Soal Matematika Siswa Singapura gegerkan Dunia

soal-2Bmatematika-2Bsingapura-2Bgegerkan-2Bdunia
Beberapa waktu lalu di negara kita Indonesia, pernah geger gara-gara adanya soal matematika 4×6 dan 6×4. Sekarang gilirannya soal matematika sekolah menengah pertama (SMP) di Singapura yang membuat orang-orang garuk-garuk kepala.
Pembawa acara Hello Singapore (Kenneth Kong) berperan memicu kegegeran itu yang mengunggah soal tersebut ke akun Facebook-nya hari Sabtu tanggal 11 April 2015. Dalam posting-nya, Kenneth Kong mengatakan, “Pertanyaan ini memicu debat dengan istri saya.”
Sebenarnya bagaimana soal matematika Singapura yang bikin geger dunia itu?
Berikut ini soal matematika Singapura dalam bahasa Indonesia.

Albert dan Bernard baru saja berteman dengan Cheryl dan mereka ingin mengetahui hari ulang tahunnya. Cheryl lalu memberikan 10 pilihan, yaitu:

15 Mei, 16 Mei, 19 Mei
17 Juni, 18 Juni
14 Juli, 16 Juli,
14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus

Cheryl kemudian mengatakan kepada Albert dan Bernard secara terpisah tentang tanggal dan bulan ulang tahunnya secara berurutan.

Albert dan Bernard kemudian membuat pernyataan:

Albert     : Saya tidak tahu kapan ulang tahun Cheryl, tetapi saya yakin Bernard tidak mengetahuinya juga.

Bernard    : Awalnya saya tidak tahu ulang tahun Cheryl, tetapi saya sekarang tahu.

Albert    : Berarti saya juga tahu ulang tahun Cheryl.

Jadi, kapan ulang tahun Cheryl?

                               Baca : Pentingnya mencari Backlink berkualitas

Postingan Kong menimbulkan beragam komentar di media sosial, beberapa malah tidak menjawab pertanyaan, tetapi malah agak meledek. Ada yang berkomentar kenapa Cheryl tidak memberitahu saja ulang tahunnya. Ada juga yang berkomentar “Mungkin Cheryl sedang menstruasi”.

Menurut saya pribadi, sebenarnya yang jadi pertanyaan adalah bukah pada kapan ulang tahun Cheryl, tetapi itu merupakan suatu pertanyaan kondisional (conditional). Teorinya adalah

jika A adalah B dan
B adalah C, maka
A adalah C.
Terkait dengan tanggal-tanggal ulang tahun yang disebutkan, itu hanya suatu pengecoh. Itu pendapat pribadi saya.

Berita : soal matematika siswa Singapura gegerkan Dunia, soal matematika SMP Singapura yang gegerkan Dunia

Sumber Artikel : Kompas

42 Comments

  1. Banyak yg jwb 16 juli klo gk slh, nek aku kok 17 agustus ya, haha.. tp gk tau bnr gk.. ini logika mtk, klo di mtk biasanya kerjaannya anak2 diskrit

  2. Itu pakai kemungkinan2 gt
    1. Albert cm tau bln, Bernard cm tau tgl
    2. Albert blg gk tau tgl yg mana dan yakin bhw Bernard jg gk tau, artinya kita eliminasi 18 juni dan 19 mei, knp? Krn tgl 18 dan 19 cm ada satu, sementara tgl lain dobel. Klo tgl 18 atau 19 jwbnnya tentu Bernard akan lgsg tau dan Albert tdk akan seyakin itu mengatakan klo Bernard gk tau.
    3. Bernard blg, awalnya dia tdk tau, tp stlh Albert ngmg yg pertama lalu dia blg tau. Brarti eliminasi 17 juni krn klo jwbnnya itu, tentu sejak awal Albert tau (dgn catatan tgl 18 dan 19 sdh dihapus berdasarkan keyakinan Albert)
    4. Stlh itu, Albert blg tau jwbnnya. Berdasarkan eliminasi 17 juni, 18 juni, dan 19 mei, dan info sebelumnya bhw Bernard jdnya tau, artinya cm tinggal satu tgl yg berbeda dgn yg lainnya yg membuat Bernard tau. Dgn demikian krn Bernard blg klo dia sdh tau, brarti Bernard sdh tdk bingung dgn kemungkinan tgl yg sama, shg Albert bs menebak klo tgl yg berbeda lah jwbnnya yaitu 17 ags.
    Nah, tp itu alur pikirku. Klo bbrp seniorku yg memang bidangnya diskrit, pd jwb 16 juli. Gk tau deh gmn caranya. Aku kan mtk coret, hehe

  3. Kemungkinan awal 15 mei, 16 mei, 19 mei, 17 juni, 18 juni, 14 juli, 16 juli, 14 agustus, 15 agustus, 17 agustus.

    Dari soal kita tahu Bernard awalnya tdk tahu jwbnnya, maka angka beda coret 19 mei, dan 18 juni. hafid ™

    Sisa 15 mei, 16 mei, 17 juni, 14 juli, 16 juli, 14 agustus, 15 agustus, 17 agustus. hafid ™

    Karna bernard yg tahu lebih dulu drpd albert maka bulan yg berbeda coret 17 juni. hafid ™

    Sisa 15 mei, 16 mei, 14 juli, 16 juli, 14 agustus, 15 agustus, 17 agustus. hafid ™

    Dari peluang terakhir ini yg membuat bernard berkata “but i know now” maka sisa peluang tersebut hanya tgl 17 yg berbeda. hafid ™

    Maka jawabannya 17 agustus. Hafid ™

    • betul betul mas, saya saja juga gak paham, masak yang ditanya umurnya berapa? ibarat si A beli sepatu di toko B, yang jadi pertanyaannya adalah siapa nama penjualnya?hehehe

    • itu memang pertanyaan konyol dan tidak perlu di jawab. karena kalau matematika seharusnya ada persoalan berupa petunjuk dan penyelesaian dalam jawaban. walau jalannya berbeda, tapi hasil akhir akan sama.

    • Iya nih, baru mengedit wordpress org, masih belajar blong wordpress ini itu, masih menyesuaikan menu menu dashboard admin wordpress.hehe

Comments are closed.