Jokowi : Ambalat tidak bisa dikompromikan

Jokowi tegaskan Ambalat tidak bisa dikompromikan

Jokowi tegaskan Ambalat tidak bisa dikompromikanPerairan Ambalat yang merupakan wilayah Indonesia beberapa waktu lalu dimasuki oleh beberapa kapal perang Malaysia. Menteri luar Negeri Retno LP Marsudi diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bersikap tegas ke Malaysia.

Andi Widjajanto (Sekretaris Kabinet) mengatakan, Presiden menegaskan kedaulatan NKRI adalah paling utama, tidak bisa dikompromikan. Untuk itu, Pemerintah Indonesia akan bersikap tegas kepada Pemerintah Malaysia.

“Kedaulatan dijaga, dinomorsatukan, jangan dikompromikan. Jadi bersikap tegas kepada Pemerintah Malaysia soal perbatasan Ambalat,” ujar Andi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (18/6/2015).

Panglima TNI Jenderal Moeldoko sebelumnya juga meminta Menlu Retno untuk melakukan protes diplomatik terkait hal yang sama. Menlu Retno menanggapi akan kirim protes jika terjadi pelanggaran.

Seperti yang diketahui, masalah perbatasan wilayah di Ambalat ini memang menjadi isu panas bagi negara Malaysia dan Indonesia. Walau begitu, Panglima TNI Jendral Moeldoko mengingatkan agar protes dilakukan dengan cara santun.

Semoga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini dapat selalu terjaga. Amin.

Sumber berita : detiknews