Cara membuat file Animasi Flash mirip Playground KASKUS

peta-2Bilmudes-playground-2Bkaskus-2Bala-2Bblog-2Bilmudes
Halo kawan dan sahabat semua, apa kabar? Semoga semuanya baik-baik saja dan dalam keadaan sehat wal afiat. Kali ini saya akan mencoba menuliskan tips cara membuat file animasi flash sendiri mirip punyanya KASKUS ataupun PETA ILMUDES. Saya ucapkan terima kasih banyak atas attention dan perhatian dari teman-teman semua hingga ada yang menanyakan bagaimana cara membuat animasinya.
Untuk dapat membuat animasi sendiri seperti yang akan saya tuliskan pada artikel blog ini, maka siapkan software programnya dulu, yaitu saya menggunakan aplikasi Macromedia Flash MX 2004. Kalau sudah terinstall program pembuat animasinya, yuk sekarang simak cara membuat animasinya (siapkan dulu camilan, kopi, susu, dan teman-temannya, karena akan saya tuliskan dari awal membuat hingga jadi file, kemudian upload dan memasangnya di blog; lebay mode : on; tipsnya pendek kok.hehe) :
1. Pada dasarnya membuat animasi adalah sama halnya dengan dasar ilmu desain/program desain, bedanya adalah pada program pembuat animasi flash, gambar desainnya dapat diatur untuk berubah dan bergerak sesuai dengan keinginan pembuatnya, jadi bagi yang sudah bisa dasar cara mendesain seperti dengan program CorelDraw atau yang lainnya, maka akan lebih mudah untuk memahaminya (ini pemahaman menurut saya saja, jangan jadikan referensi karya ilmiah ya.hehehe).
2. Buka program Macromedia Flash MX 2004, maka akan terbuka tampilan awal Macromedia, kemudian pilih New Flash Document, maka akan terbuka tampilan seperti ini. Didalamnya ada menu Timeline, Layer beserta framenya, action object, help dan properties. Yang kita gunakan nanti adalah layer, action-object (tempat meletakkan perintah script flash) trus sudah, itu dulu aja.
3. Langkah berikutnya adalah tinggal menggambar desain sesuai selera sendiri, mau gambar kotak, gambar desain tak beraturan, pokoknya bebas. Contoh berikut ini.
03-2Btutorial-2Bbelajar-2Bdasar-2Bflash-ilmudes
4. Setelah semua desain gambar peta ataupun objek selesai dan dikasih nama, maka langkah selanjutnya adalah mengconvert desain ke bentuk symbol. Caranya adalah seleksi gambar (pulau, atau sesuai selera) yang sudah dibuat dengan selection tool, lalu klik kanan, trus pilih convert to symbol. Lakukan hal yang sama pada semua gambar desain (pulaunya).
02-2Bdasar-2Bmembuat-2Bfile-2Bflash-ilmudescom
5. Setelah semua selesai diconvert, maka pada dasarnya gambar tersebut sudah berubah menjadi symbol/tombol yang bisa diklik. Nah agar ketika diklik file flashnya bisa menuju alamat sesuai tujuan yang dimaksud (contoh untuk menuju suatu alamat blog), maka pelu menuliskan code scriptnya. Caranya adalah, klik/pilih gambar/desain yang dimaksud, lalu lihat di tab action-object. Lalu tuliskan script berikut ini pad kolom yang tersedia.
