10 Tips Komunikasi Efektif di Kantor

bagaimana komunikasi yang efektif di kantor dan teman

Bagaimana berkomunikasi dengan efektif sehingga pesan yang anda sampaikan bisa diterima dengan baik oleh si penerima pesan di kantor? Banyak sekali terjadi kesalahapahaman di kantor. Semua ternyata hanya karena apa yang dimengerti tidak sama dengan apa yang disampaikan. Nah bagaimana supaya anda sukses berkomunikasi di kantor? Beriktu ini tipsnya :

  1. Berpikirlah sebelum anda menyampaikan pesan. Jangan cepat-cepat atau buru-buru menyampaikan pesan. Berpikirlah sebelum anda menyampaikan sesuatu. Jangan sampai perkataan anda membuat rekan kerja tersinggung, kecewa, depresi atau stress. Berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara.
  2. Mengetahui apa yang dikatakan. Anda harus tahu persis apa yang akan dikatakan dan mengapa mengatakannya sebelum benar-benar mengatakannya. Jangan sampai apa yang anda minta berbeda dengan apa yang anda katakan.
  3. Mengetahui dengan siapa anda berbicara. Sesuaikanlah apa yang akan anda katakan dengan situasi yang dihadapi. Oleh karena itu sebelum anda berkomunikasi, sebaiknya kita mengetahui siapa yang akan dihadapi, bagaimana situasinya, bagaimana kondisinya dan lain sebagainya. Bedakan antara bicara dengan rekan kerja atau bawahan anda. Baca : Hak Anak yang Terlupakan
  4. Perhatikan nada suara dan pilihan kata. Ingatlah bahwa cara kita mengatakan sesuatu melalui nada suara dan pemilihan kata, benar-benar mempunyai makna yang sama seperti hal yang ingin kita sampaikan. Nada yang lembut untuk keakraban atau nada yang keras untuk memberi perintah dan ketegasan perlu dipikirkan sebelumnya. Pilihlah kata yang runtut dan komunikatif agar dapat diterima dengan baik oleh si penerima.
  5. Perhatikan gerak tubuh anda. Gerak tubuh anda jangan sampai menutupi atau mengganggu proses komunikasi. tataplah mata lawan bicara dan gunakan tangan untuk menunjuk gambar, dsb.
  6. Perhatikan kebutuhan pendengar. Saat anda berbicara ketahuilah kebutuhan yang mendengar. Kalau itu urusan kantor yang mendesak katakanlah apa yang akan dikerjakan itu berkaitan dengan omzet atau masa depan seluruh kantor, sehingga persan kita lebih mudah diingat oleh mereka.
  7. Dapatkanlah umpan balik. Setelah memberi instruksi dapatkan umpan balik dari pendengar untuk meyakinkan diri bahwa pesan telah dimengerti dan diterima. Pancinglah pendengar atau lawan bicara kita untk memberikan umpan balik. Umpan balik yang negatif sekalipun, akan berguna untuk memperbaiki diri kita.
  8. Berpengaruh jangka panjang. Jangan sampai komunikasi anda dengan rekan kerja putus karena suatu instruksi yang salah dimengerti. Ingatlah bahwa anda akan bergau dengannya dalam waktu yang panjang di kantor, jadi perhatikan nada suara supaya tidak menyinggung.
  9. Kata dan perbuatan harus sejalan. Janganlah mengatakan sesuatu apabila kita tidak melakukannya. Kita harus mendukung kata-kata kita dengan tindakan.
  10. Belajar menjadi seorang pendengar yang baik. Jangan hanya anda yang meminta terus tapi dengarkanlah masukan darinya. Menjalin hubungan baik lebih berguna dari sekedar sebuah instruksi. Hubungan baik akan membuat rekan kerja melakukan banyak hal dengan sukarela.

Sumber gambar : nandaerlika

Tips komunikasi efektif, bagaimana komunikasi yang efektif, belajar komunikasi efektif di kantor, cara agar bisa berkomunikasi efektif

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestDigg this