Menurunkan daya listrik PLN itu susah, kata siapa?

cara-2Bmengurus-2Bperubahan-2Bdaya-2Blistrik-ilmudes
Halo teman semua, apa kabar? semoga baik semuanya.
Pernah dengar tidak kalau daya listrik PLN itu tidak bisa diturunkan? Ternyata itu tidak benar lho, yang benar adalah daya listrik PLN Indonesia untuk rumah bisa diturunkan. Kenapa begitu? ayo simak cerita saya berikut ini.
Saya tinggal di Yogyakarta, pada awal-awal saya pindah di Yogya ini, saya mengontrak rumah dengan daya listrik PLN kalau gak salah 450 watt dan pengeluaran listrik bulanan sekitar Rp.36.000 tiap bulan.
Sebelum di Jogja ini, saya juga mengotrak di daerah lain dengan daya listrik 900watt dan pengeluaran tiap bulan juga masih dibawah Rp. 100.000 tiap bulan.
Nah, ketika saya pindah lagi di rumah yang baru dengan listrik pintar yang terpasang, saya kaget karena tiba-tiba pulsa 50.000 itu habis dalam waktu 1 mingguan padahal penggunaannya sama dengan di rumah sebelum-sebelumnya. Wah, bisa bahaya nih kalau kaya gini terus, apanya yang salah ya? saya coba cari apakah ada kabel yang kurang beres. Usut punya usut, ternyata penyebab biaya listrik tiap bulan tinggi itu adalah karena daya listrik rumah 1.300 watt. Tau tidak teman-teman, kalau daya 1.300 watt ke atas tidak termasuk yang disubsidi. Setelah browsing di internet, ternyata pemerintah telah menaikkan tarif listrik dengan daya 1.300 watt ke atas secara bertahanp pada tahun 2014 kalau gak salah naik tiap 2 bulanan. Haduh, kalau begini bisa bokek, biasanya habis Rp.60.000an tiap bulan, jadi mesti keluarin duit Rp.200.000an tiap bulan. Maka saya berniat menurunkan daya listrik rumah. Eh, ternyata daya listrik PLN rumah bisa diturunkan lho, begini caranya :
1. Telp PLN 123, dan saya diminta langsung saja datang ke kantor PLN cabang setempat karena berdasarnkan penjelasan operator PLN 123, pengurusan penurunan daya listrik tidak bisa dilanyani melalu nomor tersebut.
2. Lalu datang ke kantor PLN dengan membawa bukti struk isi pulsa listrik, fotocopy ktp. Lalu masukkan ke bagian penerima.
3. Setelah berkas dimasukkan, tinggal pulang dulu karena nunggu persetujuan. Biasanya 1 mingguan baru dapat konfirmasi.
4. Setelah kira-kira 5 hari, dapat konfirmasi dari PLN bahwa penurunan daya listrik bisa bisa dilakukan, lalu diminta datang ke kantor PLN dengan membawa materai 6.000 dua buah.
5. Di kantor PLN tinggal tanda tangan dan lain-lain. Kita akan mendapatkan nomor registrasi permohonan (no.reg PLN) dimana didalamnya terdapat rincian biaya yang harus dibayar untuk proses penurunan daya. Biaya ini bisa dibayarkan online melalui ATM dengan menu pembayaran non taglist, lalu masukkan nomor registrasinya (biaya penurunan daya yang saya lakukan sekitar Rp. 50.000an)
6. Setelah dibayar, tinggal tunggu petugas PLN datang ke rumah dan merubah daya listrik PLN.
7. Setelah beberapa hari, petugas PLN datang ke rumah, kemudian mengutak-atik meteran listrik, dan selesai sudah. Oiya, proses pengurusan PLN ini dapat kita pantau online melalui www.pln.co.id, keren.
8. Ternyata mengurus penurunan daya listrik PLN itu mudah, hanya perlu menyempatkan waktu untuk mengurusnya ke kantor PLN. Terima kasih banyak PLN atas pelayanannya 🙂 semoga semakin baik semuanya.
9. Semoga bermanfaat.
Tulisan ini saya tulis sebagai bentuk apresiasi saya atas pelayanan PLN yang bagus.
Baca juga :
cara mengurus perubahan daya listrik pln
cara menurunkan daya listrik PLN
cara mudah menurunkan daya listrik

35 Comments

  1. Untungnya dirumah saya daya listriknya dibagi 2 yg satu 900 dan 1 lg 450. berarti masih dapat subsidi. tadinya mau niat dinaikin jd 1300 Tp harus pakai token, sedangkan dirumah masih pakai materan biasa (pascabayar)…. Terimakasih infonya mas.

