Trip ke Pantai Klayar Pacitan, jalan-jalan luar biasa

pantai-2Bklayar-2Bpacita-ilmudes
Suasana pagi hari begitu cerah berawan, awan pun tersenyum indah dengan langit birunya. Sungguh suana yang sangat nyaman dan tenteram di pagi itu. Pantai Klayar merupakan pantai dengan pasir putih dan batu karang serta tebing-tebing batu yang mengelilingi. Pantai Klayar terletak di Pacitan, Jawa Timur berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah, tepatnya berada di desa Kalak, Kec. Doonorojo, Kab. Pacitan dengan jarak sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan. Pantai ini segaris dengan Pantai Teleng Ria yang sudah dikelola lebih dulu. (sumber)
Cerita perjalanan wisata ke Pantai Klayar ini saya tempuh bersama teman saya bernama Dodi (bukan Dodit Mulyanto lho ya.hehe) yang asli orang Pacitan. Perjalanan seperti biasa dimulai dari Salatiga. Kami berangkat dari Salatiga sekitar pukul 21.00 malam hari dengan mengendarai sepeda motor. Jalur menuju Pacitan ini adalah Salatiga, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri kemudian Pacitan. Perjalanan malam hari begitu sepi dan senyap dengan pohon-pohon besar di kiri dan kanan, kalau tidak salah masih berupa alas mirip hutan. Alhamdulillah akhirnya sampai Pacitan sekitar pukul 00.00 dini hari. Kemudian tidur di rumah teman saya yang terbangun dari kayu jati di sekelilingnya. Terima kasih banyak atas jamuan dan tumpangan menginapnya, pokoknya terima kasih yang sebesar-besarnya.
Pagi harinya, perjalanan langsung dilanjutkan menuju pantai Klayar. Jarak yang ditempuh lumayan jauh dari rumah teman saya dan butuh waktu sekitar 30 menitan. Akhirnya dari kejauhan sudah sedikit terlihat pantainya dengan suara gemuruh ombak yang menerpa tebing pantai.
Akhirnya sampailah kami ke Pantai Klayar yang indah dan mempesona. Airnya jernih, pantainya bersih, pasirnya bagus dan pemandangannya yang cantik luar biasa.
indahnya-2Bpantai-2Bklayar
pantai-2Bklayar-2Bpacitan
Pada saat itu pengunjungnya masih lumayan sepi sehingga saya dan teman saya dapat menikmati keindahan Pantai Klayar ini dari ujung-ke ujung. Pantai Klayar ini menurut keterangan dari teman saya, masih agak jarang pengunjungnya karena lokasinya agak tersembunyi dan belum begitu terkenal seperti halnya Pantai Teleng Ria Pacitan. Padahal menurut teman saya, pantai ini jauh lebih bagus dan indah pemandangannya karena masih bersih dan tidak banyak sampah.
jalan-jalan-2Bke-2Bpantai-2Bklayar-2Bpacitan-2B-2-
wisata-2Bpantai-2Bklayar-2Bpacitan
Oiya di Pantai Klayar ini ada spot yang sesuatu dan unik (dengan logat Artis Syahrini), namanya Seruling Samudera/ Seruling Laut, yaitu lubang di batu karang dimana bagian bawahnya berongga seperti goa dan terhubung dengan air laut. Ketika air laut menerjang dinding karang daratan, maka air akan keluar melalui lobang tersebut dan menimbulkan bunyi semburan air, “woossssssssshhhhhhhhh”.
Lokasi Seruling Samudera/Laut ini kalau lihat pada foto di atas, ada di belakang dinding karang yang menjulang itu, jadi untuk mencapainya perlu jalan kaki melewati batu karang (serem).
seruling-2Bsamudera-2Bpantai-2Bklayar-2Bpacitan
Pantai Klayar ini kalau dilihat dari atas terlihat sangat bagus dan menawan dengan hamparan pasir putih ditemani air laut yang jernih kebiruan. Saya bersama teman pun tidak mau melewatkan pemandangan luar tersebut. Subhanallah…
wisata pantai klayar

Sekian ya  cerita travelling liburan kali ini, semoga bermanfaat 🙂
Tunggu cerita jalan-jalan berikutnya di ilmudes.com

Jalan-jalan : travelling, wisata pacitan, wisata pantai pacitan, wisata pantai klayar, jalan-jalan ke pantai klayar, indahnya pantai klayar, pantai klayar pacitan jawa timur

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestDigg this