Pentingnya cari backlink berkualitas

penting-2Bdan-2Bmanfaat-2Bbacklink-2Bbagus-2Bpada-2Bblog-2Bwebsite

Dari judulnya saja sepertinya para pembaca sudah pada tahu apa itu backlink berkualitas untuk website ataupun blog. Saya sendiri malah belum tahu sebenarnya apa kegunaan dari backlink tersebut. Beberapa teman blogger ada yang sudah ahli dan master dalam dunia blogging dan SEO (search engine optimization) yang kadang membahas bagaimana mencari backlink yang bagus untuk meningkatkan SERP atau apalah, saya sendiri juga masih kurang paham. TETAPI…..

Mungkin beberapa hari ini saya baru tahu akibat dari adanya backlink yang buruk pada blog kita. Yuk simak ceritanya….
Baca : Bersaing mencari traffik google
Sebelumnya perlu saya sampaikan baha blog saya ini termasuk baru, karena dilihat dari jumlah posting artikel blog juga baru 48 artikel, benar-benar sedikit bukan? tetapi saya patut bersyukur walaupun artikelnya masih sedikit tetapi peringkat Alexa juga sudah lumayan di kisaran 600an dan ada juga punya google adsense. Dari ke 48 artikel tersebut, saya cek di webmastertool google, hampir semuanya sudah terindex. Saya benar-benar senang sekali ketika semua artikel sudah terindex google, itu berarti kemungkinan bisa muncul dalam pencarian search engine. NAMUN…
Apa yang terjadi? mulai akhir Maret 2015 hingga sampai saat ini, artikel yang terindex webmaster google perlahan-lahan jatuh menjadi tidak terindex lagi. Jadi dari awalnya artikel tersubmit 47, total terindex 46, kemudian artikel tersubmit 48, terindeknya 45, berangsur-angsur hingga artikel ini dibuat, jumlah artikel tersubmit 49 dan terindex 37, TRUS ARTIKEL LAINNYA KEMANA INDEKSNYA?
pentingnya-2Bmencari-2Bbacklink-2Bbagus-2Buntuk-2Bblog-2Bwebsite

Ket : garis biru (artikel tersubmit webmaster)
          garis merah (artikel terindex webmaster)

(Baca : cara menghubungkan domain ke hosting sendiri)

Saya sendiri juga heran kenapa indeks artikel blog berkurang dan menyusut?
Saya cek dan telusuri mungkin penyebabnya adalah adanya backlink tidak berkualitas yang mengarah ke blog kita. Saya lihat di overview, muncul beberapa referring site dan referring url yang aneh dan tidak dikenal. Setelah saya coba KLIK, dan…. dan…. dan….. munculah website berantakan, aburadul, dan negatif.
Berikut ini tampilannya, maaf ya saya sensor.hehe
pentingnya-2Bcari-2Bbacklink-2Bbagus-2Bagar-2Bindeks-2Bartikel-2Bblog-2Bcepat
Nah, begitulah ceritanya, kan sayang sekali kalau sudah membuat beberapa artikel blog (bahkan artikel blog yang menarik dan banyak), eh, tidak terindeks google webmaster, ya kecewa dong.
Jadi kesimpulan dari artikel ini adalah pentingnya mencari backlink bagus dan berkualitas untuk mengembangkan dan memajukan blog/website. Kalau mau mencantumkan link ke arah abal-abal, perlu untuk memakai rel nofollow. Untuk solusi dari artikel saya yang pada hilang dari indeks, saya berdoa saja semoga bisa kembali ke semula, semoga malah menjadi lebih baik. Akibat dari adanya backlink2 tersebut, beberapa kode iklan google adsense juga saya matikan sementara, buat jaga-jaga biar tidak kena banned.
Info : akibat buruk backlink tidak berkualitas untuk website blog, pentingnya mencari backlink berkualitas, pengaruh backlink pada indeks artikel di webmaster google, mengoptimalkan index (indeks) artikel blog di webmaster google dengan backlink yang bagus