Cara Belajar Setting Kamera DSLR

setting manual iso rana aperture f kamera dslr

Anda memilkiki kamera DSLR? Anda ingin mempelajari bagaimana menggunakan kamera DSLR yang baik? Anda ingin tahu bagaimana memotret dengan kamera DSLR mode manual? Jika iya, maka mungkin tidak ada salahnya membaca artikel berikut ini untuk mengetahui bagaimana setting ISO, Apertur (angka f), dan Kecepatan Rana (S) pada kamera DSLR. Untuk dapat memahami bagaimana mengatur ISO, Rana dan Aperture, maka langkah awal adalah dengan mangatur kamera anda pada mode manual (M). Temukan lokasi menarik dengan jumlah pencahayaan yang bagus dan mulai bereksperimen. Berikut ini cara memahami setting dari variabel pencahayaan kamera DSLR :

  1. Atur ISO. Pengaturan ISO memutuskan seberapa sensitif kamera Anda terhadap cahaya. Semakin tinggi angkanya, semakin sensitif. ISO 200 biasanya pengaturan standar yang cukup bagus. Ini bila anda berada di ruang dengan pencahayaan yang cukup, terang, dan cerah. Jika cahaya menurun dan suasana di luar berawan atau gelap, coba atur ke ISO 400 atau 800. Hal ini membuat kamera lebih sensitif dengan cahaya yang ada. Baca : Yuk Pelajarai Aturan Fotografi Agar Hasilnya Bagus
  2. Pilih Aperture (f). Aperture mengendalikan kuantitas cahaya yang masuk ke dalam lensa. Anda bisa menetapkan aperture hingga f/5,6 sebagai pengaturan awal. Ini adalah saran umum berdasarkan lingkungan pencahayaan yang biasa ditemui di ruang keluarga. Anda harus bermain-main dengan kamera anda untuk mencapai pengaturan awal yang baik.
  3. Putuskan tentang kecepatan rana (S). Ini adalah variabel pencahayaan yang terakhir. Saat mengintip melalui jendela bidik, tekan tombol separuh dan anda akan melihat kecepatan rana di bagian bawah layar. Putar roda di depan tombol untuk memilih kecepatan rana yang lebih tinggi atau lebih rendah. Lihat ukuran cahaya dan sesuaikan kecepatan rana hingga indikator mencapai suatu titik di dekat tengah-tengah ukuran tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa kamera telah memiliki pencahayaan yang tepat.

Sekian semoga bermanfaat. Artikel diambil dari Majalah Canon Photo You.

Sumber gambar : digitalcameraworld

Setting manual ISO rana aperture f kamera dslr, cara setting ISO S dan Aperture kamera DSLR, Belajar mode manual kamera DSLR, Bagaimana memotret yang bagus dengan kamera DSLR

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestDigg this