Liburan ke Singapura yuk

backpacker-2Bke-2Bsingapura
Halo teman semua, selamat siang. Siang-siang begini biasanya ngantuk dan memang nyaman buat istirahat siang. Tp berhubung saya belum mau tidur siang, saya akan bercerita tentang perjalanan lagi. Kali ini dengan judul Jalan-jalan ke Singapura, apakah saya bermimpi?
Artikel ini merupakan kelanjutan dari cerita perjalanan sebelumnya yaitu
Kegiatan saya bersama teman-teman saya (Mas Romy dan Iwan) ini sebenarnya dilakukan sudah lumayan lama, cuma baru mau saya tulis ceritanya.
 liburan-2Bke-2Bsingapura
Setelah perjalanan panjan naik kereta dari Malaysia ke Singapura, sampailah di tempat pengecekan imigrasi singapura. Semua penumpang diminta turun untuk pengecekan paspor. Saya dan Iwan dipanggil kemudian dibawa ke ruang khusus dan diinterogasi maksud kedatangan ke Singapura (maklum baru pertama kali). Ditanya ini itu, bla bla bla. Hal yang saya ingat adalah ketika saya ditanya dengan bahasa inggris, lalu saya jawab dengan bahasa inggris, tapi kemudian karena bahasa inggris saya plegak pleguk dan tidak jelas, petugas langsung bilang “pakai bahasa indonesia saja pak, saya bisa“. “o…O….” ternyata inggris saya amburadul. Akhirnya selesai sudah pengecekannya.
Langsung menuju penginapan, saya sudah lupa nama penginapannya. Penginapannya rata-rata berbentuk dormitory room, yaitu 1 kamar bisa berisi 6 ranjang atas bawah, atau lebih (tergantung harga). Ada juga yang campur antara laki-laki dan perempuan, ada juga yang terpisah.
Setelah sampai di penginapan, lalu istirahat sebentar. Tiba-tiba teman-teman ngajak keluar, “ngapain di kamar kalau niat kita jalan-jalan sampai sini“, maka lanjutlah jalan-jalan keluar. Heeemmmm, suasananya benar-benar teratur.
Oya, di Singapura ini, transportasinya menggunakan kartu, kalau gak salah namanya EZ Link. Kartu itu bisa digunakan hampir sebagian besar trasportasi di singapura. Yang perlu dilakukan adalah memasukkan deposito ke kartu, lalu kalau mau naik trasportasi, tinggal tempelkan di pintu masuk, maka pintu akan terbuka, lalu kalau mau turun, tempelkan juga ke sensornya, maka pintu akan terbuka dan saldo akan berkurang. Canggih bukan…., kapan ya Indonesia? semoga sebentar lagi. Amin.
Kami jalan-jalan menyusuri gang demi gang di kota, naik MRT ke Orchard Road, Little India dan lainnya. Suasananya di malam hari juga masih ramai di beberapa tempat dan sudut kota. Oya, di sini di tempat umum ada larangan merokok lho, jadi kalau merokok di tempat umum akan dikenakan sanksi dan jumlahnya lumayan besar yang bisa biki kapok.
Jalan-jalan mengelilingi fullerton hotel singapore, ada danau di depannya. Kemudian ke Merlion, tidak lupa pula mengabadikan foto untuk kenangan. Kemudian jalan lagi melihat Marina Bay Sands, bangunan yang menurut saya unik, kenapa? lihat saja di foto diatas yang berbentuk seperti kapal.
travelling-2Bsingapura
Lalu perjalana lanjut ke Bugis Street. Ditempat ini dijual dan dijajaan berbagai macam barang. Ada macam-macam pakaian, cindera mata dan barang lainnya yang bisa dibeli untuk oleh-oleh dari singapura. Kondisi tempat ini sangat ramai pengunjung, entah karena saya kesana waktu hari libur atau karena memang biasanya ramai.
bugis-2Bstreet-2Bsingapura
travelling-2Bto-2Bsingapore
Tidak lupa kami lanjut jalan lagi ke Sentosa Island. Kalau di Indonesia seperti dufan, tapi lokasinya di pulau terpisah dan wahananya lebih banyak.
Di Sentosa Island ini bisa menikmati Universal Studio, ada juga akuarium raksasa, dan macam-macam hiburan di dalamnya.
universal-2Bstudio-2Bsingapura
Hari berikutnya saya lanjut sendiri keliling ke Kampung Gelam-Singapura karena teman-teman saya sudah pulang duluan. Sepanjang jalan saya pentengin tuh peta singapura beserta jalur MRTnya, takut nyasar. Tapi alhamdulillah, ternyata semua aman dan terkendali selama perjalanan
kampung-2Bgelam-2Bsingapura
Oya, bagi teman-teman yang muslim dan hendak liburan ke Singapura, jangan takut susah mencari tempat ibadah karena di sana cukup mudah ditemukan masjid. Coba ketika sampai di sana lihat peta, insyaallah semua petunjuk tercatat sangat jelas yang memudahkan bagi siapa saja termasuk para wisatawan.
jalan-2Bjalan-2Bke-2Bsingapura-2Bkampung-2Bgelam
arab-2Bstreet-2Bsingapura
masjid-2Bdi-2Bsingapura
Setelah sholat selesai, perjalanan saya lanjutkan dengan menikmati jalan-jalan di sekeliling kota. Pada waktu muter-muter ke sana kemari, bisa ditemui banyak traveller di jalan. Lumayan buat teman jalan-jalan.
Satu lagi foto, sebelum boomingnya istilah selfie, ternyata saya sudah melakukan selfie. Dengan muka kucel dan capek, saya coba foto sendiri malam-malam dengan background Marina Bay Sands. Maklum, teman-teman sudah pulung.
Berikut ini fotonya
trip-2Bto-2Bsingapura
Gimana teman-teman? Ada yang mau coba jalan-jalan liburan ke Singapura? semoga bisa ya.
Sekian cerita saya kali ini, maaf kalau berantakan karena saya tidak pandai bercerita.
Semoga bermanfaat.

Baca :
Liburan ke singapura, travelling ke singapura, wisata singapura
Backpackeran ke singapurat, tempat wisata di singapura

36 Comments

    • Kira-kira transportasi dari Jakarta ke Singapura sekitar 200ribuan mas kalau pas ada promo, searchingnya bisa pakai skyscanner, tiket, dll. Oya, saya bukan traveller lho mas, itu cuma refreshing sebentar buat melupakan sejenak rutinitas kerja, biar fresh lagi.

    • iya mas, itu kalau dapat promo. Tapi kayaknya sekarang dengan adanya kebijakan larangan tarif murah penerbangan, saya tidak tahu kabar terbarunya mengenai tiket penerbangan murahnya.

    • ini sudah lama kok mas, sekitar 2 tahun yang lalu, ketika masih jomblo dan kemudian tersadar bhwa saya mesti mencari bagian dari tulang rusuk yang belum ketemu. Alhamdulillah sekarang sudah ketemu bagian itu 🙂

  1. pasti senang ya bisa jalan-jalan ke singapura….pasti muantab tuh dan yang pasti menyenangkan…ok happy fun…dan semoga bisa terulang lagi dalam tahun ini…saya jangan lupa di ajak ya mas…heeee

  2. Seru! Budgetnya berapa tuh mas? Kasih bocoran dong supaya enak ngira-ngirain biaya perjalanannya… *emak irit mode on*

    Mmm.. Nggak berantakan kok ceritanya… 🙂

    • Terima kasih banyak mbk kunjungan dan sanjungannya (semoga tidak mengejek saya ya.hehe).
      Kalau perjalanan direncanakan jauh-jauh hari dan tike bisa dibeli jauh-jauh hari, bisa dapat tiket promo yang cukup murah, kalau gak salah dulu ada sekitar 200rb an pulang pergi, lumayan kan. Tapi sekarang belum tau, dengar-dengar ada kebijakan baru larangan tiket murah. untuk kebutuhan makan dan minum, disana pakainya dolar singapura, kira kira 1$ SGD sekitar 8.000,-, makan disana harganya kira-kira sekali makan 5-10 $ SGD, jadi jangan lama-lama di sana.hehe. Untuk penginapan, saya sudah lupa, maaf ya..

  3. Sudah teratur yaw Singapura mengenai transportasinya,,,, Indonesia mungkin perlu waktu lama mas,,,, La wong Singapura negara yang kecil. Indonesia? negara yang sangat luas,,,, jadi penanganannya agak terlambat. Tapi terlambat lebih baik dink daripada nggak sama sekali 🙂
    Salam kenal mas

Comments are closed.