Belajar Menjadi Blogger

belajar menjadi blogger sukses

belajar menjadi blogger suksesSekarang ini perkembangan dunia blog sudah sangat banyak cepat dan juga maju. Begitu banyak blogger baru bermunculan dan mulai belajar ngeblog untuk saling berbagi informasi, entah apapun itu bentuknya. Saya sendiri mungkin salah satu yang baru belajar ngeblog, ingat ya baru tahap belajar ngeblog. Dari beberapa informasi yang pernah saya dapat, ternyata ngeblog (dunia blogger) bisa juga mendatangkan penghasilan bagi pemiliknya. Penghasilan dari internet tersebut bisa diperoleh dengan beberapa cara, tetapi kemungkinan yang paling banyak adalah dari jasa periklanan. Ingin belajar menjadi seorang blogger yang sukses? Yuk simak beberapa hal informasi penting yang perlu diketahui untuk belajar menjadi seorang blogger ( yang sukses) menurut admin.hehe. Baca juga : 10 Blogger Berpenghasilan Tinggi

APA ITU BLOG?

Tentunya tidak afdhol apabila belum mengetahui definisi blog itu sendiri apabila ingin belajar ngeblog. Ibarat mengerjakan soal IPA tetapi belajarnya MATEMATIKA (atau malah tidak belajar sama sekali.hehe). Ini kutipan definisi blog yang saya ambil dari wikipedia, “Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian”.

Menurut saya sendiri, Blog merupakan media internet online tempat dimana seseorang dapat mencurahkan, menuliskan, dan saling berbagi informasi melalui tulisan dengan berbagai informasi yang disajikan dan dapat diakses melalui internet dimanasaja dan kapan saja (selama memiliki jaringan internet)

DIMANA BISA NGEBLOG?

Tempat ngeblog itu adalah di internet penyedia jasa layanan untuk blog, baik gratis ataupun berbayar. Contoh layanan penyedia blog yang sering digunakan adalah blog di blogger/blogspot yang merupakan bagian dari google, dan yang kedua adalah blog di wordpress. Masing-masing penyedia layanan blog memiliki kelebihan ataupun kekurangannya. Blog di blogger, alamatnya website blognya akan ada embel-embel blogspot, contoh blog makanan enak, alamatnya di makananenak.blogspot.co.id (alamat hanya sekedar contoh). Begitu juga blog di wordpress, juga akan ada embel-embel wordpressnya, contoh jualtanamanhias.wordpress.com (alamat juga hanya sekedar contoh).

WAKTU NGEBLOG/BLOGGING YANG TEPAT?

Terkait dengan waktu ngeblog yang asyik, enak dan tepat, masing-masing orang berbeda-beda. Ada orang yang hobinya fotografi, menuliskan artikel fotografi setelah selesai semua sesi fotografinya. Ada orang yang hobinya travelling, menuliskan artikel setelah travelling selesai, atau juga pada waktu senggang saat travelling itu sendiri dilaksanakan. Saya sendiri menulis artikel posting dilakukan saat waktu senggang, entah kapan?hehe. Tetapi ada hal penting yang menurut saya sendiri (admin) terkati waktu ngeblog yang tepat ini adalah bukan masalah kapan kita menulis blognya, melainkan konsistensi dalam menulis dan mengelola blog. Jadi waktu ngeblog yang tepat adalah, saat anda dapat melakukan aktivitas blogging secara konsisten dan kontinyu. Tentunya ini bukan perkara yang mudah, saya sendiri juga merasakannya, karena saya juga sedang belajar. Bukti bahwa saya belum konsisten adalah jumlah artikel blog post yang tidak sama setiap bulannya. Contoh ngeblog yang tepat : kalau membuat artikel dan publish tiap 2 atau 3 hari sekali, maka alangkah baiknya tiap 2-3 hari tersebut selalu bikin artikel blog.

TEMPLATE YANG BAGUS BUAT BLOG?

Sebelum memulai belajar ngeblog, tidak kalah pentingnya yaitu menentukan kita mau ngeblog dimana dan pakai template apa. Seperti pada uraian diatas, contoh yang relatif banyak digunakan untuk ngeblog yaitu di blogspot/blogger dan wordpress, nah penting untuk memilih mau pakai blogspot atau wordpress. Masing-masing penyedia layanan blog menurut saya sendiri bagus semua, karena saya pernah memakai blogspot maupun wordpress. Dulu waktu awal-awal saya belajar ngeblog, saya memakai blogspot. Template blog di blogspot relatif mudah dan user friendly. Saya tinggal log in email di google, lalu saya bisa membuat blog di blogspot. Tampilan bagian dalam juga simple untuk digunakan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, saya mencoba memakai wordpress. Jadi semua artikel saya pindahkan ke wordpress. WordPressnya pun bukan wordpress.com, tetapi memakai wordpress.org yang mungkin oleh sebagian orang merupakan website, karena harus beli hosting dan domain sendiri, jadi hampir semua dikelola sendiri kalau memakai wordpress self hosting. Kesan pertama memakai wordpress adalah lumayan susah dan banyak hal yang menurut saya berbeda dengan blogspot. Tapi, semua itu menurut saya hanyalah waktu, karena orang akan terbiasa karena sering menggunakannya dan sekarang alhamdulillah saya bisa ngeblog dengan wordpress selfhosting.

BAGAIMANA MENGELOLA BLOG YANG BAIK?

Sepertinya belum kapasitas saya untuk membahas dan menulis artikel tentang bagaimana mengelola blog yang baik. Tetapi karena saya sendiri juga sedang memperbaiki cara menulis artikel blog yang baik, maka saya coba memberikan coretan sedikit tentang hal tersebut (saya kira, teman-teman sudah mengetahui maksud tulisan saya ini bukan?hehe,)

Secara tersirat, beberapa hal sudah saya tuliskan di atas. Bagi saya sendiri, mencoba belajar blog sudah cukup lama dari hanya coba-coba, bikin blog, lalu hapus lagi, bikin blog, nulis artikel 1 buah, lalu tidak menulis lagi selama berminggu-minggu. Kalaupun nulis artikel, menurut saya hanya curhat, dan isi artikelnya tidak jelas, nulis artikel blog cuma satu paragraf tanpa ada gambar, lalu tidak menulis artikel lagi dalam waktu lama. Setelah perjalanan lika liku belajar blog, baru saya merasakan enak dan cukup asyik dengan blog ini sekitar bulan november 2014 (bisa dicek arsip artikel blog ini awalnya kapan) dan blog saya pun sudah saya coba ubah dengan domain sendiri, yaitu ilmudes.com dengan memakai template wordpress. Teman-teman bisa membaca artikel blog saya dari waktu ke waktu dan mungkin akan menemukan bahwa artikel tersebut, beberapa kurang bagus penulisannya, seperti tulisan anak kecil yang ngalor ngidul. Dengan belajar menulis dan berbagi artikel blog tesebut yang hampir 1 tahunan itu saja, pengujung blog saya baru 200-300 pengujung perharinya (miris ya….hiks, tapi alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, semoga blognya menjadi ramai. Amin)

Berikut ini mungkin sedikit coretan tips dari pribadi saya yang masih baru belajar blog, tentang bagaimana mengelola website blog yang baik :

  1. Tentukan mau ngeblog dimana, ini hanya masalah selera, dan semuanya bagus.
  2. Setelah blog jadi, cobalah untuk konsisten mengelola blognya, mulai dari membuat artikel yang teratur, misal 1 hari 1 artikel, atau tiap dua hari sekali menulis artikel. Menulis atikel 1 hari sekali, menurut saya lebih bagus dari pada menulis 3 artikel, kemudian tidak menulis lagi dalam waktu yang lama.
  3. Perkenalkan blog pada teman, atau bagikan info melalui media sosial (facebook, twitter,dll).
  4. Perbaiki terus cara membuat artikel post blog agar semakin bagus, semakin berisi, informatif dan menarik.
  5. Saling berkunjung dan bertukan informasi dengan blogger lain. Bingung caranya? tinggal search artikel apapun, lalu buka website/blog orang lain, lalu berbagi info dan komentar.
  6. Terus belajar dan belajar lagi bagimana mengoptimalkan blog/website
  7. Berdoa semoga sukses. Amin.

Bagimana sobat sekalian uraian tentang belajar ngeblog? mudah bukan? tapi tidak semudah membalikkan tangan untuk menjadi blogger yang sukses. Perbaiki niat, lalu berusahalah untuk menjadi baik dan lebih baik lagi.

Sumber gambar : http://ipk.sinarharapan.co