Menikmati Trekking di Pulau Sempu Malang

sempu6
Pulau Sempu merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Malang. Di dalamnya terdapat obyek menarik berupa laguna segara anakan, yaitu sebuah pantai yang berada di dalam pulau dengan pasir putih dan dibatasi oleh batu karang. Jadi seperti pantai kecil yang terkurung hutan, bukit dan batu karang.
Kawasan wisata Pulau Sempu ini didominasi oleh pohon tropis dengan luas sekitar 877ha dan merupakan cagar alam yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSAD) dan Kementerian Kehutanan Indonesia. Wisata Pulau Sempu ini secara administratif merupakan bagian dari Desa Tambak Rejo Desa, Kec. Sumbermanjing Wetan. (sumber)
Berwisata di Pulau Sempu ini akan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pengunjungnya. Kenapa? karena untuk menuju lokasinya dibutuhkan perjuangan mulai dari menyeberang pantai, kemudian trekking menembus tanaman hutan tropis yang lumayan panjang, kemudian melewati medan batu kapur, dan barulah sampai di Segara Anakan yang indah.
Perjalanan wisata ke pulau Sempu ini saya lalui bersama teman-teman (Bramantyo, Rezky) dengan berangkat dari Kota Salatiga menuju Terminal Bungurasi Surabaya dengan naik bus. Perjalanan dimulai pada malam hari sekitar pukul 22.00 WIB dan sampai terminal Surabaya pada pagi hari. Setelah sampai Surabaya, perjalanan dilanjutkan menuju Malang. Di Kota Malang ini kami bertemu dengan teman-teman baru yaitu Cessi, Febri, Adhi, Fathur, Kumi, dkk dan yang terakhir yaitu Bayu. Kenapa saya sebutkan terakhir? karena kami menginap di rumahnya Bayu (terima kasih banyak tumpangannya).hehe.
Waktu sudah menunjukkan pagi hari, maka perjalanan menuju Pulau Sempu ini segera dimulai. Dari rumah Bayu ini, angkutan langsung menuju ke Pantai Sendang Biru. Dari Pantai ini kemudian dilanjutkan dengan naik kapal/perahu kecil untuk menyeberang menuju pulau Sempu. Wuidihhh….indahnya, subhanallah.
Oiya, sebelum melakukan perjalanan menuju Pulau Sempu ini, terlebih dahulu harus memperoleh izin khusu dahulu karena Pulau Sempu termasuk kawasan konservasi yaitu wilayah yang dilindungi. Hal yang tidak kalah pentingnya dalah perlu persiapan bekal selama perjalan. Siapkan bahan makanan/konsumsi yang cukup untuk bermalam/kemah di Pulau Sempu karena di sana tidak terdapat warung makan, supermarket, listrik, atapun penginapan. Justru yang menarik adalah perjalanan selama di pulau Sempu itu sendiri kemudian mendirikan tenda dan berkemah di sana.
Medan yang dilalui cukup sulit ditambah lagi ketika saya bersama teman-teman pergi kesana, pada malam harinya hujan, sehingga jalan setapaknya becek tidak karuan. Selam perjalanan itupun kami sempat tersesat karena mengambil jalur yang berbeda jadi mengharuskan untuk jalan balik lagi.
terkking-2Bdi-2Bpulau-2Bsempu-2Bmalang
indahnya-2Bpulau-2Bsempu-2Bmalang
Tanpa terasa akhirnya sampailah di Segara Anakan Pulau Sempu ini. Dari kejauhan sudah terlihat air dan ombah dari laut lepas yang menerjang karang pembatas Segara Anakan ini. Sungguh pemandangan yang begitu indah.
Kami sampai di wisata Segara Anakan ini kira-kira jam 2 siang, kemudian dilanjutkan mendirikan tenda untuk menginap bersama-sama. Pada waktu sore harinya, kami nikmati dengan berenang di Segara Anakan ini. Sambil berfoto ria bersama teman-teman, kami menikmati pesona alam indah ini seraya bersyukur Alhamdulillah, Subhanallah betapa indahnya ciptaan-Mu.
wisata-2Bpulau-2Bsempu-2Bmalan
backpacker-2Bke-2Bpulau-2Bsempu-2Bmalang
Sekian cerita saya kali ini kawan, semoga bermanfaat 🙂
Info :
wisata pulau sempu malang, danau segara anakan malang,
laguna segara anakan malang, backpacker ke pulau sempu malang, 
pulau sempu tour, pulau sempu malang

