Peta ilmudes, playground mirip kaskus

cara-2Bmembuat-2Bfile-2Baplikasi-2Bprogram-2Bflash-2Bmacromedia-ilmudes
Halo selamat siang kawan dan sahabat semua. Pada hari ini blog ilmudes.com meluncurkan sebuah tampilan baru dengan nama Peta Ilmudes. Awal mula saya membuat tampilan peta blog ini terinspirasi dari forum yang populer di Indonesia yaitu KASKUS. Bagi teman-teman yang sering membuka halaman KASKUS, kemungkinan besar pernah membuka halaman PLAYGROUND karena ada notifikasi khusus yang menarik perhatian pengunjung. PLAYGROUND KASKUS memberikan suatu tampilan web yang menurut saya unik karena kita dapat melihat semacam taman, dan taman itu adalah tamannya KASKUS. Maka dari itu saya mencoba membuat playground versi web blog ilmudes kreasi sendiri dan sederhana. Kalau KASKUS mempunyai PLAYGROUND, maka ILMUDES memiliki PETAnya.hehe

Peta tersebut pada dasarnya menggunakan aplikasi flash sederhana yang kemudian diupload dan dipasang pada blog. Untuk dapat membuat file aplikasi flash dapat menggunakan program bernama Macromedia (flash) MX. Proses membuatnya relatif mudah karena tampilan aplikasi Macromedia hampir mirip dengan aplikasi desain pada umumnya seperti corel draw. Perbedaannya adalah pada software ini, tersedia beberapa layer dan frame (key frame) yang bisa digunakan membuat animasi gambar ataupun game bergerak. Inti dari pembuatan playground versi ilmudes ini adalah menggambar desain peta (sembarang), kemudian diconvert menjadi simbol (symbol), kemudian simbol tersebut diberikan bahasa program semacam script yang mengikuti suatu perintah pengguna. Agar file ini dapat tampil di web browser (opera, mozila, dan lainya) maka komputer/gadget harus terinstall dulu program adobe flash (player) dan rata-rata sekarang ini sudah banyak yang punya dan terinstall.
Mau tahu cara membuatnya? semoga di lain kesempatan dapat saya tuliskan tips tutorial cara membuat file animasi flash sederhananya.
Ayo dicoba klik-klik pada petanya dan lihat apa yang terjadi pada blog.
Semoga bermanfaat.
NB : Maaf, karena blog saya telah berpindah dari blogger ke wordpress, kemungkinan aplikasi flashnya tidak bisa jalan dan tidak bisa berfungsi.

Info : playground versi ilmudes, playgroundnya ala blog ilmudes,
membuat file animasi flash sederhana untuk blog, mempercantik blog,
membuat blog menarik untuk menarik pengunjung