on(release){getURL(“http://www.ilmudes.com/search/label/travelling“);}
Bagian yang berwarna merah, ganti dengan alamat blog anda, atau alamat yang mau dituju menurut anda. Lakukan langkah nomor 5 ini untuk semua gambar desain (pulau) dan sesuaikan alamat yang tujuan klik yang mau dituju. Maka pada dasarnya desain file flash sudah jadi, tinggal membuat file jadinya dan mengupload. Lihat gambar berikut.
04-2Bmembuat-2Banimasi-2Bflash-2Bsendiri-2Bdengan-2Bmacromedia-2Bflas-2Bmx-ilmudescom
6. Untuk membuat file flash hinga jadi utuh, maka langkahnya tinggal pilih Menu, lalu Export, Media. Lalu kasih nama file yang diinginkan. Jadi deh file flashnya. Gampang kan 🙂
01-2Bbelajar-2Bdasar-2Banimasi-2Bflash-ilmudescom
Untuk mencobanya, anda buka file animasi flash buatan anda sendiri, lalu klik gambar desain yang tampil, maka akan terbuka browser yang menuju alamat tertentu yang sudah kita tulis dalam pembuatannya.
7. Udah selesai ya cara membuat file animasi sederhananya.
Nah untuk dapat dipasang di blog ataupun web, maka file flash harus diupload ke hosting yang bisa untuk menaruh/meletakkan file flash yang kita buat. Setelah browsing kesana kemari dan susah ketemunya, akhirnya saya menemukan tempat hosting file flash yang benar-benar work dan saya gunakan di blog ini.
Nama hosting file flashnya adalah XIMG.US
Maap ya, sumber blognya saya menemukan hosting sudah lupa, tapi kayaknya saya sudah meninggalkan komentar di sana.
Berikut ini cara upload dan memasang file flash di blog ataupun web sendiri :
1. Buka web hosting untuk flash di XIMG.US 
2. Upload file animasi flash yang sudah dibuat, setelah upload selesai, akan dapat link akses file flash.
3. Untuk memasang file flash di blog, gunakan code html/script berikut ini.
script-2Bhtml-2Buntuk-2Bmemasang-2Bfile-2Banimasi-2Bflash-2Bdi-2Bblog
(maap ya codenya dalam bentuk gambar, untuk mengindari duplikasi :D, kalau ada yang tanya, nanti saya postkan di kolom komentar blog)
Ganti yang berwarna merah dengan file flash yang sudah diupload tadi, kemudian pasang diblog anda. Untuk memasangnya tinggal pakai widget script/html, atau bisa juga dipasang di artikel posting blog lalu disimpan.
4. Buka blog anda dan lihat hasilnya, taraa a a a a aaaaaaa, sekarang blog sudah punya peta animasi flash sendiri di blog. Coba klik klik pada peta yang sudah dibuat dan lihat apa yang terjadi.
5. Sekian tips membuat dan memasang file animasi flash buatan sendiri ke blog/web. Semoga bermanfaat.
Cara : cara membuat file animasi flash sederhana, 
membuat file flash dengan macromedia flash mx,
Cara memasang file flash di blog/web, hosting untuk file flash, 
cara memasang animasi di blog, cara membuat animasi sederhana, 
memasang file animasi flash di web blog