    • Koq bisa gitu mas Fazri? sy sebetulnya ga pgn nurunkan daya karna takut klo sewaktu-waktu beli mesin cuci dan kulkas pakai yg 900 ga kuat, klo bisa pasang 2meter gitu ya enak, gmana caranya?

    • iya itu, kalau bisa pakai 2 meteran aja, lebih ngirit kayaknya. Punya saya sekarang daya listrik PLN sudah turun jadi 900 watt. Buat TV, mesin cuci, dan pompa air masih kuat. Oiya, pompa airnya yang untuk sumur dangkal, kalau pakai jet pump, ada kemungkinan tidak kuat karena daya jetpum diatas 200an watt.

  2. Maaf untuk daya 350W itu kayaknya gag ada kayaknya mas, biasanya paling rendah 450W….
    Oh prosesnya utk penurunan daya listrik itu ternyata mudah ya?? Itu gag ada tambahan biaya lain mas diluar 50rb. Thanks

    • dulu saya pakai fotocopy ktp saya sendiri (pemilik baru) dan bisa.
      tapi kalau gak salah, fotocopy ktp itu yang dimaksud adalah yang melakukan permohonan penurunan daya, jadi bukan pemilik juga bisa kayaknya. untuk lebih jelasnya coba datang ke kantor PLN terdekat.

    • Mksh infonya, saya niatnya lwt online krna ga ada wkt, trus pernah email ke pln katnya hrs ktp pemilik rmh, tp dpt info dr teman yg jg ngajukan online katanya mmg isi no ktp-nya sendiri, tp wkt petugas dtg ga ditanya sama skali, nah mau mastikan lg klo lwt offline gmana, ternayta ya mmg ga hrs ktp pemilik rmh gpp.

    • wah, ternyata bisa ya menurunkan daya listrik PLN lewat online?
      dulu waktu saya mengurus penurunan daya listrik lewat telp 123, dari operator jawabannya kalau penurunan daya tidak bisa lewat 123, harus ke kantor PLN terdekat. Makanya saya mengurus langsung ke PLN dan ternyata mudah mengurus penurunan daya listrik.
      Alasan saya menurunkan daya listrik PLN yaitu karena kebutuhan saya sepertinya menggunakan 900 watt saja sudah cukup, trus kalau pakai 900watt kan masih dapat subsidi, lumayan, beli 100 ribu dapatnya 120an kwh lebih kalau gak salah, sementara kalau 1300 watt, 100 ribu cuma dapat 67an kwh, bisa tekor saya sebulannya.hehe

  3. Apanya gampang , baru 2 bulan saya ganti ke 1300 awalnya 900 …. Suruh bikin surat keterangan tidak mampu ….. Apakah termasuk pelayanan ?

    • wah, daerah mana itu mbk? bukan kebalik ya? 1300 kan tidak disubsidi, sedangkan 900 kan masih masuk subsidi. kalau dilogika, harusnya kalau yang mau nurunkan daya dari 1300 ke 900 baru minta surat keterangan tidak mampu ya? dibatalkan aja mbk pengajuannya, masak mau naik daya malah suruh minta keterangan tidak mampu? coba tweet akun pln aja mbk, siapa tau ada solusi 😀

      • Kebalik mungkin gan, tempat saya di Bandung kyk gitu, turun daya dari 1300va jadi 900va harus pake SKTM. Perizinan SKTM juga sama ribetnya Hoalaaaahhh…..

        • wah, kok pada pakai SKTM ya? coba tanya ke PLN terdekat atau tweet aja akun twitternya, siapa tahu bisa membantu. Dulu saya juga pakai twitter buat tanya2 dulu.

    • Saya di purbalingga mau nurunin meteran ke 900 harus pakai surat miskin.. saya bukan orang miskin. Tapi pakai daya 1300 saya tidak mampu.

