Hobi yang bisa menjadi pekerjaan sumber penghidupan

making-2Bmoney-2Bform-2Bhobby-hobby-2Bmaking-2Bmoney-2Bhobi-2Byang-2Bbisa-2Bmenjadi-2Bsumber-2Bpenghasilan
Halo teman, sahabat, dan pembaca semuanya. Bagaimana kabarnya? Semoga baik baik semuanya. Amin.
Kali ini saya akan mencoba menuliskan artikel seperti yang tertera pada judul di atas.
Ya, artikelnya tentang “hobi yang bisa menjadi pekerjaan dan sumber penghidupan/penghasilan”.
Siapa diantara kita yang tidak mempunyai kesenangan (hobby)? sepertinya semua memiliki hobi dan kesenangan masing-masing bukan?
Bagaimana jika suatu saat nanti, hobi yang kita senangi bisa mendatangkan penghasilan buat kita? Emmmnnn, tentunya sangat senang sekali bukan, karena kita menjalani hal hal apa saja yang kita senangi, kok juga bisa mendapatkan uang.
Sebenarnya setiap hobi/kesenangan menurut

opini saya pribadi, bisa mendatangkan uang/penghasilan, tergantung bagaimana kita mengolah dan memanajemen. Saya sendiri juga belum bisa seperti yang ada dalam judul artikel ini, tapi paling tidak akan saya sahre beberapa hobi yang bisa menjadi sumber penghasilan, berikut ini uraiannya :

1. Hobby Fotografi
Sekarang ini, perkembangan teknologi sudah sangat cepat dan sangat besar, termasuk salah satunya adalah dalam bidang fotografi digital. Di pasaran sudah banyak beredar kamera kamera canggih, kamera DSLR, kamera pocket, kamera prosummer, kamera handphone, bahkan sekarang ada kamera mirrorless. Bagi beberapa orang, berkecimpung dalam dunia fotografi memang menjadi sumber utama penghasilan dengan cara mendirikan studio foto. Namun jangan salah, beberapa juga yang menyukai dan punya hobi fotografi, bisa juga mendapat penghasilan sampingan/tambahan. Bayangkan, hanya karena kegemaran dalam dunia fotografi digital dan menguasai teknik untuk menghasilkan foto yang bagus, tiba-tiba ada pihak tertentu yang tertarik dan mau membelinya. Ada juga yang dikontrak untuk ambil foto gambar bagi usaha pemilik perusahaan. Ada yang mencoba membuat buku tentang koleksi foto. Ada juga yang menjualnya secara online, dan lain sebagainya. Ada yang mau mencoba? Semoga sukses ya.
2. Hobi Jalan-jalan/travelling
Siapa yang tidak kenal dengan travelling?backpaker? Ya, sekarang ini sudah banyak menjamur kegiatan travelling ataupun backpacker baik dari dalam maupun luar negeri. Bagi mereka, dengan bepergian dan menikmati perjalanan dari berbagai daerah adalah hal yang sangat menarik, selain karena dapat menambah wawasan, travelling juga dapat mendorong orang bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diciptakannya alam yang indah dan menakjubkan. Nah, beberapa dari traveller sering menuliskan dan mengabadikan setiap moment perjalanan kedalam blog/artikel online. Betapa tidak disangka ketika artikel yang dibuat itu masuk dalam majalah, tabloid perjalanan. Tentu dengan hal ini, nama akan naik peringkat dengan sendirinya. Ketika pengalaman jalan jalan sudah banyak dan tulisan artikel perjalanan juga banyak, kemungkinan dikenal banyak orang juga akan semakin besar. Bahkan ada beberapa yang masuk dalam siaran televisi. Gak kebayang bukan, hobbinya bisa membawa ke media siaran televisi (TV). Ada lagi yang kemudian menerbitkan buku tentang perjalanan ke suatu tempat dan kemudian dipasarkan. Semoga rejekinya menular ke yang lainnya. Amin.
 
3. Hobby editing musik/video dan dunia komputer internet.
Hobi ini sebenarnya bisa dikatakan sebagai keahlian, karena tidak semua orang bisa melakukan editing (termasuk di dalamnya, edit foto, musik, video). Maka tidak heran kalau orang semacam ini dengan hobbinya bisa mendatangkan penghasilan. Contoh : dengan mengutak atik musik sehingga menjadi musik yang utuh dan diupload di internet, lalu tiba tiba menjadi terkenal. Ada lagi dengan mengutak atik video, membuat tutorial dan disebarkan di internet, dan kalau sudah rejekinya, tiba2 terkenal dan dapat kontrak. Selain itu dari hobi ini, seseorang dapat menulis berbagai artikel ke dalam blog ataupun website, kemudian dapat bekerjasama dengan afiliasi pengiklan dan mendapat penghasilan dari iklan tersebut. Tentu dalam menuliskannya dalam blog, tampilan blog yang menarik juga tentunya memberikan pengaruh, maka dari itu perlu juga membuat tampilan blog/web yang menarik. Contoh caranya dapat dilihat di artikel membuat blog baru yang menarik.
Apapun pekerjaan itu, semoga tambah sukses dan berkah dan juga menular ke yang lainnya.
Terima kasih.

6 Comments

Comments are closed.