Memaksimalkan Iklan Google Adsense

belajar daftar iklan google adsense

Google Adsense sepertinya menjadi dambaan bagi para blogger, dan mungkin termasuk admin ilmudes ini sendiri. Berawal mungkin karena sedang beruntung dan ternyata waktu daftar google adsense, blog ilmudes ini memenuhi kriteria yang disyaratkan oleh google, alhamdulillah akhirnya deterima google adsense full approve, yang artinya bisa memasang iklan google dimana saja dan kapan saja. Waktu itu artikel blog ini masih sedikit, dibawah 50an artikel, dan pengujung blog juga sedikit, sekitar 100 per hari, itupun dari teman-teman blogger yang sudah eksis duluan.

Setelah sekitar 1 tahun punya adsense, saya heran, kenapa ya account google adsensenya tidak nambah-nambah, sedikit sekali tabungan google adsensenya. Jawaban paling real dan nyata menurut admin sendiri adalah karena traffik pengujung blog belum banyak dan belum bejibun, bahkan hingga saat artikel ini ditulis pun, pengujung blognya masih sedikit, kalau lagi beruntung bisa 500 per hari, kalau lagi gak beruntung, 300 sampai dengan 400 page view per hari. Waktu awal-awal, dulu saya belajar ngeblog cuma asal-asalan, tapi sekarang, kayaknya juga masih asal-asalan, tetapi sepertinya tidak seasal-asalan seperti dulu, buktinya, kalau 4 harian tidak nulis artikel blog, saya mungkin berusaha untuk membuat artikel blog baru, entah bagaimana caranya. Sekarang juga, sepertinya saya betah untuk berjam-jam memantengin laptop ataupun komputer cuma untuk bermain blog, lalu apa asiknya dari ngeblog?hehehe, saya tidak tahu, saya suka saja, siapa tahu dapat ilmu baru, dapat teman baru, dan rejeki yang tidak terduga-duga. Baca : Cara Membuat Blog Menjadi Web Media Besar

Oke, sekarang membahas sesuai dengan topik judul blog yang menarik di atas.hehe. Sebenarnya saya agak malas membahas tentang adsense, soalnya lha siapa saya? blogger bukan? master blogger juga bukan? pernah pay out adsense juga belum? berani-beraninya bahas tentang adsense. Terserah mau dikata apa saja, saya cuma mau bercerita sedikit tentang adsense, siapa tahu bermanfaat bagi sesama blogger untuk meningkatkan pendapatan adsensenya.

Macam unit adsense ada banyak sekali, pengguna tinggal pilih unit dan size yang sesuai, ada yang ukurannya 300x300px, 728×90 px, 160x600px, dan lain sebagainya. Pengguna juga bisa membuat iklan adsense sesuai ukuran yang diinginkan, tapi kalau tidak standar, sepertinya kurang bagus hasilnya. Nah ilmudes sendiri memasang iklan adsense ukuran 728×900 (jenis A-sekedar nama), iklan 300×250 (jenis B) dan 468×60 (jenis B). Setelah beberapa waktu saya pasang iklan tersebut, saya lihat jumlah klik iklan tiap hari tidak menentu, kadang 2, kadang 3 kadang 4, kadang tidak ada sama sekali iklan klik adsense. Dari jumlah klik pun juga kalau diperhatikan dengan seksama, akan ditemui hal yang tidak konsisten, misal jumlah klik 3, estimasi dapat $0, 65, sementara jumlah klik cuma 2, estimasinya $0,75, trus jumlah klik iklan adsense 4 dapat cuma $0,2. Perlu diteliti lagi bagian ads iklan adsense mana yang sering diklik. Saya coba cek report adsensenya, ternyata jumlah klik iklan adsense meningkat banyak ada pada jenis B yang saya tempatkan di bawah artikel (aneh, yang gak kelihatan malah kliknya banyak). Sementara iklan A yang saya pasang di header, tidak ada yang klik, iklan B yang ada di side bar juga tidak ada klik. Mungkin penempatan posisi yang menentukan jumlah klik iklan adsense. Sudahlah, saya putuskan pindah iklan A ke awal paragraf pada artikel.hehe. Kalau mau dianalisa cara meningkatkan pendapatan dari klik iklan adsense, siapa tahu bisa pay out adsense tiap bulan, bisa juga diperhatikan dari masing-masing hari, pada hari apa klik iklan adsensenya selalu banyak, nah mungkin pada waktu itu bisa dimaksimalkan ngeblognya. Gimana kawan? semoga membantu ya artikel ceker ayam saya yang sedikit dan sok tau ini. Salam….

Sumber gambar : google search image adsense