Migrasi blogspot ke wordpress self hosting

cara memindahkan migrasi blogspot ke wordpress selfhosting
cara memindahkan migrasi blogspot ke wordpress selfhosting
cara memindahkan migrasi blogspot ke wordpress selfhosting
cara migrasi blogspot ke wordpress selfhosting

Beberapa hari atau minggu ini blog ilmudes.com jarang sekali update artikel post blog. Hal itu karena saya sendiri sedang mencoba belajar membuat wordpress self hosting. Pertama kali saya mencoba memakai hosting gratis di idhostinger dan ternyata bisa, tidak sesulit yang saya bayangkan sebelumnya. Saya pun mencoba memindahkan domain lama saya yang sudah gak keurus (justdoitfriend.com) dari blogspot ke wordpress.org dan ternyata juga bisa. Kemudian beberapa waktu berjalan, ternyata blog saya susah sekali diakses, blog istri saya juga susah diakses. Apakah karena hosting gratisan sehingga web blog jadi susah dibuka? saya sendiri juga tidak tahu.

Kemudian saya coba membeli hosting di niagahoster untuk memindahkan blog di blogspot ilmudes.com saya ke wordpress self hosting. Ternyata juga bisa walaupun tampi cPanelnya berbeda. Hari-hari berjalan dan alhamdulillah semuanya lancar. Paket hosting yang saya beli yaitu yang unlimited space dan unlimited bandwith. (meskipun akhir-akhir ini susah dibuka Niagahoster.co.id). Alhamdulillah semuanya lancar.

Berikut ini cara langkah memindahkan dan migrasi dari blogspot ke wordprss selfhoting yang saya lakukan :

1. Beli domain apabila belum punya domain sendiri.

2. Beli hosting dimana saja yang diinginkan. Atau kalau mau gratis juga ada, bisa searching di google. Tetapi pengalaman saya, hosting gratis kadang sering time out/occur………..dlsb.

3. Setelah hosting aktif, ubah nameserver domain TLD ke nameserver hosting kita. Biasanya butuh 24 jam agar kita bisa mengistall wordpress.org dan domain kita bisa diaksess.

                                         Baca : Cara menghubungkan domain ke hosting sendiri

4. Kalau sudah aktif, baru diinstall wordpress. Cara install wordpress dapat menggunakan softaculous.

5. Setelah wordpress terinstall, kemudian saya memasang/install plugins blogspot importer kemudian aktifkan pluginsnya.

6. Setelah terinstal, lakukan import blog melalui menu tools import pada dashboar wordpress dan ikuti langkahnya dari blogmana yang mau diimport. Tunggu sampai selesai.

7. Setelah import blog dari blogspot ke wordpress berhasil, maka pada dasarnya sudah selesai membuat blognya di wordpress.

8. Agar url yang terindex di mesin pencari tidak ada masalah, maka kita juga harus melakukan setting url web di wordpress agar sama persis ketika blog berada di blogspot.

9. Jika ketika di blogspot, alamat posting url adalah http://www.ilmudes.com/2015/02/judul post.html, maka di wordpress selfhosting juga harus diubah alamat standarnya menjadi seperti itu. Maka langkahnya adalah mengubah permalinks custom structure http://www.ilmudes.com/%year%/%monthnum%/%postname%.html. Perlu diperhatikan juga bahwa kita perlu mengubah alamat website standar sebelumnya memakai www atau tidak memakai www. Apabila semula pakai www, maka kalau gak salah standar di wordpress selfhosting adalah tanpa www, jadi agar bisa memakai www pada wordpress selfhoting, tinggal buka dashboar, buka halaman setting dan general, kemudian ubah alamat websitenya pakai www.

                                Baca : Cara optimasi blog yang simple dan mudah (blogspot)

10. Selamat, blog anda sekarang sudah berada di wordpress selfhosting. Oiya, agar tidak dobel artikel antara blogspot dan wordpress, maka sebaiknya setting di blog lama blogspot diubah agar tidak keindex (don’t allow search engine…..dlsb).

11. Demikian, semoga bermanfaat 😀

Sumber gambar : google search

Langkah : cara migrasi blog dari blogspot ke wordpress self hosting, cara memindahkan blogspot ke wordpress, belajar membuat website dengan wordpress, membuat web wordpress selfhosted