Tips jitu berbicara di depan umum

tips cara berbicara bagus di depan umumIbarat sebuah masakan mempunyai resep, maka agar dapat berbicara suskses di depan umum juga mempunyai tips-tips yang patut untuk dicoba. Yuk simak tips mudah berbicara di depan umum berikut :

  1. Menguasai medan dan mengetahui siapa calon pendengar terlebih dahulu sehingga dapat menyusun strategi agar mereka dapat antusias sewaktu kita mulai bicara.
  2. Gunakan tema pembicaraan yang sesuai denangan tingkat kemampuan daya tangkap pendengar/audience sehingga mereka tidak menjadi bosan dan kemudian mengabaikkan pembicaraan kita.
  3. Menggunakan pilihan kosakata yang mudah dimengerti dan dipahami oleh pendengar agar tidak terjadi salah komunikasi. Baca juga : 10 tips memperbaiki kualitas dan gaya bicara
  4. Jika terjadi gangguan psikologis, sebaiknya alihkan perhatian kita dengan cara memegang sesuatu atau gunakan media sehingga rasa khawatir dapat kita alirkan ke media tersebut, jadi tidak mengganggu konsentrasi sewaktu berbicara.
  5. Berani mulai berbicara dan berusahalah mencari celah untk menarik antusiasme audien guna menghidupkan suasana komunikasi kita.
  6. Sebagai pembicara kita harus tenang untuk menghindari alur berpikir yang melompat-lompat dan tidak runtut sehingga membuat pembicaraan kita terlihat tidak tentu arah.
  7. Beri penekanan pada topik yang menjadi tujuan kegiatan berbicara tersebut dengan cara menyampaikan suatu kalimat secara berulang secara tepat sehingga tidak terkesan mendikte audien.

Sumber artikel : Sukses berbicara dan berkomunikasi di segala situasi, oleh Dra. Sari Yuanita, Terbitan Genius Publisher, Yogyakarta.

Sumber gambar : google search image

Info : tips berbicara di depan umum, cara berbicara di depan umum, cara memulai berbicara di depan umum, belajar berbicara di depan umum

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestDigg this