7 Plugins Wajib Pada Blog WordPress

plugins penting wajib pada wordpress selfhosting

Bagi Anda pengguna template wordpress untuk membuat website, rasanya tidak afdhol kalau tidak mengerti apa itu plugins wordpress. Plugins menurut admin sendiri merupakan aplikasi add ons tambahan yang dapat dipasang/diinstall pada website wordpress self hosting untuk meningkatkan performa website blog itu sendiri. Jadi dengan menggunakan plugins yang ada, seorang admin blog/website dapat mengutak-atik blognya menjadi seperti yang diinginkan. Terlepas dari plugins-plugins yang ada dan jumlahnya buanyak sekali, mari simak beberapa plugins penting dan wajib diinstall/dipasang pada website blog wordpress selfhosting :

  1. Akismet. Plugins wordpress ini telah digunakan oleh juataan pengguna wordpress. Dengan plugins Akismet ini, maka dapat memproteksi dan menjaga website blog dari serangan spam, jadi website blog akan aman.
  2. Yoast SEO. Merupakan plugins untuk mengoptimalkan website agar SEO Friendly (Search Engine Optimization). Ini berguna agar artikel yang dibuat selalu baik di mata mesin pencari serperti google search, yahoo, yandex, Bing dan lain-lain. Dengan adanya Yoast SEO ini, admin/penulis dapat menuliskan keyword penting yang berkaitan dengan artikel post agar hasilnya bagus. Bagus dalam artian dari segi mesin pencari sehingga memungkinkan artikel muncul di halaman pertama mesin pencari google menjadi lebih besar dan akhirnya akan berefek pada banyaknya pengujung dan pembaca artikel.
  3. WP Social Sharing. Saat admin membuat artikel, tentunya ingin agar artikel tersebut dapat mudah dibagikan (share) melalui media sosial yang populer. Nah dengan plugins ini, maka akan otomatis ada tombol share ke facebook, google plus, twitter. Jadi apabila pengujung tertarik atau merasa suatu artikel blog itu menarik dan ingin membagikan kepada yang lain, dapat dengan mudah melakukannya karena tinggal pencet tombol sosial media yang ada.
  4. Quick Adsense. Bagi Anda yang berniat menjadi blogger, atau ingin belajar menjadi blogger, atau sudah merasa menjadi blogger dan ingin mengembangkan blognya ke wordpress selfhosting, mungkin Anda tidak akan melewatkan plugins Adsense Google ini. Mungkin saja Anda sudah menjadi publisher google adsense untuk menambah penghasilan, nah dengan plugins ini, maka akan dapat dengan mudah memasang iklan adsense pada website blog sendiri.
  5. Adsense Click Fraud Monitor. Ini menyambung dengan nomor 4 karena berkaitan erat dengan Adsense. Apabila Anda memiliki akun google adsense, tentu tidak mau kan kalau akun nya dibanned atau diblokir gara-gara ada orang iseng melakkan klik iklan yang tersedia secara membabi buta. Dengan plugins ini, maka admin dapat membatasi seorang pengujung dapat melakukan klik iklan selama berapa kali, jadi publisher iklan google adsense tidak perlu takut akan dibanned akunnya oleh google.
  6. Simple WP Sitemap. Sitemap merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam dunia internet entah itu untuk blog ataupun website karena dengan sitemap tersebut akan tau alamat url internet lengkap untuk setiap posting artikel. Dengan plugins ini, maka akan otomatis terbentuk file sitemap.xml dan tersimpan dalam hosting website kita. Lumayan bukan…. (kalau belum paham, silahkan hubungi admin, sepertinya para blogger sudah pada tahu ini.hehe)
  7. WP Statistic. Dari namanya saja sudah kelihatan isinya tentang statistik. Plugins ini akan menampilkan statistik dari website blog. Informasi yang ditampilkan beberapa diantaranya adalah artikel yang banyak dikunjungi, total kunjungan tiap hari, link url referal yang mengujungi ke blog kita. dll. Sudah lengkap kan yak.hehe

Itu dulu saja ya informasi tentang plugins-plugins website dengan tmplate cms wordpress self hosting, semoga dapat menambah pengetahuan belajar tentang dunia perbloggeran. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : google search image