Menggali rupiah dari hobi fotografi

fotografi
Siapa yang tidak tahu dan tidak kenal dengan fotografi?
Sekarang ini hampir setiap orang yang mempunyai handphone, pasti tahu apa itu fotografi walaupun cuma sedikit, karena gadget handphone sekarang rata-rata sudah ada kameranya.
Pernahkah terpikir bahwa dari dunia foto ini bisa menghasilkan pendapata uang?
Siapa yang tidak mau kalau dari sekedar potret sana potret sini bisa menghasilkan uang? Tentu sebagian besar orang mau, apalagi ditambah keadaan ekonomi yang tidak menentu, maka bila dari foto bisa menghasilkan uang, lumayan bukan?
Kembali ke topik semula yaitu menggali rupiah dari hobi fotografi. Sebenarnya saya sendiri bukan ahli dalam bidang foto memoto, apalagi dalam bidang fotografi, kemampuan saya masih jauh sekali. Tetapi tanpa mengurangi rasa hormat pada mereka yang berprofesi sebagai fotografer atau profesi sejenis lainnya, saya akan coba menulis artikel ini, yuk simak selengkapnya.
1. Menjual foto. Jika sobat memiliki hobi fotografi dan memiliki koleksi foto-foto yang bagus, tidak ada salahnya menjual foto tersebut secara online. Di internet tersedia berbagai website yang menyediakan jual stock photo, tentunya dengan syarat-syarat tertentu. Sobat dapat menjualnya melalui iStockphoto, Fotolia dan lain-lain. Kalau sudah rejeki, siapa tahu foto-foto tersebut laku, lumayan bukan.
2. Membuat portofolio sendiri. Sobat dapat membuat suatu portofolio sendiri yang bagus, menarik dan bernilai jual. Setelah portofolio dari kumpulan foto tersebut jadi dan tersedia dalam berbagai pilihan, sobat dapat mencoba menjual foto-foto tersebut.
3. Membuka jasa fotografi. Jika sobat blogger memiliki hobi fotografi dengan kemampuan yang sangat bagus, tidak ada salahnya mencoba usaha jasa fotografi, diantaranya yaitu jasa fotografi pre wedding, pernikahan, foto keluarga dll.
4. Menyewakan peralatan fotografi. Jika sobat memiliki berbagai jenis kamera dan perlengkapannya, sementara sobat sudah jarang menggunakannya, daripada dijual, sobat dapat menyewakan peralatan tersebut. Agar pelaksanaannya bagus, tentu perlu penanganan dan pengelolaan yang bagus juga. Beberapa waktu yang lalu mungkin sobat pernah dengan seorang siswa sma sudah memiliki penghasilan sendiri dari menyewakan kameranya? Lumayan bukan.
5. Membuat buku koleksi fotografi. Jika sobat memiliki berbagai koleksi foto beserta momentnya yang bagus, sobat dapat mencoba menyusun kumpulan foto disertai sedikit cerita dari foto tersebut dan tips cara pengambilan objek fotonya. Kalau sudah jadi, dapat dicoba kirimkan ke redaksi percetakan, syukur alhamdulillah kalau bisa diterbitkan 🙂
Itu saya yang dapat saya bagikan infonya, kalau ada tambahan dari sobat, akan saya coba update artikelnya. Terima kasih.
Baca juga :
Macam usaha dari hobi fotografi
Menjual koleksi foto
Menggali uang dari hobi foto