Menurunkan daya listrik PLN itu susah, kata siapa?

cara-2Bmengurus-2Bperubahan-2Bdaya-2Blistrik-ilmudes
Halo teman semua, apa kabar? semoga baik semuanya.
Pernah dengar tidak kalau daya listrik PLN itu tidak bisa diturunkan? Ternyata itu tidak benar lho, yang benar adalah daya listrik PLN Indonesia untuk rumah bisa diturunkan. Kenapa begitu? ayo simak cerita saya berikut ini.
Saya tinggal di Yogyakarta, pada awal-awal saya pindah di Yogya ini, saya mengontrak rumah dengan daya listrik PLN kalau gak salah 450 watt dan pengeluaran listrik bulanan sekitar Rp.36.000 tiap bulan.
Sebelum di Jogja ini, saya juga mengotrak di daerah lain dengan daya listrik 900watt dan pengeluaran tiap bulan juga masih dibawah Rp. 100.000 tiap bulan.
Nah, ketika saya pindah lagi di rumah yang baru dengan listrik pintar yang terpasang, saya kaget karena tiba-tiba pulsa 50.000 itu habis dalam waktu 1 mingguan padahal penggunaannya sama dengan di rumah sebelum-sebelumnya. Wah, bisa bahaya nih kalau kaya gini terus, apanya yang salah ya? saya coba cari apakah ada kabel yang kurang beres. Usut punya usut, ternyata penyebab biaya listrik tiap bulan tinggi itu adalah karena daya listrik rumah 1.300 watt. Tau tidak teman-teman, kalau daya 1.300 watt ke atas tidak termasuk yang disubsidi. Setelah browsing di internet, ternyata pemerintah telah menaikkan tarif listrik dengan daya 1.300 watt ke atas secara bertahanp pada tahun 2014 kalau gak salah naik tiap 2 bulanan. Haduh, kalau begini bisa bokek, biasanya habis Rp.60.000an tiap bulan, jadi mesti keluarin duit Rp.200.000an tiap bulan. Maka saya berniat menurunkan daya listrik rumah. Eh, ternyata daya listrik PLN rumah bisa diturunkan lho, begini caranya :
1. Telp PLN 123, dan saya diminta langsung saja datang ke kantor PLN cabang setempat karena berdasarnkan penjelasan operator PLN 123, pengurusan penurunan daya listrik tidak bisa dilanyani melalu nomor tersebut.
2. Lalu datang ke kantor PLN dengan membawa bukti struk isi pulsa listrik, fotocopy ktp. Lalu masukkan ke bagian penerima.
3. Setelah berkas dimasukkan, tinggal pulang dulu karena nunggu persetujuan. Biasanya 1 mingguan baru dapat konfirmasi.
4. Setelah kira-kira 5 hari, dapat konfirmasi dari PLN bahwa penurunan daya listrik bisa bisa dilakukan, lalu diminta datang ke kantor PLN dengan membawa materai 6.000 dua buah.
5. Di kantor PLN tinggal tanda tangan dan lain-lain. Kita akan mendapatkan nomor registrasi permohonan (no.reg PLN) dimana didalamnya terdapat rincian biaya yang harus dibayar untuk proses penurunan daya. Biaya ini bisa dibayarkan online melalui ATM dengan menu pembayaran non taglist, lalu masukkan nomor registrasinya (biaya penurunan daya yang saya lakukan sekitar Rp. 50.000an)
6. Setelah dibayar, tinggal tunggu petugas PLN datang ke rumah dan merubah daya listrik PLN.
7. Setelah beberapa hari, petugas PLN datang ke rumah, kemudian mengutak-atik meteran listrik, dan selesai sudah. Oiya, proses pengurusan PLN ini dapat kita pantau online melalui www.pln.co.id, keren.
8. Ternyata mengurus penurunan daya listrik PLN itu mudah, hanya perlu menyempatkan waktu untuk mengurusnya ke kantor PLN. Terima kasih banyak PLN atas pelayanannya 🙂 semoga semakin baik semuanya.
9. Semoga bermanfaat.
Tulisan ini saya tulis sebagai bentuk apresiasi saya atas pelayanan PLN yang bagus.
Baca juga :
cara mengurus perubahan daya listrik pln
cara menurunkan daya listrik PLN
cara mudah menurunkan daya listrik