Ban besar dan anti bocor untuk vario 125 PGM FI

maksimal-2Bukuran-2Bban-2Bbesar-2Buntuk-2Bmotor-2Bmatic-2Bvario-2B125-2Binjeksi-2Btubles

Kendaraan motor matic anda pernah mengalami ban bocor di bagian belakang?
Barang kali untuk beberapa kasus, mengganti ban belakang sangatlah mudah pada motor matic, tetapi pada beberapa motor matic, mengganti ban belakang benar benar sangat susah. Hal ini karena ada besi penguat yang terhubung pada ban dan knalpot (saluran pembuangan gas pada motor) pada motor bebek matic injeksi, seperti pada motor vario 125 PGM FI. Baca : Cara Meninggikan dan Menurunkan Shock Breaker Motor Matic
Tapi, jangan khawatir. Untuk mengatasi agar ban belakang tidak mudah bocor, anda dapat menggantinya dengan ban yang besar yang sesuai ukurannya, ditambah lagi sekarang ada cairan anti bocor untuk ban motor, sehingga ban tidak bocor meskipun kena paku, ataupun besi, kecuali kalau ban itu sobek, maka akan benar benar bocor dan rusak. Untuk bisa mendapatkannya, anda dapat menganti ban motor matic pada pusat penjualan ban yang lengkap dan memberikan berbagai alternatif pilihan, biasanya toko yang seperti itu produknya lengkap.
Untuk motor Vario 125 PGM FI (injeksi), anda dapat mengganti ban belakang dengan ban tubles (tubeles) dan ukuran yang lebih besar sehingga nyaman buat touring. Layaknya ban mobil tubles, kalau terkena paku, maka anginnya tidak akan cepat habis. Angin dalam ban akan habis kalau paku itu dicabut. Anda dapat juga menambahkan cairan anti bocor untuk ban tubles anda. Jadi ketika ban anda kena paku (ranjau darat), maka ketika pakunya anda cabut, akan otomatis menambal sendiri. Cairan tersebut, secara sepintas mungkin bahannya mirip alat tambal ban untuk tubles, tetapi bentuknya cair dan dimasukkan dalam ban.
Untuk ukuran ban besar belakang vario 125 injeksi, ukuran normalnya adalah 90/90. Anda dapat mengganti dengan ban tubles sesuai ukuran standarnya seperti itu. Atau anda dapat mengganti dengan ukuran 100/80 (100 ukuran lebar ban, 80 ukuran tingi ban). Saya sendiri mengganti dengan ukuran yang 100/80 dengan ban tubles merek corsa.
Berikut ini tampilannya. (maaf kotor.hehe)
ban-2Bbesar-2Bvario-2B125-2Bfi-2Binjeksi
Saya memakai ukuran 100/80 karena takut ukuran ban vario terlalu besar, tetapi berdasarkan info dari penjual ban, dikasih tahu kalau ukuran 110/80 juga bisa dipasang pada motor matic vario 125 injeksi tanpa mengganti pelek.
Cara memompa ban tubles dengan ukuran besar dan pelek standar adalah dengan memasukkannya dalam air. Jadi ban dan pelek dimasukkan dalam air, kemudian dipompa (ban dan pelek masik dalam keadaan terendam air). Kalau tidak dimasukkan dalam air, angin tidak bisa masuk dan ban tidak bisa keras.
Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestDigg this