Liburan di Karimunjawa Indonesia yang indah

01-2Bliburan-2Bke-2Bkarimunjawa
Menikmati keindahan wisata Karimunjawa? Hemm, siapa yang tidak mau. Alhamdulillah akhirnya saya bisa menikmati keindahan dari Karimunjawa National Park ini. Sebenarnya ini saya lakukan bersama teman-teman sudah cukup lama, tapi baru sekarang kepikiran untuk diposting.
Sebelum saya bercerita panjang lebar, yuk simak dulu gambaran umum Karimunjawa Jepara ini. Karimunjawa ini adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Luas daratannya ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare. Karimunjawa sekarang dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut Indah yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Berdasarkan legenda yang beredar, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak “kremun-kremun” maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun,, Karimunjawa. (sumber)
Begitulah deskripsi singkatnya, sekarang lanjut lagi cerita jalan-jalan saya 🙂
Acara travelling ke Karimunjawa Island ini mulai kami tempuh dari Salatiga. Saya, Habib, Bambang, dan Bangun berangkat bersama-sama naik bus dari Salatiga ke Teminal Bus Terboyo Semarang. Setelah di Semarang, kami menuggu teman lagi yang bernama Hazka, lumayan lama juga nuggunya, tapi santai saja karena dia berangkat bersama travel jurusan Semarang Jepara yang akan kami naiki.
Travelpun datang, lalu segeralah kami naik. Perjalanan dari Semarang ke Jepara ini membutuhkan waktu kira-kira 2 jam, hingga akhirnya sampailah kami di area Pantai Kartini Jepara pada malam hari. Lalu kami menginap di penginapan terdekat untuk siap-siap berkumpul di meeting point pada pukul 05.30 pagi.
05.30an at Pelabuhan Kartini Jepara.
Kami berkumpul dengan pemandu dari explore solo yang akan membawa liburan ke Karimunjawa. Timnya saya sudah lupa namanya siapa, yang masih saya ingat adalah mbk Imeh yang ramah (ramah ya mbk 🙂 ). Di meeting point ini kami berkumpul dengan rombongan dan teman-teman baru yang juga mau menikmati Karimunjawa  Tour ini. Akhirnya kami berangkat naik kapal penumpang dari Jepara ke Karimunjawa Indonesia. Perjalanan kapal ini butuh waktu lumayan lama yaitu 6 jam yang bisa membuat bosan di perjalanan, ditambah lagi tidak tiap hari ada kapal. Tapi sekarang sudah berbeda, transportasi dari Jepara ke Karimunjawa sudah ada kapal cepat yaitu kira-kira 3 jam sudah sampai dan hampir tiap hari ada.
Tanpa terasa akhirnya sampailah kami di Karimunjawa. Hal pertama yang kami lakukan adalah foto-foto dokumentasi tentunya.hehe. Suasana dan keindahannya, Subhanallah, indah sekali dan wauw, segar, airnya jernih kebiru-biruan. Kami dibawa ke penginapan setempat untuk menginap beberapa hari ke depan (4 hari 3 malam di Karimunjawa).
karimunjawa-2Bresort
Sore harinya, kami nikmati keindahan Karimunjawa ini dengan jalan-jalan menyusuri pantai sambil berburu sun set karena acara sebenarnya akan dimulai pada hari berikutnya.
03-2Btravelling-2Bke-2Bkarimunjawa
Pada malam harinya, kami nikmati dengan pergi ke alun-alun/lapangan di Krimunjawa. Di sana dijajakan berbagai makanan bakar-bakaran berbagai makanan ikan laut dengan suasana alam yang segar. Pokoknya luar biasa sekali dan tidak kecewa dengan semuanya.
Pagi hari menjelang, kami siap-siap menyusuri pulau-pulau yang ada di Karimunjawa ini. Perjalanan ditempuh menggunakan kapal motor kecil yang akan menerjang ombak-ombak di tengah lautan.
menikmati-2Bindahnya-2Bkarimunjawa
karimunjawa-2Bisland-karimunjawa-2Bresort-karimunjawa-2Bindonesia
Beberapa wisata yang dapat dikunjungi di Karimunjawa yaitu Legon Lele, Kolam Hiu, di Pulau Menjangan Besar, Tracking Hutan Mangrove, di Desa Kemojan, Pantai Batu Karang Pengantin, di dukuh Karang lawang, desa Kemojan, Pulau Kemojan, Pantai Ujung Gelam, Pantai Barakuda,Pantai Nirwana dan lain-lain. Wisata di Karimunjawa ini adalah wisata keindahan laut dengan berbagai bentuknya. Kami dapat menikmati snorkling di beberapa spot yang cantik dan menawan dengan keanekaragaman ikan laut dan terumbu karang. Di sana juga dapat bermain dengan ikan dan memberi makan dengan roti. Selain itu juga dapat melihat penangkaran ikan hiu, ataupun berenang bersama hiu. hiii, takut.
Oiya, di Karimunjawa juga terdapat daratan di tengah lautan dengan pantai pasir putih yang sangat bersih dan indah. Pengujung dapat menikmati jalan-jalan di sepanjang daratan pasir putih di tengah laut tersebut pada saat air laut agak surut.
SAM_0819
karimunjawa-2Bnational-2Bpark
Dalam wisata ini kami bertemu juga dengan wisatawan asing (luar negeri) yang barang kali hobi jalan-jalan dan travelling. Philip Marland dan Mehdi yang waktu itu berwisata dengan kami. Mr. Philip ini udah beberapa kali ke Karimunjawa dan bahasa indonesianya sudah lancar, sedangkan Mr. Mehdi ini dari Prancis (France). Dia gak bisa bahasa indonesia dan bahasa inggrisnya juga kurang jelas. Dia sering dibantu Mr. Philip ini ketika berkomunikasi karena sama-sama dari Prancis. Untuk jalan-jalan ke Indonesia dari Prancis ini dibutuhkan waktu yang panjang, kalau tidak salah 14 jam berdasarkan cerita Mr. Philip karena mampir dulu di Amerika baru kemudian ke Indonesia. Fantastis!.
Tapi tidak apa-apa, karena menurut saya liburannya sangat memuaskan, begitulah yang saya rasakan.
04-2Bjalan-2Bjalan-2Bke-2Bkarimunjawa
02-2Bindahnya-2Bkarimunjawa-2Bisland
100_3043

Sekian cerita dari saya, semoga bermanfaat 🙂

Info :
Liburan di Karimunjawa, Karimunjawa National Park, Karimunjawa Indonesia
Travelling ke Karimunjawa, Snorkling di Karimunjawa, Jalan-jalan ke Pulau Karimunjawa
Jalan-jalan hemat ke Karimunjawa, wisata karimunjawa jepara