10 Tips memperbaiki kualitas dan gaya bicara

tips cara berkomunikasi yang baik

tips cara berkomunikasi yang baikPernahkan Anda mendengarkan suatu materi dari pembicara dan Anda menikmatinya? Pernahkah juga Anda mendengarkan percakapan dan merasa sangat bosan? Anda ingin menjadi pembicara yang hebat?

Berikut ini adalah 10 tips latihan yang bisa membantu Anda merasa powerful dan otentik serta menciptakan persepsi bahwa Anda adalah orang yang punya otoritas dan bisa dipercaya :

  1. Kesamaan Pandangan. Ciptakanlah shared point of view. Menciptakan koneksi sesegera mungkin dengan individu atau sekelompok orang menjadi audience Anda adalah hal yang sangat penting. Anda bisa melakukan ini secara efektif dengan membangun kesamaan pandangan.
  2. Nafas dan koneksi awal. Jangan memulai berbicar sebelum Anda menarik nafas yang dalam dan panjang. Selama proses itu lihatlah ke audience dan carilah sebuah wajah yang ramah, kemudian buatlah koneksi dengannya selama 4 detik. Setelah itu perluas koneksi dengan yanglinnya.
  3. Kata Pembuka. Buatlah kalimat pembuka yang powerful. 30 detik pertama dari bicara Anda adalah saat terpenting untuk keseluruhan bicara Anda. Misalnya : tanyakan sebuah pertanyaan yang filosofis, sajikan fakta yang mengejutkan dan lainnya.
  4. Hiburan. Ceritakanlah sesuatu yang bisa membuat audience merasa ringan, segar dan nyaman. Lakukan ini dengan konteks “SAYA-ANDA-KITA”.
  5. Bahasa Audience. Bicaralah dengan bahasa yang akrab dengan audience. Pahamilah kebiasaan mereka berbicara. Hindari kata-kata yang sulit mereka mengerti.
  6. Kontak Mata. Kontak mata akan menolong Anda dan audience Anda. Khususnya saat Anda menyampaikan sesuatu yang punya dampak emosional. Jangan sampai saat menyampaikan hal yang penting mata Anda malah sedang melihat ke lantau atau ke luar jendela.
  7. Pengalaman Pribadi. Pengalaman dan kisah pribadi Anda dapat digunakan sebagai contoh dan metafora. Carilah kisah sukses hidup Anda, ceritakan bagaimana Anda bisa mencapainya.
  8. Peran Hati. Kuasai pembukaan dan penutupan Anda dengan sepenuh hati. Dua titik ini adalah titik terpenting untuk koneksi Anda dan audience.
  9. Interkativitas. Berilah waktu bagi audience untuk bertanya.
  10. Strategi Penutupan. Rencanakan strategi penutupan Anda. Upayakan agar tidak melewati batas waktu yang dialokasikan.

Sepuluh tips di atas sudah lebih dari cukup bagi Anda untuk merasakan kenyamanan saat berbicara. Semoga tips tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

Sumber artikel : Sukses berbicara dan berkomunikasi di segala situasi, oleh Dra. Sari Yuanita, Terbitan Genius Publisher, Yogyakarta.

Sumber gambar : google search image

Info :  tips berkomunikasi yang baik, cara berkomunikasi yang baik, cara menjadi pembicara yang baik dan bagus, belajar berkomunikasi yang baik, cara sukses berbicara dan berkomunikasi di segala situasi