Cara mengurus kartu kredit baru

cara-2Bmendaftar-2Bmendapatkan-2Bkartu-2Bkredit-2Bbaru-2Bgratis
Kartu kredit?
Apa itu kartu kredit? Kartu kredit adalah merupakan alat transaksi dengan sitem kredit dimana penerbit kartu kredit meminjamkan uang kepada konsumen (pengguna kartu kredit) dan tidak mengambil uang dari rekening. Jadi secara gampangnya, kartu kredit itu adalah kita beli barang/jasa, dan dibayari (diutangi) dulu oleh penyedia kartu kredit, sedangkan utang itu dapat kita bayar dikemudian hari baik itu dibayar secara cicilan ataupun dibayar langsung full (lunas). Cara membayar tagihan kartu kredit itu ialah dengan melalui ATM (Automatic Teller Machine) dengan memasukkan nomor kartu kredit, kemudian dibayarkan sejumlah uang untuk membayar tagihannya. Cara pembayaran kartu kredit ada juga yang memakai sistem Autodebet, yaitu bank akan mendebet otomatis sejumlah uang dari tabungan pada tiap bulannya untuk membayar tagihan kartu kredit (apabila ada).
Beberapa waktu lalu saya juga mengurus/mendaftar untuk mendapatkan kartu kredit baru Bank BRI. Tujuan saya mendaftar kartu kredit ialah untuk jaga-jaga apabila ada suatu kebutuhan/pembayaran yang tidak bisa ditangani secara biasa. Contohnya adalah pembelian online di ebay, pembelian tiket pesawat, pembelian domain, pembelian hosting, dan berbagaimacan transaksi online lainnya baik nasional maupun internasional. (Baca : cara menghubungkan domain ke hosting)
Untuk membeli tiket pesawat, sebenarnya bisa juga dengan memesan tiket di agen, tapi kadang saya pengen yang ringkas dan cepat serta dikelola sendiri, makanya saya mengurus kartu kredit baru.
Nah, berikut ini cara, syarat dan langkah untuk mendapatkan kartu kredit baru gratis yang saya lakukan :
1. Hubungi bank dimana kita ingin membuat kartu kredit. Setelah datang ke bank, maka akan diberikan formulir untuk mendapatkan kartu kredit baru beserta syarat-syarat untuk membuat kartu kredit.
2. Minta surat keterangan penghasilan dari instansi tempat kita bekerja (apabila sebagai karyawan/pegawai), bila sebagai wiraswasta, tinggal menghubungi pihak bank syarat tambahan yang diperlukan.
3. Fotocopy buku tabungan, fotocopy KTP dan fotocopy NPWP (nomor pokok wajib pajak). (Baca : Cara lapor SPT Pajak online)
4. Mengisi formulir dengan benar, jelas dan lengkap. Biasanya diminta data keluarga yang bisa dihubungi yang tidak tinggal satu rumah beserta nomor telepon/hp. Ini digunakan untuk konfirmasi oleh petugas bank untuk proses pembuatan kartu kredit.
5. Serahkan formulir pendaftaran kartu kredit baru ke petugas bank.
6. Setelah semua berkas diserahkan, kemudian tingalkan saja, biasanya proses pendaftaran kartu kredit baru membutuhkan waktu sekitar 1 sd. 3 bulan hingga jadi.
7. Tunggu saja sampai ada konfirmasi (entah kapan akan ditelpon) dan tunggu saja dikirimi kartu kredit apabila permohonan disetujui.
8. Demikian tipsnya, semoga bermanfaat.
Info : syarat mendaftar kartu kredit baru, cara mendaftar kartu kredit, cara mengurus kartu kredit baru, langkah mengurus kartu kredit baru, mendaftar kartu kredit baru yang mudah

29 Comments

    • katanya sih begitu mas, tapi tergantung penggunaan, kalau dipakai dengan bijak, insyaallah gak apa apa. yang saya takutkan ketika memakai kartu kredit adalah peretasan/pencurian nomor kartu kredit dan nomor pengaman di belakangnya, karena dengan mengetahui nomor tersebut, siapa saja bisa transaksi online. Semog tetap aman menggunakan kartu kredit.

    • wah, mengerikan, masak anak sma membobol kartu kredit? mungkin itu karena penasaran ingin tahu cara membobol kartu kredit, makanya jadi coba2. Semoga pengguna kartu kredit tetap terjaga keamanan dan kerahasiaannya.

  1. maksimal saldo berapa ya Mas.. hihi
    gak punya card kredit.. takut nda bisa bayar..

    pernah ditawari langsung ..tp..nolak..soalnya..saya minta juga supaya mbak yg nelpon.. kirimin nomor hapenya..hehehe

    • waduh, kurang tahu minimal punya saldo berapa agar boleh punya kartu kredit. Kalau gak salah kartu kredit diberikan sesuai kemampuan dari nasabahnya, pagu/batas penggunaan kartu kreditnya beda2, mungkin yang penghasilannya 2jt, maka maksimal menggunakan kartu kredit tiap bulannya juga sekitar 2 jutaan.
      wah, kalau itu ada udang di balik batu kayaknya.hehe

    • semoga bermanfaat mas, kalau belum ada kepentingan, saya juga mending gak pakai kartu kredit, tapi berhubung ada beberapa hal/jual beli yang hanya bisa dengan kartu kredit, saya jadi buat kartu kredit dan pilih bank biru yang kartanya gratis biaya tahunan/bulanan.hehe

  2. ane kepengen juga gan punya kartu kredit, tapi masalah nya ane belum bekerja, dan belum punya wajib pajak, dan ane juga belum nikah, dll susah gan 😀 padahal penting banget sebenarnya kartu kredit ini untuk belanja online yak 🙂

    • wah, masak sih blm punya credit card? lah trus beli domain sama hostingnya gimana mas?
      Oiya, bisa juga ya pakai virtual credit card (VCC), jadi bisa jual beli online internasional tanpa memiliki kartu kredit.hehe

  3. Pengin sih punya kartu kredit buat urusan blogging.Soalnya kalau bloggingnya ingin go internasional wajib pakai ini.Sayangnya cuma wiraswasta denger denger rada susah

  4. Pingin sih Mas bikin CC, tapi belum punya penghasilan jadi belum punya NPWP, hehe. Kemarin juga beli sesuatu dari luar negeri akhirnya pinjem CC temen 🙂

1 Trackback / Pingback

  1. Cara membuat akun Paypal | ilmudes

Comments are closed.