39 Comments

    • waduh, saya malah kurang tahu mas, tapi waktu pergi ke sana memang harus mempunyai izin dulu baru boleh masuk pulau sempu. mungkin boleh masuk tapi tidak boleh merusak karena termasuk wilayah yang dilindungi.

  1. wah, sayang fotonya cuma dikit jadi makin penasaran pemandangan lainnya di pulau sempu, dilihat dari foto foto di atas sepertinya menarik apalagi yang mau belajar mandiri patut di coba nih. Terima kasih atas sharingnya semoga saja ini jadi referensi saya bila suatu saat nanti mau wisata dengan teman teman.

    • iya mas, dulu waktu ke sana gak sempat foto-foto yang banyak karena jalannya waktu menembus hutan pas becek dan susah buat jalan, jalannya berlumpur karena hujan. tapi begitu sampai tujuan, lelahnya terbalas dengan pemandangan yang indah 🙂

  2. Mantap !!!!!
    Ini baru wisata yang super alami mas. Saya sangat tertarik dengan pantai yang mempunyai tebing karang besar dan di hiasi dengan pasir putihnya yang indah.

    • ayo dicoba, kalau menurut saya, wisata pantai di bagian selatan jawa memang bagus-bagus, airnya jernih kebiruan, termasuk yang di pulau sempu ini.

  3. kawasan malang selatan memang menjadi pusat wisata yg eksotik mas.banyak tempat yg layak dikunjungi,
    selain pulau sempu yg otomatis juga melewati pantai sendang biru juga ada pantai balekambang dengan pura ditengah lautnya.
    kenapa nggak bilang2 mas waktu kesana,kan bisa mampir ketempat saya

    • wah ada pantai balekambang juga ya? dulu gak sempat mampir mas karena perjalanan lanjut lagi ke bromo.
      Dulu juga gak mampir ke mas Yanto, soalnya kan belum kenal.hehe

  4. Asik jalan-jalan lagi.. Butuh perjuangan juga ya untuk sampai ke pulau sempu. harus melewati hutan pula.. saya juga sudah lama gak refreshing lagi…jadi pengen ikutan

    • ayo mas sekali-kali jalan-jalan sama teman, kemana saja gak pa pa yang penting refreshing dan menikmati setiap perjalanannya 🙂
      Itu yang butuh perjuangannya adalah untuk mencapai segara anakannya, jadi mesti nyeberang pakai kapal kecil dulu, trus lanjut jalur darat itu. Dulu sandal saya sampai putus gara-gara jalannya beceknya gak nahan.

    • iya nih udah lama gak jalan jalan lagi 🙂 jd kangen sama suasana alam.. terakhir kali jalan ke pantai,
      Sendal putus juga pernah saya alami mas, pas naik gunung pangrango

    • ayo mbk jalan-jalan refreshing, bisa kemana saja yang penting heppy.hehe
      Terima kasih banyak kunjungannya, nanti saya coba masukkan dalam buku tamu saya.

  5. Semoga sampah-sampah yang ada disana semakin berkurang dan pertugas dari BBKSAD menjaga baik agar tidak ada yang rusak diwilayah konservasi ini

    • Wah, kayaknya ms Rullah juga pernah ke sana nih. Dulu waktu saya ke sana, kayaknya sampahnya sedikit mas, setelah selesai menginap di sana, semua pada gotong royong membakar dan membersihkan sampah. Kita juga tidak tahu satu sama lain karena pengunjungnya dari berbagai daerah, tapi semua membersihkan sampahnya sampai bersih.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Eksotisme Gunung Bromo Indonesia | ilmudes
  2. Liburan ke Pacitan | justdoitfriend

Comments are closed.