagai berikut :

  • Biaya domain dan hosting Rp. 3.000.000/tahun
  • Biaya fasilitas web Rp. 300.000/tahun
  • Biaya teknisi 2 orang @Rp. 800.000/bulan, jadi setahun adalah Rp.17.600.000/tahun
  • TOTAL SEMUA Rp. 20.900.000/tahun

Lumayan besar juga ya, eh bukan lumayan lagi, tapi benar-benar besar. Bagaimana sumber pendanaan website blognya? Berikut ini paket pendanaan untuk membuat blog menjadi besar :

  1. Mitra Utama. Merupakan sumber pendanaan website yang berguna untuk menjamin kelangsungan website itu sendiri. Pendanaan ini akan digunakan untuk pemeliharaan domain dan hosting. Mitra utama ini senilai Rp. 3.000.000. Pengguna Mitra Utama akan ada banner yang selalu muncul di header website selama 1 tahun dan akan muncul dimanapun pengujung membuka artikel.
  2. Mitra Basic. Merupakan sumber pendanaan dan pemasukan website blog yang berasal dari pemasang iklan dengan periode tiap bulanan. Nilainya adalah Rp. 200.000 tiap bulan. Pengguna Mitra Basic ini akan ada banner yang selalu muncul di sidebar samping kanan pada website ilmudes dengan ukuran 250×250. Apabila masa 1 bulan sudah selesai, maka banner akan dihapus.
  3. Mitra Junior. Merupakan sumber pendanaan yang intinya mirip dengan Mitra Basic, cuma berbeda pada penempatan banner, yaitu ada di tiap akhir artikel. Nominalnya adalah Rp. 150.000 tiap bulan.

Sekian uraian angan-angan dan mimpi membuat blog menjadi media website besar. Siapa tahu mimpi-mimpi tersebut dapat menjadi kenyataan. Sekian, terima kasih banyak sudah meluangkan waktu untuk membaca 😀

Sumber gambar : ikhtisar