Cara Meninggikan Motor

modif motor matic

modif motor matic

Anda memiliki motor dan terasa terlalu pendek motornya? Atau anda ingin memodifikasi sederhana untuk meninggikan motor? Dulu waktu SMA pikiran saya kalau motor yang ditinggikan bagian belakang itu karena agar yang membonceng di jok motor belakang bisa terus nempel, tapi mungkin pikiran itu bisa juga hilang, karena saya sendiri juga pernah meninggikan motor dengan peninggi shock breaker motor. Alasannya sederhana, karena saya ingin motor saya bisa dikendarai dengan nyaman, kelihatan agak tinggi, trus bisa mirip motor-motor touring yang bisa melibas semua medan. Berikut ini cara meninggikan ataupun memendekkan ground celarance motor :

  1. Jika motor anda terlalu pendek dan anda mau meninggikan shock, maka bisa dicoba dengan memasang sambungan peninggi shock breaker bagian belakang motor. Peninggi_Shock breaker motor_MaticCaranya sangat mudah, tinggal pasang peninggi tersebut di bagian bawah shock, lalu sisi lainnya dipasangkan pada tempatny. Jadilah motor anda jok belakangnya menjadi lebih tinggi agak nungging. Kelemahannya adalah, shock breaker menjadi kurang begitu terasa. Selain itu bisa berpotensi patah pada sambungan peninggi shock tersebut. Kelebihannya, praktis cara pemasangannya. Kemudian akan terasa lebih tinggi waktu mengendarai motornya. Baca : Ban besar anti bocor untuk vario 125 pgmfi
  2. Jika motor anda sudah terasa tinggi sehingga anda merasa agak jinjit, jika mau menurunkan motor, bisa dilakukan dengan menurunkan shock breaker motor bagian depan. Caranya tinggal dikendorkan kunci pengaitnya lalu di turunkan sesuai dengan keinginan, lalu kencangkan lagi kunci sekrup bautnya. shock suspensi motor depanDengan langkah itu maka jok motor belakang akan menjadi lebih tinggi. Kelemahannya adalah, adanya kemungkinan shock motor bagian depan kendur dan tidak kuat karena hanya dikunci dengan satu buah sekrup baut saja, sementara kalau posisi standar motor pabrik, kalau tidak salah ada dua sekrup penguncinya. Ini juga bisa menjadi berbahaya jika dibiarkan lama-lama apabila ternyata kondisinya kendur (tidak kuat).
  3. Cara meninggikan motor yang ke tiga adalah dengan mengganti roda motor dengan pelek motor dengan roda ban yang lebih besar dan jari-jari besar. ban besar motor matic suzuki yamaha hondaTentunya dengan memperhatikan ukuran maksimal dari ban yang diperbolehkan pada kendaraan bermotor (suzuki, honda, yamaha dan lain sebagainya).

Demikian beberapa tips yang bisa dibagikan. Terlepas dari semua itu, yang terpenting adalah faktor keselamatan dalam berkendaraan menjadi hal yang paling utama dan paling penting. Jangan sampai memodifikasi kendaraan bermotor, justru membahayakan, baik diri sendiri maupun orang lain. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : corelita, bukalapak, google search image ban besar motor