Cara lapor SPT pajak online dan mudah

lapor pajak online di djponline
Halo sahabat dan kawan semua, selamat sore, bagimana aktifitas hari ini? semoga sukses dan menyenangkan ya. Amin.
Pada kesempatan ini saya akan sharing artikel blog yang unik ya, judulnya “Cara lapor SPT Tahunan Pajak Online“. Kenapa saya menulis ini? ya karena pada hari Rabu tanggal 25 Februari 2015 (ini saya telah melapor SPT tahunan Orang Pribadi saya sendiri secara online.
Tanpa basa-basi lagi, berikut ini cara lapor SPT Pajak secara online yang saya lakukan :
1. Yang perlu diingat ya, yang wajib lapor adalah yang sudah punya nomor NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), kalau belum punya, ya gak usah lapor, kalau mau lapor bisa lapor ke calon istri saja.hehe.
2. Untuk dapat lapor pajak tahunan usaha secara online, langkah pertama adalah datang ke Kantor Pajak (Pratama) untuk mendapatkan nomor EFIN. Nomor Efin ini digunakan untuk mendaftar log in waktu mau lapor online.
3. Setelah punya nomor EFIN, lalu buka halaman DJPONLINE, https://djponline.pajak.go.id, maka akan terbuka tampilan awal seperti di bawah ini.
daftar efilling lapor pajak online djp online
4. Lalu pilih daftar/register pajak online. Proses pendaftarannya mudah seperti kita mendaftar email, facebook, twitter ataupun forum lainnya. Nah di sini, nanti ada kolom nomor EFIN yang mesti kita masukkan dengan nomor yang didapat dari kantor pajak tadi.
5. Setelah pendaftaran berhasil, lalu log in untuk masuk, maka akan terbuka tampilan awal djponline seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
login djponline
6. Untuk lapor SPT, tinggal pilih tab e-filling, maka akan terbuka tampilan baru seperti di bawah ini.
efilling djponline
7. Untuk lapor SPT Tahunan, tinggal pilih BUAT SPT, lalu isikan data-data sesuai keadaan yang sebenarnya.
8. Kalau sudah benar, tinggal kirim. Untuk mengirim laporan, akan diminta memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email, kalau sudah dapat, masukkan kode verifikasi tersebut, baru kemudian laporan bisa dikirimkan.
9. Kalau sudah selesai, maka akan dapat tanda terima pelaporan SPT yang dikirimkan melalui email yang kita daftarkan. Berikut ini contohnya :
tanda-2Bterima-2Blapor-2Bspt-2Bpajak-2Btahunan-2Borang-2Bpribadi-2Bop
9. Gimana kawan semua, mudah bukan cara lapor SPT Pajak onlinenya.
Oiya, menurut saya, dengan adanya cara pelaporan SPT tahunan secara online sebenarnya mempermudah wajib pajak seperti saya ini dalam melaporkan pajaknya, jadi saya bisa melaporkan dimana saja dan secara online tanpa harus datang ke kantor pajak.

Ada lagi nih info yang tidak kalah pentingnya dari lapor pajak bagi yang sudah punya NPWP. Kalau dilihat dari tanda terima laporan SPT saya, jangan diejek ya karena nihil.hehe. Bagi teman-teman, kawan dan sahabat yang sudah punya NPWP, buruan dilaporkan, paling lambat 31 Maret tiap tahunnya. Ya walaupun SPT nya NIHIL, dilaporkan saja, daripada kalau gak lapor atau telat lapor SPT nya, bisa-bisa kena sanki/denda pajak 100.000 (seratus ribu rupiah), kan lumayan bisa buat perpanjang domain selama 1 tahun. Trus kalau NPWP Badan (CV, PT dll), kalau telat atau tidak lapor, sanksinya lebih gedhe lagi, 1.000.000 (satu juta rupiah boo’), kan sayang bisa buat perpanjang domain 10 tahun tuh.hehehe.
Sekian cerita dari ilmudes.com kali ini, semoga bermanfaat.

Ditunggu terus ya cerita dari saya, bentar lagi saya siapkan artikel cara membuat playground Blog mirip KASKUS, karena ada teman yang sudah nodong di komentar, siapa ya? 🙂

info : cara lapor pajak secara online efilling, cara lapor SPT tahunan op(orang pribadi) secara online dengan efilling atau eform, lapor pajak online, cara lapor pajak pusat usaha secara online, sanksi tidak lapor SPT tanda terima laporan pajak online, tanda terima lapor SPT tahunan online

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestDigg this