Optimasi blog yang simple dan mudah

cara-2Bmudah-2Boptimasi-2Bblog-2Bblogspot-seo-2Bblog-belajar-2Bseo-2Bblog
Sahabat blogger dan pembaca sekalian, artikel tentan optimasi blog barangkali bukan merupakan hal yang asing bagi sobat sekalian. Mungkin sebagian dari kita sudah ahli tentang optimasi blog ataupun web, tetapi banyak juga yang masih dalam taraf belajar mengoptimalkan blog agar bagus, baik dari segi tampilan, isi dan segi yang lainnya.
Pada artikel ini akan saya share tentang optimasi blog menurut pemahaman yang saya pribadi yang masih cukup awam dan newbee (nubitol) dalam dunia perbloggingan. Tapi setelah sedikit belajar tentan bagimana seo blog, bagaimana meningkatkan traffic dan pengunjung, dll, maka tidak ada salahnya kalau saya juga akan membagikan tips yang saya pahami.
Berikut ini tips optimasi blog, termasuk posting blog menurut admin :
1. Setelah belajar dari blognya orang2 yang sudah ahli, saya menyimpulkan bahwa sebenarnya setting default blog (blogspot) sendiri sudah dalam kondisi seo friendly. Kenapa begitu? karena di dalam posting blog, sebelum kita posting, ada pilihan preview. Ini peting karena artikel belum benar2 diposting (belum ada di pusat server google) jadi tidak akan terindex mesin pencari google. Jadi jangan buru-buru posting blog kalau belum yakin untuk dipublish. Kalau kita langsung tekan publish padahal artikelnya tidak bagus2 amat, dan suatu saat kita mau menghapusnya, maka akan ada masalah pada webmaster tool yaitu terjadi kesalahan pelacakan (karena link tersebut sudah diposting) sementara, sekarang sudah kita hapus ataupun kita set ke draft artikel tersebut.
2. Buat blog yang menarik, mudah, simple, loading cepat, artikel bagus. Nah untuk yang ini, silahkan sobat pelajari sendiri bagaimana membuat blog yang menarik. Apa sebenarnya tujuan sobat membuat blog? artikel apa yang sebenarnya mau sobat share? Artikel tentang cara membuat blog dapat dibaca pada artikel ini
3. Judul posting blog jangan terlalu panjang agar seo friendly karena judul yang panjang, akan terpotong link url nya ketika dipublish dan ini akan berpengaruh pada inti artikel itu tidak terindex. Gunakan judul artikel blog kira-kira maksimal 6 kata yang mewakili isi artikel.
4. Beri penekanan yang jelas pada artikel yang ditulis dalam blog. Misal dapat anda gunakan blod atau italic font pada kata-kata yang penting dan menarik.
5. Bila ada gambar ataupun video dalam postingan, sebaiknya jangan lewatkan untuk mengklick option pada gambar tersebut, lalu anda isikan alt name dan judul gambar tersebut.
6. Berkunjung ke blog orang lain, berkomentar, dan meninggalkan jejak. Jejak yang ditinggalkan sebaiknya alamat web/blog utamanya saja, jangan mengarah ke posting artikel, karena page rank ada yang mengacu pada home page dan ada yang mengacu pada artikel post.
7. Pasang widget artikel terbaru, terpopuler, about, archive/arsip blog. Ini untuk memudahkan pembaca mencari artikel yang menarik. Widget artikel terbaru dapat sobat copy code berikut:
<div id=”hlrpsa”>
<script src=”http://helplogger.googlecode.com/svn/trunk/recent-posts-with-snippets.js”>
</script>
<script>
var numposts = 7;var showpostdate = false;var showpostsummary = false;var numchars = 100;var standardstyling = true;
</script>
<script src=”http://ilmudes.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=showrecentposts”>
</script></div><a style=”font-size: 9px; color: #CECECE; float: right; margin: 5px;” href=”http://ilmudes.blogspot.com” rel=”nofollow” >ilmudes</a>
<noscript>Your browser does not support JavaScript!</noscript>
<style type=”text/css”>
#hlrpsa a {color: #0B3861; font-size: 13px;}
#rpdr, #rpdr a {color:#808080;}
#hlrpsa { color: #999999; font-size: 11px; border-bottom:1px #cccccc dotted; margin-top:-10px; padding-bottom:10px;}
.hlrps a {font-weight:bold; }
.hlrpssumm {}
</style>
tulisan yang berwarna merah, sobat ganti dengan alamat blog sobat sendiri.
8. Jangan gunakan artikel yang sekedar copy paste blog atau web orang, karena itu sama saja menjiplak dan anda tidak kreatif. Buatlah artikel yang menarik dan orisinal (asli), kalau ada sumber dari oranng lain, jangan lupa menautkan linknya.
9. Selamat mencoba dan belajar terus, semoga berhasil.hehe
Baca juga :
Cara mudah optimasi blog
Cara sederhana optimasi blog
Belajar optimasi blog yang mudah

2 Comments

    • bagus itu sob, semoga sukses terus ya, itu cuma tips sederhana saja, karena saya juga masih newbie.hehe.
      Terima kasih banyak atas kunjungannya 🙂

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Migrasi blogspot ke wordpress self hosting | ilmudes
  2. Cara menghubungkan domain ke hosting | ilmudes

Comments are closed.