Membuat intro film blog singkat

intro film ilmudes
Selamat malam teman dan sahabat semua. Hemm, entah kenapa kali ini saya sedang ingin memposting film intro blog pribadi ini. Membuat film pendek yang saya lakukan ini sangat sederhana dan singkat karena cuma sekitar 19 detik, tapi semoga tidak mengecewakan.
Video singkat ini dibuat dengan menggunakan Adobe Premiere Pro. Dalam pembuatan ini hanya menggunakan title untuk membuat teksnya kemudian digabung jadi satu dan diberi efek suara. Berikut ini cara membuat video film intro singkat dan sederhana menggunakan program Adobe Premiere :
1. Buka program Adobe Premiere. Setelah aplikasi terbuka, maka akan muncul tampilan mirip dengan Adobe Photoshop dengan beberapa layer.
cara-2Bmembuat-2Bfilm-2Bsingkat-ilmudes
2. Untuk membuat intro/tulisan, pilih file+new+title, maka akan muncul kotak lagi yang bisa ditulisi dengan apa saja yang mau ditampilkan. Setelah selesai, lalu diclose saja.
membua-2Bfilm-2Bintro-2Bsederhana-ilmudes
 3. Buat lagi untuk tulisan berikutnya dengan cara yang sama pada nomor 2. Isi dengan kalimat pembuka film atau deskripsi film pendek yang mau ditampilkan. Kalau sudah selesai, lalu diclose. Begitu seterusnya sampai semua script yang mau ditampilkan pada film intro selesai.
4. Kemudian gabungkan tulisan/title yang sudah dibuat tadi dengan cara menahan tombol klik kiri pada title film yang mau dipindah, lalu geser ke bidang layer Adobe Premiere (tampak pada tengah agak ke bawah yang ada tulisannya video 1, video 2 dst). Klik untuk title/tulisan berikutnya dan geser di sebelahnya, begitu seterusnya hingga jadi satu.
5. Kalau sudah selesai, maka pada dasarnya film singkat sudah selesai, cuma belum ada suara effect video. Untuk menambah efek suara pada film, tinggal pilih lagu apa saja pada folder manapun, lalu klik dan drag ke adobe premiere pada bagian name (yang ada kumpulan title/tulisan/kalimat/scrip yang sudah dibuat tadi).
6. Untuk memasukkan suara ke film, tinggal pilih lalu drag dan geser ke layer audio (letaknya dibawah layer video). Selesai sudah.
7. Oiya, agar suara efek yang ditambahkan pada film yang kita buat panjangnya sama, maka musiknya harus disesuaikan panjang pendeknya. Jadi perlu diedit dulu. Cara edit/memotong musiknya bisa memakai aplikasi Audacity. Atau kalau tidak mau repot, bisa juga pakai Adobe Premiere. Caranya, sebelum didrag ke layer audio, klik 2 kali pada musiknya, maka akan muncul di preview yang bisa diedit. Untuk mengambil awal musik, tinggal tekan huruf “i” pada keyboard, lalu pada akhir musik (yang panjangnya sudah sama dengan video yang kita buat), tekan huruf “O”. Baru kemudian klik tombol speaker pada preview dan drag ke bagian layer audio. Selesai sudah.
8. Agar film buatan sendiri jadi satu file dengan format avi dan semacamnya, pilih file+ekspor+media, lalu tinggal pilih save dan start sampai proses selesai.
cara-2Bedit-2Bfilm-2Bsingkat-ilmudes
8. Cara membuat dan mengedit film pendek (intro) ini cuma langkah dasar saja. Apabila ada yang ingin mempelajari efek video animasi film, bisa belajar pada ahlinya langsung. Cara membuat film video kreasi sendiri juga bisa menggunakan program windows movie maker. Kata teman cara membuat filmnya mudah. Kalau saya pakai Adobe Premiere itu karena menurut referensi yang saya peroleh, programnya bagus dan digunakan oleh industri film profesional dunia yang sering kita lihat filmnya di televisi ataupun bioskop.
9. Sekian semoga bermanfaat.

Tips:
cara membuat film pendek sendiri, cara membuat intro film, software membuat film
langkah membuat merangkai film dengan adobe premiere, belajar dasar adobe premiere,
membuat title pada adobe premiere, membuat film dokumentasi, membuat film singkat,

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestDigg this