5 Alat Analisis Laporan Keuangan

cara menganalisa laporan keuangan perusahaan usaha bisnisLaporan keuangan merupakan dokumen yang penting dalam mengelola keuangan dari suatu kegiatan, entah itu dalam kantor, perusahaaan ataupun usaha lainnya. Dengan adanya laporan keuangan ini, kita dapat menilai apakah suatu kegiatan usaha/proyek/bisnis itu baik/bagus atau tidak, apakah usaha tersebut baik nilai investasinya atau tidak, kegiatan usahanya wajar atau tidak.

Nah, untuk dapat mengambil keputusan mau berinvestasi atau tidak, atau untuk mengetahui suatu perusahaan itu wajar atau tidak, maka perlu mengetahui alat analisa laporan keuangan perusahaan.

Berikut ini 5 alat analisi laporan keuangan yang penting :

  1. Analisa laporan keuangan komparatif. Analisa dilakukan dengan membandingkan pos-pos yang ada dalam laporan keuangan untuk dua periode atau lebih. Dengan ini, kita dapat mengetahui pada post akun yang sama, apakah ada kenaikan, atau penurunan ataukah sama (tidak ada kenaikan atau penurunan). Dari sini pula menurut saya pribadi, dapat kita lihat kenaikan dari beberapa pos akun laporan keuangan, apakah sama semua, ataukah berbeda beda. Apabila relatif sama semuanya, ada kemungkinan laporan tersebut hanya sebatas laporan di komputer saja (dalam laporan excel, dlsb), jadi tidak menujukkan keadaan sebenarnya di lapangan.
  2. Analisis laporan keuangan common size. Dengan membandingkan antara pos yang satu dengan pos akun yang lain pada tahun yang sama. Untuk analisis laporan laba rugi, penjualan ditetapkan 100%, dan untuk analisa neraca, total asset ditetapkan 100%. Jadi nanti bisa diketahui berapa persen kontribusi dari semua bagian. Dalam akuntansi dikenal Aktiva harus sama dengan Passive. Jadi masing-masing komponen pos akun dalm Aktiva, dibagi dengan jumlah total Aktiva dikalikan 100%, maka akan terlihat nilai kontribusi akun tersebut. Baca : Cara mendapat uang penghasilan dari internet
  3. Analisis Rasio. Dengan rasio-rasio tertentu, maka kita dapat melihat kondisi perusahaan apakah baik atau tidak. Rasio yang dapat dipakai diantaranya yaitu : 1. Rasio Likuiditas, 2. Rasio Gross Profit Margin. 3. Debt Equity Rasio, 4. Return on Asset, 5. Turnover Persediaan.
  4. Analisis Arus Kas. Merupakan alat utama untuk melakukan evaluasi atas sumber dan penggunaan dana. Analisa ini memberikan gambaran yang lebih mendalam mengenai bagaimana perusahaan memperoleh pendanaannya dan melakukan alokasi sumber dananya. Analisa ini juga dapat digunakan untuk melakukan peramalan arus kas dan merupakan bagian dari analisis likuiditas.
  5. Penilaian.  Untuk memperkirakan nilai intrinsik dari suatu perusahaan atau nilai intrinsik sahamnya. Dasar teori yang digunakana adalah present value. Cara ini merupakan salah satu bagian dari penilaian usaha.

Sementara itu dulu ya, info pendidikan dan edukasi lainnya juga dapat di peroleh di sini, readmore

Tampilkan rinci

Sumber : Modul Pembelajaran Analisis Laporan Keuangan

Sumber gambar : google search image

Info : alat anailis laporan keuangan yang penting, alat-alat analisis laporan keuangan, cara menganalisa laporan keuangan perusahaan/usaha/bisnis itu wajar atau tidak, cara menganalisa laporan keuangan yang baik