50 Comments

  1. oh ternyata itu toh cara membuatnya, ternyata pake macromedia flash…kebetulan saya juga baru belajar sama kawan menggunakan aplikasi tersebut. makasih kang ya ilmunya. salam sahabat blogger.

    • iya mas, cara buat animasinya pakai macromedia flash mx, punya saya pakainya pakai yang 2004, karena menyesuaikan dengan spek komputernya. salam blogger juga mas 🙂

    • iya mas, lumayan mudah untuk buat file flash kecil-kecilan, ini dasarnya mirip dengan coreldraw, cuma ada menu untuk ditulikan scriptnya, trus ada time line juga.

    • ah, gak juga kok mas, ini cuma bisa-bisaan pakai program macromedia. Kayaknya dulu ada blogger yang komentar “kalau ada kemauan, siapapun bisa…..”, jadi intinya sih, saya juga coba-coba, ketika bingung, eh malah bisa untuk buat file sesuai pemahaman sendiri. kalau yang besar-besar, saya belum bisa.hehe

  2. keren menggunakan aplikasi pihak ke tiga untuk membuat file animation, namun penggunaan flash secara langsung pada HTML akan sangat berpengaruh terhadap script support yang ada didalam template, terlebih jika kita menggunakan tag embed.

    • terima kasih banyak mbk Devy, saya memang harus kasih 2 jempol buat mbk Devy, karena paham dengan ilmu script html dll, sehingga saya malah gak paham, alias gagal paham dengan komentar mbk Devy, maklum saya baru belajar ini itu, termasuk dari Mbk Devy 🙂
      Kalau kata mbh Dinan, file flas itu gak bisa kebaca oleh mesin pencari google, file flash dianggap seperti robot/monster hitam di blog. Tapi menurut saya tampilan animasinya bisa bagus sih, jd tetep saya pakai, tapi cuma di posting saja, sudah saya pindah di menu atas “PlayMap” 🙂

    • terima kasih mas, waduh, kalau pakai aplikasi program atau software lain untuk buat animasi flash, saya belum tahu mas, mungkin kalau online2 malah ada. salam kenal ya mas.

    • kemungkinan nanti di hp animasinya gak kelihatan mas, karena minta file support berupa flash player, tp itu bisa didownload pas hp dibuka, saya sudah coba di hp, dan ternyata juga bisa, cuma tampilannya kecil bgt.

    • hehe iya mas, ini juga buat berbagi tips cara buat animasi flash yang sederhana, karena kalau yang profesional, saya belum bisa, saya cuma bisa kulitnya saja.hehe

    • betul mas untuk dapat membuat file animasi flash saya menggunakan program khusus yaitu macromedia flash mx. Flash dengan gif itu menurut saya sangat berbeda, kalau flas gambar bisa bergerak dan bisa diberi action, kalau gif, setahu saya cuma gambar bergerak saja dan gak bisa diberi script. Pakai program ini juga bisa dieksport filenya jadi gif, tapi saya belum pernah coba mas.

  3. Wah Tutornya langsung dibuatin beneran… Untuk menghidupkan animasi bergeraknya seperti burung berterbangan atau seperti iklan yang berformat swf, susah buatnya gak mas. Apa perlu coding tambahan…

    • kalau untuk membuat animasi gambar bergerak, setahu saya tinggal dibuat gambarnya di frame 1, kemudian klik di frame 3, gambarnya kita ubah, frame 3 dst. Frame itu sepamahaman saya mirip dengan detik, jadi detik pertama mau seperti apa, detik ke 2 mau seperti apa dalam membuat animasi. Jadi itu saja ketika disave, gamar akan bergerak dengan sendirinya secara berulang ulang (tidak perlu script khusus), scrip digunakan untuk menjalankan perintah pengguna, jadi misal biar gambar berhenti, maka dikasih script stop ();, untuk mainkan animasi script play();

    • kemungkinan besar semakin berat mas file animasinya, tapi itu peta punya saya sangat kecil, sekitar 5 kb aja, rata-rata filenya kecil kok mas.

  4. Klu macromedia sama adobe flash itu lebih mudah yg mana mas? Soalnya saya mau belajar tntang flash. Ow iya mas klu dibuat aplikasi android bisa gk mas?

    • mungkin pada dasarnya sama ya mas, cuma ada kemungkinan rumus scriptnya beda karena programnya beda. wah kalau buat aplikasi android, saya belum bisa mas, tapi file animasi flash yang kita buat bisa dibuka di hp android.hehe

  5. waaw keren gan animasi flashnya,,,
    saya kurang mahir membuatnya tapi bisalah sedikit2 masih tahap pelajaran.

    —-

    blognya sudah saya follow 😀 jngan lupa
    mampir-mampir yaa mas kunjungan mas sangat saya tunggu

    • kayakny pada dasarnya sama mas, cuma berhubung saya pakainya macromedia, ya menurut saya mudah.hehe. (belum pernah coba pakai adobe flash)

  6. Wah, perlu belajar disini lagi mas untuk menggunakan aplikasi Makromedia Flash. Ini mungkin dapat dipergunakan untuk membuat file animasi pemeblajaran fisika. Terima kasih sharingnya, mas…

    • Bisa mas, kalau dipelajari atau dicoba cara membuat animasi flashnya, nanti bisa membuat gerak parabola, dll, ayo silahkan dicoba mas.hehe

Comments are closed.