Sate Blengong Tegal, mau coba?

blengong-2Bgoreng-2Btegal-2Bbrebes
Sate Blengong Tegal???
Blengong, apaan tuh?
Barang kali kawan semua baru dengar tentang Blengong, kuliner khas Tegal.
Kali ini saya akan bercerita tentang makanan ini, simak yuk.
Artikel ini merupakan kelanjutan dari tour dari cerita sebelumnya yaitu hidden spot pantai ujung negoro dan menikmati indahnya agrowisata pagilaran Batang. Awal dari keinginan lanjut touring ke Tegal yaitu karena penasaran dengan namanya Blengong. Makanan apa itu?
Berdasarkan info yang saya peroleh dari sumber yang kurang begitu jelas dan masih samar-samar, Blengon merupakan binatang hasil perkawinan antara bebek dengan mentok. Tidak bisa kebayang bukan seperti apa? coba cari di google.hehe. Berdasarkan info juga, Blengong ini awalnya dikenal di Brebes, lalu berkembang ke tempat lain.
Langsung saja, ketika sampai di Tegal, Jawa Tengah, maka langsung mencari sumber sinyal dimana kuliner Blengong Tegal ini berada. Saya bersama rombongan diantar oleh mas Ibnu S yang tinggal di Tegal. Singkat cerita, langsung diantar ke warung yang jualan kuliner Blengong. Di tempat tersebut (entah saya belum tahu namanya), jualannya khusus makanan blengong saja, jadi mau ke depan, ke belakang, atau ke samping pun tetap ketemu warung makan Blengong.
Setelah pesanan di antar, sajian blengon itu langsungĀ  kami (pak dodi, pak kohar, nunik dan saya) santap ramai-ramai. Cara penyajian Blengong ini disajikan dengan lontong yang dikasih kuah. Kemudian disertai juga Blengong goreng dan sate Blengong. Sate Blengong ini berisi sate jeroannya blengon. Pokoknya enak dan menurut saya rasanya mirip bebek goreng. Oiya, di sini, kalau bilang gorengan, itu berarti Blengong goreng, lainnya dinamakan sate.
Ayo diintip menu kuliner blengongnya berikut ini šŸ™‚
kuliner-2Bblengong-2Btegal
sate-2Bblengong-2Btegal
makanan-2Bkhas-2Btegal-2Bbrebes-2Bblengong

Info : makanan khas tegal, kuliner tegal
sate blengong tegal, blengong goreng tegal
kuliner khas tegal, kuliner, berita