5 Program Penting di Linux

program utama penting di linuxSetelah beberapa waktu lalu saya melakukan installasi laptop dengan sistem operasi linux mint 12, kiranya sekarang saatnya saya berbagi sedikit info tentang program-program yang penting dipasang dan diinstall dalam pada komputer dengan system operasi linux sbb :

  1. Libre Office. Merupakan program untuk keperluan kantor. Pada sistem operasi windows, LibreOffice ini mirip dengan microsoft office.  Baca : Perkenalan singkat dengan Linux OS
  2. Gimp image editor. Program untuk melakukan edit foto atau gambar image di linux. Kalau pada OS Windows, ini mirip dengan program Paint. (Tetapi menurut saya lebih komplex dari pada paint).
  3. VLC media player. Sepertinya sudah pada tahu bahwa VLC merupakan program untuk menjalankan (play) video ataupun film di linux. Di windows juga demikian.
  4. Banshee media player. Layaknya mp3 player (winamp, dlsb) yang digunakan untuk memainkan musik mp3 di linux. Silahkan dicoba.
  5. Wine. Merupakan program yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi pada sistem operasi windows di linux. Sepertinya saya mengandalkan program Wine ini karena saya bisa menginstall microsoft office di linux, mungkin aplikasi lain juga bisa.hehe

Beberapa program tersebut biasanya otomatis langsung terinstall pada saat pertama kali kita menginstall linux di komputer, jadi tinggal memakai saja. Mungkin beberapa program khusus ataupun tambahan tidak tersedia pada bawaan linux, maka dari itu perlu install aplikasi program linux tersebut. Untuk dapat menginstall program-program yang kita butuhkan, dapat coba cari info di mesin pencari (search engine) tentang program menarik di linux dan bagaimana cara installasi program tersebut di linux. Sekian, semoga bermanfaat.

Info : Program menarik di Linux, Program penting di linux, program utama di linux, program aplikasi yang perlu diinstall di linux, belajar linux bagi pemula, program menarik utama linux yang perlu dipasang diinstall di komputer