Wisata Taman Hutan Rakyat Bandung

151345_tamanjuanda1
Halo sahabat semuanya, ketemu lagi dengan ilmudes.com. Setelah beberapa artikel blog tidak diisi dengan cerita jalan-jalan, travelling dan wisata, kini saatnya kembali ke Label Travelling.hehe.
Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang tempat wisata di Bandung, tepatnya adalah Wisata Taman Hutan Rakyat (tahura) Ir. H. Djuanda Bandung. Heemmm, tidak sabar pengen tahu ceritanya….? yuk disimak dan dibolak balik artikelnya 🙂
Taman Hutan Rakyat Ir. H. Djuanda Bandung merupakan kawasan konservasi terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman di Bandung dengan luas mencapai 590ha. Wilayahnya membentang dari Dago Pakar sampai Maribaya. Lokasi TAHURA ini tepatnya berada di Kp. Pakar, Ds. Ciburial, Kec. Cimenyan dengan ketinggian antara 770 sd. 1330 mdpl. Di dalamnya terdapat berbagai jenis tanaman dengan jumlah sekitar 2500 jenis, dan terdiri dari 40 famili dan 112 spesies (species). (Sumber)
Apa saja yang bisa dinikmati di dalam Taman Hutan Rakyat di Bandung ini?
Ada beberapa tempat rekreasi yang dapat dikunjungi dan dinikmati di Taman Hutan Rakyat Bandung ini di antaranya yaitu :
1. Curug Dago dan batu prasasti Kerajaan Thailand
2. Panggung terbuka
3. Kolam PLTA Bengkok
4. Monumen Ir. H. Djuanda dan pusat informasi (museum mini)
5. Taman bermain
6. Goa Jepang
7. Goa Belanda
8. Curug Lalay
9. Curuk Omas Maribaya
10. Panorama Alam Hutan Raya
11. Jogging track ke Maribaya
12. Patahan Lembang
Liburan ke Bandung ini sebenarnya tidak terencakan secara matang. Hal itu karena seingat saya, saya ke Bandung untuk menemani istri saya yang sedang ngurus keperluan di Kampus Institut Teknologi Bandung. Saya tidak tahu mengurus apa, tapi saya menyusul dari Salatiga ke Bandung dengan naik bus. Nah ternyata, banyak waktu luang saat itu, dan terpikirlah untuk jalan-jalan bersama istri. Kemudian istri saya pinjam motor temannya yang juga sedang di kost Bandung, namanya Sulis. Alhamdulillah ada motor yang lowong (bukan  jomblo lho). Perjalanan dimulai…..
Perjalanan ke TAHURA ini sebenarnya cukup singkat menurut saya, karena jarak Taman Hutan Rakyat dari pusat Kota Bandung sekitar 7 km. Tanpa menunggu lama, kami pun kemudian mengendarai motor menuju ke TAHURA. Sepanjang perjalan, ya dinikmati saja, tengok kanan dan tengok kiri, siapa tahu ada pemandangan menarik, dan ternyata memang benar. Saat perjalanan ke sana, ternyata kami melewati semacam taman hijau di kota. Suasananya begitu sunyi dan tenang dengan tanaman bunga-bunga dan rumput hijau. Saya sendiri tidak tahu namanya, tapi kemudian kami sempatkan untuk menikmati pemandangan ini dulu. Taman ini sepertinya memang dipersiapkan untuk olahraga pagi bagi penduduk sekitar, hal ini terlihat karena memang tertata rapi dan ada tempat jogging track. Saya bersama istri malah cuma main-main dan berfoto ria 🙂
taman-2Bhijau-2Bbandung
taman-2Bkota
Setelah cukup menikmati keindahan taman kota kecil dan menarik ini, kemudian perjalanan dilajutan ke TKP utama, dot dot dot dot dot, akhirnya sampai juga di Taman Hutan Rakyatnya.
Untuk dapat masuk TAHURA pengunjung harus membeli tiket masuk dulu, setelah punya tiket, barulah dapat masuk lokasi wisata. Pertama kali masuk, saya merasa biasa, tapi ketika agak masuk lagi, pemandangannya luar biasa. Banyak sekali pohon-pohon, tempatnya bersih dan waktu itu pagi hari masih ada kabut yang disinari matahari, hahh, menimbulkan efek pemandangan yang indah sekali. Kesempatan ini tidak kami sia-siakan begitu saja. Layaknya pasangan suami istri baru, kamipun mulai ambil foto-foto bersama. Foto-foto ini anggap saja foto pasca wedding (bukan foto prewedding lho ya.hehe), lumayan buat menyegarkan pikiran dan fotonya buat kenang-kenangan.
wisata-2Bke-2Btahura-2Bbandung
(fotonya di sini satu aja ya, kalau banyak-banyak, nanti malah kurang bagus :D)
Ketika masuk lebih dalam lagi, di taman ini ada petunjuk kalau mau menuju wisata-wisata di dalam TAHURA Bandung. Ada petunjuk ke Goa Jepang, ke Goa Belanda dan lain-lain. Tapi istri saya takut karena masih sepi sekali pagi itu (sebenarnya saya juga takut lho.hehehe. Gimana gak takut, lha pengunjung lain belum pada kelihatan). Trus ditambah lagi, didalamnya ada anjing juga, istri saya jadi tambah takut, ya sudahlah, jadinya ya sekedar jalan-jalan saja, menikmati pemandangan dan udara segar di Taman Hutan Rakyat.
liburan-2Bke-2Btaman-2Bhutan-2Brakyat-2Bbandung
Gimana kawan-kawan, ada yang mau coba? Ayo yang mau, TAHURA ini bisa menjadi salah satu tempat alternatif wisata warga kota Bandung dari kepenatan dan kebisingan sehari-hari lho, pun demikian untuk warga lainnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Sumber Foto Utama

Info wisata : wisata Bandung, Taman Hutan Rakyat Bandung, Taman Hutan Ir. H. Djuanda Bandung
TAHURA Bandung, wisata hutan di Bandung, wisata menarik di Bandung, objek wisata Bandung

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestDigg this