Kegiatan Ini Bisa Jadi Alternatif Menyambut Tahun Baru

alternatif kegiatan positif sambut tahun baruPergantian tahun baru akan segera tiba. Barang kali banyak dari anda yang sudah merencanakan kegiatan apa yang akan dilakukan pada malam tahun baru ataupun pada hari berikutnya. Mungkin ada yang merencanakan jalan-jalan, bakar sate, kumpul keluarga, atau mengujungi tempat keramaian dimana sering diadakannya acara menyambut tahun baru. Sebenarnya, tidak harus bagi seseorang untuk menyambut pergantian tahun baru, karena sudah tidak asing lagi bahwa di malam tahun baru, biasanya jalanan menjadi ramai dan penuh sesak, belum lagi nanti pada buang sampah sembarangan dan fasilitas umum menjadi rusak. Dari pada capek dan kena polusi di sana-sini, bising dan uyel-uyelan, ya mending………… (lanjutkan sendiri). Nah, berikut ini aktivitas kegiatan yang dirasa posistif dan bisa menjadi alternatif menyambut pergantian tahun baru :

  1. Dzikir dan Doa. Kegiatan ini ada dinomor satu (by Admin) karena sangat penting dan bagus sekali bagi siapa saja yang melakukannya. Di saat orang-orang beramai-ramai menuju pusat kota sambil kena polusi dan sesak, melakukan Dzikir dan Doa sepertinya sangat bagus, baik itu untuk diri sendiri maupun orang lain. Kita dapat bertafakur, menyukuri hidup dan semua rezeki yang sudah diperoleh, dan berdoa untuk kebaikan juga keberkahan di hari-hari berikutnya.
  2. Kampanye Anti Polusi. Sudah sering kan kita melihat acara-acara menjelang pergantian tahun baru, banyak orang membawa motor dan juga makanan. Bising di sana-sini. Admin pun pernah merasakannya dan malah capek sendiri. Di hari berikutnya, kita saksikan berita, banyaknya sampah menumpuk setelah pergantian tahun baru. Nah, dari pada ikut sesak-sesakan dan menjadi pelaku buang sampah sembarangan dan penebar polusi, mending kan ada kegiatan kampanye anti polusi. Mungkin bisa dilaksanakan dengan jalan kaki menuju pusat kota, larangan menggunakan kendaraan bermotor, dan denda bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan. Tapi agaknya tidak mudah ya untuk dilakukan.hehe.
  3. Meditasi dan berendam air hangat. Setelah capek bekerja dan hari berikutnya adalah pergantian tahun, rasanya nyaman sekali ya kalau bisa meditasi, berendam air hangat suam suam kuku sambil leyeh-leyeh dan melepaskan pikiran penat. Yang lain mau niup terompet, ya silahkan, saya tak bersantai ria dengan berendam air hangat bersama keluarga, segarnya (*plak, cuma mimpi). Baca : Cara Meninggikan Motor
  4. Jalan-jalan ke alam. Biasanya saat ada moment malam pergantian tahun, banyak orang mengunjungi tempat-tempat wisata dan pusat-pusat kota. Mungkin itu sudah telalu main stream (mainstrimmm), biar jadi kegiatan out of the box malam tahun baru, bisa anda lakukan jalan-jalan ke alam, misalnya mendirikan tenda di tegal belakang rumah, taupun di gunung. Bisa juga dilakukan dengan berkemah di tengah sawah sambil bawa penerangan lampu minyak petromak (petromax) dan juga berburu ikan belut. Lumayan bukan, tidak bising, tidak ada polusi asap kenalpot, polusi suara, dan polusi lainnya. (Kira-kira kurang kerjaan bukan ya?)
  5. Bosik. Bosik di sini adalah kepanjangan dari Bobok Gasik (Tidur awal-red). Badan lelah, enaknya ya tidur awal di malam hari. Momen pergantian tahun baru bisa dilihat di berita esok hari, lumayan bukan bisa tidur 8 jaman.hehe.

Image soruce : google image search tahun baru

Artikel : Sekedar opini.