Cara mudah membuat website

Belajar cara membuat website

Belajar cara membuat website

Pengertian Situs web (website-Bahasa Inggris) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang berisi kumpulan informasi yang disediakan baik itu perorangan, kelompok, atau organisasi. (Sumber:Wikipedia)

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tips bagaimana cara membuat website yang mudah. Mungkin informasi ini sudah banyak yang membahas dan sudah banyak yang tahu, tapi setidaknya saya juga ingin berbagi. Yuk, simak cara membuat websitenya :

  1. Untuk dapat membuat website, maka harus tahu dulu komponen dari membuat website itu sendiri. Sejauh yang saya tahu, komponen website itu adalah mempunyai domain, hosting, dan CMS website. CMS (content management system/sistem manajemen konten(isi)) adalah perangkat lunak untuk memanipulasi atau menambah (mengubah) isi dari suatu situs web. (Sumber:Wikipedia)
  2. Domain adalah nama alamat website itu sendiri (menurut pemahaman sendiri), Hosting adalah tempat server media penyimpanan berbagai files ataupun dokumen dalam website. Jadi secara mudahnya, domain itu alamat website yang kita ketik di browser, hosting adalah tempat penyimpanan semua dokumen yang ditampilkan dalam website, sedangkan CMS adalah sistem operasinya dari website tersebut.
  3. Jadi, cara membuat websitenya adalah membeli domain (misal: www.belidomain.com), lalu beli hosting pada penyedia hosting.
  4. Setelah mempunyai domain dan hosting, sambungkan domain ke hosting agar ketika alamat domain diketik di browser, maka akan menuju tempat hosting kita sendiri. (Baca: Cara menghubungkan domain ke hosting)
  5. Setelah domain sukses terhubung ke hosting, langkah selanjutnya adalah menginstall CMS. Cara menginstal CMS website ini dapat menggunakan fasilitas yang disediakan oleh hosting yang kita beli, misalnya menggunakan autoinstaller, ataupun softaculous. Tinggal memilih dan menginstall CMS yang mau digunakan.
  6. Misal menggunakan CMS wordpress.org, maka tinggal install saja, lalu ikuti petunjuknya yang diberikan. Pada saat install, maka akan disuguhi berbagai kolom formulir. Beberapa diantaranya adalah nama database, nama user untuk login, password log in ke dasboard cpanel, dll.
  7. Setelah semuanya beres, selamat website anda sekarang sudah jadi
  8. Demikian, semoga bermanfaat. Untuk membuat website dari blogspot, bisa dibaca di mengubah blogspot ke domain TLD sendiri, Jangan lewatkan juga baca cara migrasi blogspot ke wordpress selfhosting

Catatan : cara membuat website, belajar membuat website, membuat website dengan wordpress, cara membuat website yang mudah

2 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Ini dia cara membuat website social media | ilmudes

Comments are closed.