      • Kayaknya sama dengan saya pak, dulu saya biasa pakai yang 900 watt, biaya bulanan masih dibawah 100 ribu. Lalu saya nempati rumah, saya kaget ketika pulsa listrik 50ribu habis dalam 1 minggu. Kalau dihitung2, 1 bulan jadinya sekitar 200an ribu hanya untuk listrik, padahal penggunaan juga bisa sama dengan rumah sebelumnya (saya benar2 cuma bisa ngedumel geleng2 waktu itu). Ternyata daya yang terpasang 1300 watt. lalu saya coba mengurus penurunan daya, alhamdulillah bisa. Sekarang pakai pulsa 100 ribu, 1 bulan mungkin masih sisa.
        Maaf pak, saya tidak bisa memberi solusi, coba hubungi PLN terdekat, atau melalui fb atau twitter dulu, sebenarnya bagaimana cara mengurus penurunan daya listrik PLN. Semoga membantu.

  4. rumah saya daya 450va mencukupi kok ,pakainya alat listrik watt gede bergantian saja.ada mesin cuci 8kilo pompa air 200watt pada kabel (+) ke pompa air kasih lilitan pakai kabel arde 1meteran dililit pakai yg buat ngulek sambel biar berbentuk spiral lalu di sambungkan,pasang tandon air 2000 liter,kulkas 1pintu,kipas angin,tv modifikasi colokan tv beri resistor 20watt 20ohm jangan lupa di beri saklar by pass,rice cooker(cara masak nasinya di taruh d atas kompor gas 5menit/sampai air ngepres beras baru taruh di rice cooker saat kulkas diam)10menit selesai masaknya, lampu 11yg sering nyala,radio,microwave kirin ,setrika(gunakan colokan tv saat menyetrika),laptop dan charger hp dan senter.saya tambahkan arde/ground di pasang di comberan masukan kabel ke stop kontak terdekat untuk menstabilkan listrik tagihan listrik paling 50ribu
    semoga jadi inspirasi

    • Wah, kok bisa ya, rumah saya pakai 900watt nyalain ricecooker sama pompa air saja gak kuat. Itu pasang kabel arde dekat pompa airnya gimana ya?pompa air saya 300an watt. Tetima kasih banyak sharingnya 🙂

  5. saya tadi siang telpon 123 dg maksud mau turunkan daya,tapi operator bilang harus datang langsung ke pln terdekat dan membawa surat ket. tdk mampu,ribet amat ya. sy tinggal di bandung

    • Waduh, mungkin sudah beda aturannya ya, dulu saya gak pakai surat keterangan, cuma langsung ke kantor pln, bawa bukti pulsa, sama fotocopy ktp. Saya tinggalnya di sleman. Tp sebelumnya saya tanya2 dulu lewat twitter sama kantor pln.

    • Sama sama mas,itu dulu saya tidak pakai surat keterangan tidak mampu,tp menurut yang kirim komentar,harus pakai surat tidak mampu untuk mengurus penurunan daya listrik pln.

  6. aku mau nurunin daya dari 1300VA ke 900 VA mas
    lokasi saya di indralaya
    saya baca di website PLN harus datang ke kantor PLN dan membawa surat SKTM dari Kelurahan
    tapi pas saya kekantor PLN malah disuruh bawa surat keterangan miskin dari camat, foto bangunan, fotokopi KTP pemilik, terus bangunan harus dari kayu bukan beton
    kalo bangunannya beton tidak bisa turun daya.

    • Waduh, coba twit saja akun PLN nya pak, sebetulnya bagaimana cara mengurus perubahan daya listrik yang benar. Dulu saya juga coba tanya melalui twiyter. Artike ini saya sekedar share pengalaman saya sendiri waktu dulu mengurus penurunan daya listrik.

  7. Masak gampang saya dengar dari teman teman memang kalo turun daya harus SKTM terus teranga aja saya ingin turun daya dari 1300 ke 900 masak tiap bulan sampai 400 bahkan pernah 490 …..soalnya sekarang lagi seret ekonomi ….udah pensiun PNS masak harus SKTM ….

Comments are closed.