Membuat buku tamu sederhana Blog ilmudes

buku-2Btamu-2Bilmudes
Selamat siang kawan dan sahabat semua. Semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat. Amin.
Buku tamu merupakan hal yang menurut saya sangat penting karena dengan membuat dan menyediakan buku tamu, kita dapat mengingat siapa-siapa saja yang datang berkunjung.
Bertolak pemikiran tersebut maka dalam blog ilmudes.com ini saya membuat halaman (page) khusus berupa BUKU TAMU yang berisi alamat blog dan website teman-teman yang sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Alamat-alamt blog tersebut saya tulis manual dengan melihat blog teman semua. Halaman ini kalau menurut saya mirip link exchange, tapi mungkin bedanya, blog teman lain belum tentu memasukkan blog saya, dan bagi saya itu tidak jadi masalah, yang penting saling berbagi informasi.
Tidak semua blog bisa saya tuliskan dalam daftar, misal blog yang menuju ke situs dewasa ataupun website yang berbau pornografi tidak dapat saya tuliskan di sini dan cenderung saya hapus.
Maksud saya membuat halaman (buku tamu/submit url/submit link/link exchange/tukar link) adalah sebagai bentuk penghargaan dari blog ilmudes.com atas kunjungan, support dan bantuan dari teman-teman semuanya. Selain itu untuk memudahkan saya berkunjung ke blog teman.
Bagimana kawan semua? mau intip daftar buku tamu di sini?
Ayok dilihat ramai-ramai, sudah ada belum data blog teman-teman.

Daftar buku tamu tersebut akan diupdate sesuai kebutuhan dan update pengunjung.
Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

MAAF KARENA BLOG SAYA PINDAH DARI BLOGSPOT KE WORDPRESS SELFHOSTING, ADA KEMUNGKINAN LINK YANG TIDAK MENGARAH KE ALAMAT YANG DITUJU, OLEH KARENA ITU SAYA MOHON MAAF.

Info :
Buku tamu blog ilmudes
membuat buku tamu blog ilmudes
bertukar link blog dengan ilmudes
membuat buku tamu sederhana pada blog

51 Comments

  1. saya sudah lihat hasilnya mas…kadang berguna juga untuk kita terapkan…minimal untuk mempermudah kalau ingin berkunjung ke blog yang udah di tulis dalam buku tamu…dan sebagai tanda penghormatan juga bagi pengunjung blog kita mas….ok makasih ya dan ternyata bengkel blogger juga masuk di situ…salute buat admin. sederhana tapi berguna dan brilian juga idenya….salam sahabat blogger.

    • iya mas, terima kasih kembali sudah berkunjung. Ini cuma buat memudahkan saya berkunjung saja, kan susah kalau melihat dari teman-teman yang komentar di artikel-artikel, sementara sudah menumpuk, jd semakin susah. berhubung blog saya masih baru, jadi masih bisa terkendali, jadi tahu mana yang teman yang sudah masuk buku tamu dan mana yang belum, jadi seperti tahu ini teman baru atau bukan.hehe

    • mungkin itu membuatnya otomatis mbk, trus komentar juga langsung publish, jadi memungkinkan orang untuk kirim spam sebanyak banyaknya. Kalau punya saya, saya tulis manual, kolom komentar juga dimoderatori, tidak otomatis publish, yang masuk spam gak usah di publish, jadi insyaallah aman.
      Berhubung sudah masuk komentar di sini, punya mbk Devina juga sudah saya masukkan, coba kapan-kapan dilihat overview dari ilmudes, semakin bertambah atau tidak? 😀

  2. Boleh juga cara seperti ini ya. Semacam “karantina” para pengunjung yang di “kerangkeng” dalam suatu wadah. Wah bole juga ini diterapkan heiheiheihee. Soalnya capek juga kalau mampir satu per satu berdasarkan komen di blog

  3. salut banget sama mas des… walaupun belum tentu dibuat backlink buat mas-nya, saya sendiri belum sempat mau bikin guestbook kayak yang mas bikin… blog saya juga ada… 🙂 #seneng

Comments are closed.